Tips Rumah Bersih dan Rapi dengan Efisien

Tips Rumah Bersih dan Rapi dengan Efisien

Punya rencana apa di akhir tahun ini? Liburan, wisata dalam kota atau di rumah aja, nih? Ada yang berencana beberes rumah? Toss dulu dong, samaan kita.

Memang asik bersih-bersih rumah saat libur akhir tahun gini, karena biasanya semua anggota keluarga ada di rumah sehingga bisa ikut terlibat. Melibatkan suami dan anak-anak untuk beberes rumah itu penting menurut saya. Karena mereka kan juga tinggal di rumah yang sama ya jadi punya tanggung jawab juga untuk menjaga kebersihan dan kerapian rumah.

Lagipula rasanya pasti senang menyambut tahun baru dengan rumah yang bersih hasil kerja sama seluruh keluarga. Nah, apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan rumah yang bersih dan rapi?

be smart with avaro

Tips Rumah Bersih dan Rapi dengan Efisien

Declutter Barang Secara Berkala.

Apakah teman-teman pernah merasa sumpek saat berada di rumah? Atau anak-anak sering sakit batuk dan pilek tanpa alasan yang jelas? Coba cek sekitar kita, jangan-jangan karena rumah terlalu penuh dengan barang dan tidak dibersihkan berkala.

Terlalu banyak barang bisa membuat rumah tidak rapi serta mengundang debu dan kotoran bertumpuk. Tidak cuma itu, menurut artikel yang saya baca di sehatqu.com, rumah yang berantakan juga dapat menyebabkan fokus menurun, meningkatkan rasa cemas sehingga sulit tidur sampai depresi.

Mungkin sulit dipercaya, ya, kalau rumah berantakan bisa berakibat negatif pada kesehatan mental. Tapi ini sudah dibuktikan dalam studi dan penelitian yang jurnalnya dapat dibaca di neurosci.org dan journals.sagepub.com.

Untuk itu perlu sekali kita melakukan decluttering secara berkala. Decluttering adalah aktivitas memilah dan mengurangi barang-barang yang tidak kita perlukan lagi.

Awalnya mungkin sulit. Apalagi kalau kita masih sering punya pikiran, “Siapa tahu nanti dibutuhkan lagi.”

Namun kita bisa memulainya dengan yang sederhana seperti buku-buku yang sudah tidak dibaca lagi. Pakaian-pakaian yang tidak muat lagi sampai kertas dan nota belanja yang sebenarnya kita sudah lupa fungsinya apa.

tips rumah bersih dan rapi

Dengan decluttering, kita hanya menyimpan barang-barang yang benar-benar penting, digunakan dan sparks joy. Sehingga lebih sedikit barang yang harus dibersihkan ke depannya. Juga lebih mudah diorganisir yang akhirnva membuat rumah jadi lebih bersih dan rapi.

Simpan Barang Pada Tempatnya.

Setelah itu simpan barang-barang yang ada pada tempatnya masing-masing. Jangan biarkan tergeletak di atas meja atau lemari.

Pastiken setiap kategori barang punya “rumah”nya. Dan ingatkan semua anggota keluarga untuk menyimpan kembali benda yang sudah digunakan pada tempatnya. Cara ini selain membuat rumah rapi juga memudahkan kita mencari sesuatu.

Oya, ketika mengorganisir barang, tidak perlu buru-buru membeli kotak- kotak penyimpanan yang estetik seperti pemilik akun home decor. Gunakan dulu apa saja yang ada di rumah.

Mulai dari kotak sepatu bekas untuk menyimpan kaos kaki. Atau kotak-kotak makan yang sudah kehilangan tutupnya untuk merapikan botol-botol skincare di meja rias. Kardus bekas mie instan pun dapat kita gunakan sebagai box penyimpanan mainan anak-anak, lo. Hias saja dengan kertas atau cat supaya tampak indah. Sekaligus mengajak anak-anak berkreasi mengisi liburan akhir tahun.

Punya Jadwal untuk Bersih-Bersih Rumah.

Tips rumah bersih dan rapi yang penting adalah dengan rajin bebersih rumah tentunya. Supaya terasa ringan kita dapat membuat jadwal bersih-bersih. Contohnya hari Senin waktunya mencuci sprei. Selasa giliran membersihkan kompor dan dapur. Lalu Rabu untuk mengelap jendela serta mencuci gorden dan seterusnya.

Jadwal yang teratur membuat kita konsisten melakukannya dan acara beberes jadi lebih mudah karena kotoran dan debu belum terlalu menumpuk.

Gunakan Alat Bantu yang Efektif.

