Cari Tempat Main Anak di Brunei? Yuk Main ke Outdoor Playground Seria

Mencari tempat main anak di Brunei bukanlah hal yang sulit, apalagi kalau anak-anak kita lebih suka bermain di outdoor playground. Banyak sekali taman bermain yang bisa digunakan secara bebas oleh umum.

Waktu pertama kali pindah ke Brunei, sempat bingung juga mau bawa anak main ke mana. Secara Cinta adalah anak mall yang terbiasa main di arcade atau tempat main anak dalam ruangan seperti Timezone, Funworld, Cartoon Kingdom, Miniapolis atau Kidzoona. Dan di tempat tinggal kami pertama kali dulu di Sg. Liang nggak ada mall huhuhu.

Baca Juga: Main Sepuasnya di Kidzoona Surabaya

Tapi, trus suami suka ngajakin kami main di Sungai Liang Forest Recreational Park dekat rumah. Di tempat ini, ada sebuah taman bermain dengan fasilitas permainan standar untuk anak-anak, seperti perosotan, ayunan, jungkat-jungkit dengan latar belakang hutan lindung.

Awalnya, saya sempat ragu apakah Cinta bakal suka main di outdoor playground seperti itu. Secara di usia segitu dia suka ngeluh panas kalau diajak main di luar rumah. Tapi ternyata dia suka banget. Dan sejak itu setiap kali anak-anak nampak mulai cranky di rumah yang menandakan mereka perlu hiburan dan bergerak di luar ruangan langsung aja saya ajak ke playground atau pantai.

Beruntungnya kami, setelah 2 tahun tinggal di Sg. Liang, kami pindah ke Seria selama 5 tahun dan kemudian ke Kuala Belait yang memiliki lebih banyak tempat main anak di Brunei, mulai dari yang kecil sampai yang besar. Dan meski fasilitas permainan (dan olahraga)nya serupa, masing-masing playground punya kekhasan sendiri, terutama pemandangan.

Baca Juga: Cerita Keluarga Indarto Saat Tinggal di Brunei

Dan Inilah 3 Tempat Main Anak di Seria, Brunei

Anduki Recreational Park

Sesuai namanya, taman bermain yang satu ini terletak di dalam kawasan rekreasi. Seperti yang ada di Sg. Liang. Hanya saja kalau di Sg. Liang adalah hutan lindung, Anduki Recreational Park ini mengelilingi sebuah danau.

Memang sih kurang tepat kalau saya masukkan sebagai tempat main anak di Seria atau Kuala Belait karena lokasinya yang berada di luar kedua kecamatan itu. Dan lebih cocok masuk ke list playground di daerah Lumut dan Sg. Liang. Tapi, Anduki ini memang cukup dekat dari Seria.

Fasilitas Permainan

Outdoor playground di Anduki sebenarnya biasa aja. Permainannya standar, dua buah arena perosotan yang cukup besar, dilengkapi dengan jaring-jaring ala rumah laba-laba tempat anak-anak latihan memanjat. Juga ada sepasang ayunan, yang bisa digunakan untuk batita karena memiliki pengaman dan anak yang lebih besar.

anduki outdoor playground

Di dua sisi tempat bermain disediakan bangku-bangku panjang untuk tempat penunggu.

Bermain sambil memandangi danau yang indah

Yang istimewa dari tempat ini adalah pemandangan danau yang bagus banget dengan pohon-pohon tinggi dan beberapa gazebo yang dilengkapi dengan alat barbeque. Bagi yang suka olahraga lari, Anduki bisa jadi pilihan yang tepat karena punya jogging track yang cukup panjang dan bagus. Jadi kalau anak-anaknya sudah besar, bisa tuh mereka ditinggal main sendiri di playground sementara orang tuanya lari mengelilingi danau.

anduki recreational park

Hanya saja, karena danau Anduki ini nyambung dengan sungai yang mengarah ke laut, kadang-kadang ada buaya yang muncul di danau. Saya sih belum pernah ketemu ya, tapi peringatan untuk berhati-hati terhadap buaya bisa kita jumpai di beberapa sisi danau.

