Review 3 Bulan Bersama Web Aplikasi Belajar Bahasa Inggris LEXO LAB

Review 3 Bulan Bersama Web Aplikasi Belajar Bahasa Inggris LEXO LAB

It’s not ‘hos’, Ma. It’s [ˈhɒuz]. I think you should learn how to speak English properly with LEXO LAB too.” ujar putra saya Keenan sambil mengoreksi pelafalan saya saat mengucapkan kata house.

Bahasa Inggris memang bukan bahasa yang asing untuk Keenan. Pengalaman kami tinggal di negara tetangga yang mayoritas menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari, membuatnya lebih fasih bicara bahasa Inggris daripada bahasa ibunya.

Tapi, terlahir dari orang tua yang bukan native speaker tentu mempengaruhi cara Keenan melafalkan kata-kata dalam bahasa Inggris. Selain itu penguasaan struktur atau grammarnya masih sebatas percakapan sehari-hari yang santai. Sehingga kadang kurang tepat dalam merangkai kalimat.

Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya, saya mengajak Keenan belajar bahasa Inggris dengan benar menggunakan web aplikasi belajar bahasa Inggris LEXO LAB. Dan setelah 3 bulan, saya melihat ada kemajuan dalam pelafalan bahasa Inggrisnya.

Sekilas Tentang LEXO LAB

LEXO LAB sendiri memang masih lumayan baru ya di Indonesia. Web aplikasi belajar bahasa Inggris ini dibuat oleh perusahaan asal New Zealand. Jadi mentornya memang benar-benar English native speaker.

Asiknya, sistem pembelajaran di LEXO LAB ini seperti proses belajar bahasa ibu. Jadi anak-anak diajarkan mengenal satu kata dan cara pelafalannya. Lalu mereka diminta untuk mengucapkan dan merekam kata tersebut. Setelah itu langsung diberi feedback yang akurat dan korektif secara realtime.

review LEXO LAB Indonesia

Sistem seperti ini membuat anak jadi lebih mudah memahami kata dan kalimat dalam bahasa Inggris dengan benar. Kalau masih belum benar anak bisa mencoba berulang kali sampai sistem menilai pelafalannya sudah benar dengan memberikan bintang 5.

Cara belajar LEXO LAB yang seru dan menyenangkan dengan media chatpods membuat anak-anak semangat bicara bahasa Inggris. Sistem penilaian dengan bintang juga dapat menjaga minat mereka untuk tetap berbicara mnggunakan bahasa Inggris.

Perkembangan Setelah 3 Bulan Belajar dengan Web Aplikasi Belajar Bahasa Inggris LEXO LAB

Menurut saya, kemampuan yang penting dalam berbahasa mencakup speaking, listening dan reading. Ketiga hal ini bisa didapatkan dari web aplikasi belajar bicara bahasa Inggris LEXO LAB Indonesia.

Di LEXO LAB, anak-anak belajar menggunakan media chatpods yang terdiri dari 60 buku. Dalam 1 buku ada dua bab, pada bab pertama mereka akan belajar beberapa kosakata sesuai tema. Sedangkan di bab kedua anak-anak akan diajak menggunakan kosakata tersebut dalam kalimat.

Pede ngobrol Inggris dengan LEXO LAB

Speaking

Seperti yang sudah saya ceritakan di atas, Keenan sudah cukup fasih bicara bahasa Inggris. Bahkan percakapan sehari-hari juga lebih banyak dia lakukan dalam bahasa Inggris.

Tapi sejak menggunakan web aplikasi untuk belajar bicara bahasa Inggris ini, saya memperhatikan pelafalan Keenan jadi lebih baik. Terutama dalam beberapa kata yang serupa tapi tak sama cara pengucapannya.

Ini bisa terjadi karena setiap chatpod yang harus dipelajari, anak akan diminta mengucapkan kata-kata tertentu sesuai contoh lalu diberi penilaian. Kalau belum dapat bintang 5 biasanya Keenan akan penasaran mencoba terus sampai berhasil dapat nilai tertinggi.