Menggunakan alat bantu dapat membuat aktivitas bersih-bersih rumah lebih efisien dan menyenangkan. Yang mungkin sudah umum dimiliki adalah vacuum cleaner. Menurut pengalaman saya benda satu ini membantu sekali dalam membersihkan lantai, sofa dan karpet.

Sayangnya vacuum cleaner yang saya punya nggak bisa untuk ngepel. Jadi tetap saja harus mengepel secara manual. Nah, ini yang sering bikin malas juga hehehe.

Tapi sekarang ada alat pel canggih pertama yang bisa menyapu lantai sekaligus mengepel secara bersamaan, lo. Nama produknya adalah AVARO EVOCS.

AVARO EVOCS

AVARO EVOCS adalah alat pel canggih pertama yang mampu menyapu sekaligus mengepel lantai. Ini karena EVOCS memiliki system scroll mop dan automatic washing station.

EVOCS ini bukan vacuum cleaner, ya. Kalau vacuum cleaner kan hanya bisa membersihkan kotoran kering. Nah, EVOCS ini mampu membersihkan kotoran kering DAN basah secara bersamaan.

Apa saja kelebihan AVARO EVOCS selain yang sudah saya sebut di atas? Banyak!

Pertam, EVOCS tidak menimbulkan suara bising. Ini cocok untuk keluarga yang punya bayi atau anak kecil, ya. Jadi kita bisa membersihkan lantai saat anak-anak tidur tanpa takut akan membangunkan mereka.

Yang kedua adalah desainnya yang modern minimalis dengan gagang pel yang fleksibel. Sehingga EVOCS mudah digunakan dan mampu menjangkau area yang sulit.

avaro evocs

Ketiga, EVOCS punya wash station yang dapat menampung air kotor dan air bersih. Dengan adanya wash station ini kita juga bisa mencampur cairan pembersih lantai, lo. Jadi hasil pel EVOCS jadi lebih bersih dan higienis.

Asiknya lagi, karena EVOCS bukan vacuum cleaner jadi bebas dari pembuangan udara yang bisa menghasilkan debu sehingga cocok untuk yang alergi debu, nih.

Tapi favorit saya adalah fitur auto self-cleaning. Yup, EVOCS bisa membersihkan dirinya sendiri dengan cara mudah. Kita hanya perlu menekan tombol self-cleaning dan kotoran akan keluar dari unit utama. Selain itu di dalam wash station ada tray untuk memisahkan kotoran pada dan kotoran cair. Sehingga memudahkan kita membuang kotoran.

Berbagai keunggulan AVARO EVOCS ini membantu kita untuk membersihkan rumah dengan efektif, nyaman dan hemat daya. Saya jadi makin naksir, nih. Semoga bisa jadi kado tahun baru ya hihihi.

Semoga tips rumah bersih dan rapi ini bermanfaat untuk teman-teman yang ingin beberes rumah. Kalau ada tips lain silakan ditulis di kolom komentar, ya.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

14 thoughts on “Tips Rumah Bersih dan Rapi dengan Efisien

  1. pengen declutering tapi masih ada rasa “sayang” sama barang itu, padahal juga ga penting-penting banget barangnya. Dan yang ada, kamarku malah numpuk banyak barang

  2. Iyes, setuju, aku juga decluttering secara berkala, biar enggak numpuk barangnya, nambah terus tapi enggak ada yang keluar.
    Dan bersih-bersih pastinya, apalagi kalau pakai alat pel canggih pertama yang mampu menyapu sekaligus mengepel lantai seperti EVOCS ini. Wah makin semangat pasti!

  3. Decluttering secara berkala memang perlu banget dilakukan ya Mbak Alfa. Sering kali, rasanya sudah memilah tapi sekian tahun kemudian lha ternyata banyak lagi yang harus dibuang hehehe. Daan kalau punya Evocs, pastinya lebih tenang kita ya … praktis.

  4. wah setuju banget nih tips rumah rapi nya. memang barang tuh harus punya rumahnya masing2, sebisa mungkin gunakan sampai habis/ maksimal dan decluttering secara berkala. noted ini.

  5. Beberes kalau sekaligus tuh terasa lelahnya yaa, kak..
    Tapi kalau dijadwalkan, bisa jadi leih terasa ringan dengan decluttering perlahan satu bagian per-satu bagian.
    Mantap kalo kerjasamanya sama AVARO EVOCS. Rumah bersih dan bikin nyaman.

  6. Wah… mupeng. Mau banget punya alat kayak gini. Saya tuh paling males nyapu ngepel, soalnya anak-anak tuh rajin banget numpahin segala macem. Tapi kalau enggak cepat dibersihkan lantainya jadi lengket banget, huhu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top