Selain itu, karena Anduki Recreational Park ini memiliki banyak pohon yang cukup rimbun, tentu saja hal yang wajar kalau melihat banyak monyet di kawasan itu. Tapi mereka nggak ganggu kok, cuma kalau pas berpapasan dengan mereka yang lagi bergerombol ya hati-hati aja ya.

Anduki ini biasanya ramai pengunjung saat hari Minggu karena di taman ini juga sering diadakan kompetisi remote control boat atau family gathering. Bedanya dari tempat wisata di Indonesia, Anduki Recreational Park ini bebas dari pedagang makanan hahaha. Jadi kalau mau rekreasi ke sini harus bawa makanan sendiri. Tapi jangan khawatir, di sini ada toilet yang cukup bersih dan tempat salat kok.

Hanya saja saya nggak pernah mau masuk ke toiletnya kalau bukan untuk menemani anak-anak karena agak spooky. Mungkin karena lokasinya di tengah hutan yaaaa jadi ada hawa-hawa gimana gitu ditambah suara-suara serangga dan burung yang sesekali memecah keheningan. Kalau pas jogging di pagi hari sih suara-suara itu terdengar merdu dan menyenangkan. Tapi kalau udah menjelang Maghrib, suara-suara itu seolah jadi tanda untuk segera pulang hahaha.

Baca Juga: Aturan Bermain di Taman Bermain yang Harus Dipahami Anak

Pekan Seria Playground

Terletak di tengah kota Seria, tempat main anak di Brunei ini mungkin outdoor playground terkecil yang ada di Seria dan Kuala Belait. Tapi, kalau siang lumayan ramai dikunjungi oleh para pekerja yang ada di Seria untuk makan siang atau sekedar melepas lelah di gazebo yang ada.

Dan kalau sore menjadi tempat bermain bagi anak-anak kecil yang menunggu saudaranya pulang dari Sekolah Ugama atau les di dekat situ, seperti Keenan. Tempat main ini juga sering dikunjungi oleh orang-orang yang hendak naik bus, karena berada persis di sebelah terminal bus Seria.

pekan seria outdoor playground

Saya memang cukup sering bawa Keenan main di sini sambil nunggu Cinta selesai sekolah Ugama, sekalian saya mencuci baju di laundromat yang terletak di seberang taman bermain. Kalau dia sudah bosan main, tinggal saya ajak makan bakso aja di gerai yang ada nggak jauh dari playground atau beli es krim cone dan jajan ayam goreng di gerai Jollibee kesukaannya.

Fasilitas Permainan

Alat permainan di sini nggak banyak. Hanya ada satu playset dengan 2 perosotan dan 1 seluncuran tabung. 2 set ayunan serta 1 buah jungkat-jungkit besar. Di sebelahnya ada beberapa peralatan fitnes seperti sky stepper , double power push, tai chi wheels, dan rower. Tapi anak-anak yang datang bermain di sini saat sore hari cukup banyak. Selain menikmati ayunan dan bermain perosotan, kadang mereka juga menggunakan alat-alat olahraga yang ada di situ. Atau bermain sepeda di lintasan joggingnya.

playground seria

Sementara para penunggunya seperti saya duduk manis di gazebo supaya nggak kepanasan atau saat cuaca nggak terlalu panas ya memanfaatkan peralatan fitness gratis itu untuk berolahraga tipis-tipis.

Playground ini berbatasan langsung dengan jalan raya hanya dipisahkan oleh parit kecil. Jadi sebaiknya kalau main di sini anak-anak lebih diawasi supaya nggak tiba-tiba lari ke jalan raya. Di sini juga nggak ada toilet tapi bisa menggunakan toilet umum yang terletak di terminal bus dengan membayar 20 atau 50 sen sekali masuk.

Oya, anak-anak juga bisa diajak ngasih makan burung di halaman parkir terminal bus. Tinggal beli jagung aja di salah satu kedai runcit yang ada di ruko seberang terminal seharga B$1. Pasti seneng banget mereka dikerubuti burung-burung merpati yang berebut makanan.