Kata-kata dalam satu chatpod akan diulang dalam bentuk kalimat. Pada chatpod awal kalimat hanya terdiri dari dua sampai 3 kata. Tapi semakin ke belakang, kalimat akan lebih panjang dan kompleks. Ini membantu anak untuk lebih lancar bicara bahasa Inggris dengan pelafalan yang tepat secara bertahap.

Listening

Kemampuan mendengar dan memahami pengucapan bahasa Inggris oleh native speaker juga semakin dikuasai oleh Keenan. Memang dia sudah terbiasa mendengarkan percakapan atau lagu dalam bahasa Inggris melalui YouTube tapi lewat LEXO LAB Keenan belajar mendengarkan cara pengucapan kata dan kalimat yang benar.

Contoh pronounciation kata dan kalimat dalam aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak ini bisa diulang sampai anak dapat meniru dengan benar. Intonasinya pun jelas dan jernih selama koneksi internet kita lancar. Sehingga anak mudah memahami kata yang diucapkan dan bisa membedakan cara pelafalan kata-kata yang serupa.

Kalau teman-teman penasaran dengan fitur listening LEXO LAB bisa tonton reel Instagram tentang keseruan menggunakan aplikasi belajar bicara bahasa Inggris untuk anak ini:

Reading

Salah satu cara efektif belajar bahasa Inggris adalah dengan membaca buku atau tulisan dalam bahasa Inggris. Nah, dalam satu chatpod di web aplikasi LEXO LAB ada gambar, tulisan dan contoh suara pengucapan. Sehingga anak tahu bagaimana tulisan sebuah kata dan cara pelafalan yang benar.

Keenan memang sudah fasih berbicara bahasa Inggris. Tapi dia masih suka salah eja dalam menulis kata bahasa Inggris. Ini masalah yang umum yang terjadi pada anak yang sedang belajar bahasa asing, ya.

Dengan sistem chatpod yang lengkap seperti itu, Keenan jadi tahu seperti apa sih tulisan yang benar. Juga bagaimana penggunaannya dalam kalimat dengan struktur atau grammar yang tepat. Sehingga ia lebih percaya diri saat berbicara dalam bahasa Inggris.

Kesimpulan

Di akhir bulan ketiga Keenan akan memperoleh laporan hasil belajarnya secara lengkap. Nanti ulasan ini akan saya update kalau sudah menerima hasil laporannya, ya.

Tapi kita tetap bisa memantau hasil belajar anak dari fitur My Stats yang ada di akun anak, kok. Di dashboard juga muncul berapa total score yang sudah dicapai oleh anak.

Secara umum, meski Keenan belum maksimal mengerjakan chatpods dan nilainya naik turun, kemajuannya cukup memuaskan bagi saya. Jadi bersyukur banget saya ambil paket 3 bulan seharga Rp150.000. Sudahlah harganya sangat terjangkau, Keenan bisa belajar kapan saja dan di mana saja.

web aplikasi belajar bahasa Inggris

Oya, jangan khawatir untuk yang anaknya benar-benar baru belajar bahasa Inggris, ya. Instruksi dalam setiap chatpod diberikan dalam bahasa Indonesia. Jadi anak dapat mengikuti pelajaran dengan mudah dan menyenangkan.

Untuk Moms dan Dads yang sedang mencari media belajar bicara bahasa Inggris untuk putra-putrinya, saya merekomendasikan untuk mencoba program 5 hari uji coba gratis dari LEXO LAB Indonesia. Setelah itu bisa melanjutkan dengan berlangganan paket bulanan atau paket 3 bulanan web aplikasi LEXO LAB. Langsung aja berlangganan di sini ya, Moms & Dads.

Selamat mencoba.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

One thought on “Review 3 Bulan Bersama Web Aplikasi Belajar Bahasa Inggris LEXO LAB

  1. Mau coba DL Lexo lab, biar bisa mahir berbahasa Inggris juga, kayanya bukan cuma bisa untuk anaknya ya mba Alfa, ibunya jg, biar bisa belajar bareng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top