Seria Energy Recreational Park

Sebelum saya pindah dari Brunei akhir tahun 2019, tempat ini masih bernama OGDC (Oil & Gas Discovery Centre) Playground. Berlokasi di Simpang 16, Seria, OGDC waktu itu masih berupa sebuah tempat edukasi tentang penemuan oil dan gas di Brunei Darussalam yang dilengkapi dengan berbagai alat permainan interaktif.

Di musim libur sekolah, OGDC selalu mengadakan aktivitas seru untuk anak-anak. Mulai dari eksperimen-eksperimen ilmiah sampai Science Camp. Beberapa kali juga OGDC menjadi tempat pameran edukasi seperti Rescue Exhibition dan yang terakhir kami kunjungi adalah pameran Dinosaurus.

Saat itu, OGDC juga memiliki outdoor playground yang dapat digunakan untuk umum secara gratis. Sementara kalau kita ingin masuk ke Discovery Centrenya harus membayar tiket masuk dengan harga normal B$ 1 – 3 atau mulai dari B$ 30 jika ada pameran.

outdoor playground ogdc
Outdoor Playground OGDC sebelum berubah menjadi Seria Energy Recreational Centre

Taman bermain OGDC luas banget, dengan 3 playset. 1 berupa permainan kereta api dan 2 berupa set playhouse. Di sana juga ada beberapa jungkat-jungkit kecil, lapangan basket, jalanan untuk main gocart mini dan arena main skateboard.

Tapi belakangan, playground itu seperti kurang terawat dengan rumput yang tinggi-tinggi sehingga saya jarang bawa anak-anak main ke sana. Saya saja yang rutin menggunakan jogging tracknya 2-3 kali seminggu. Atau kadang si kakak janjian sama teman-temannya untuk main dan olahraga di sini. Sayangnya beberapa bulan menjelang kami back for good, tempat ini tutup untuk renovasi. Dan baru dibuka lagi pertengahan tahun ini dengan nama Seria Energy Recreational Park.

Seria Energy Recreational Park

A quick highlight to introducing the newly build of the Seria Energy Recreational Park

Dikirim oleh Opixel pada Minggu, 17 Mei 2020
Credit video: https://www.facebook.com/opixelproduction/

Tempat rekreasi baru ini sepertinya menjadi taman main anak terbesar di daerah Belait kalau melihat dari fotonya dengan playset raksasa. Anak-anak pasti senang banget main di sini. Hanya saja saran saya kalau ke sana pas pagi sebelum jam 9 atau sore di atas jam 5 karena di antara waktu itu pasti panas sekali karena nggak ada pohon-pohonnya.

Oya, jalan sekitar 1 km dari tempat ini ada Billionth Barrel Monument yang berbatasan langsung dengan laut. Dan hanya beberapa ratus meter dari Pekan Seria. Jadi setelah capek main di Seria Recreational Park, bisa langsung bawa anak-anak makan sushi di Kaizen Sushi atau Excapade. Makan hotdog dan es krim di Dairy Queen, atau burger dan ayam di KFC atau Burger King. Bisa juga menikmati penganan khas Kedai Mamak seperti roti telur, mie goreng mamak dan teh tarik. Atau sekadar minum bubble tea di Gong Cha dan Tea4U.

Di Brunei, khususnya di daerah Belait, memang agak susah mencari tempat main indoor. Tapi bukan berarti anak-anak nggak bisa bersenang-senang. Justru mereka bisa bebas main sepuasnya di outdoor playgrounds yang ada di hampir setiap sudut kota. Jadi kalau teman-teman suatu saat berkunjung atau tinggal di daerah Belait, manfaatkan kesempatan ini untuk bawa anak-anak main di tempat main luar ruangan ya.

Credit foto fitur Seria Energy Recreational Park: Opixel Production Brunei

Posts created 363

26 tanggapan pada “Cari Tempat Main Anak di Brunei? Yuk Main ke Outdoor Playground Seria

  1. Keren banget playgroundnya di sanaaa. Bakal betah banget deh bawa anak. Dan anak pun dijamin gak bakal gadget terus kalo nemu yang begini.
    Eniwe, danau Anduki keren ya. Langsung ke laut. Meski ngeri-ngeri sedap kalo ada buaya nongol, haha

  2. Sekarang nak kanak suka minta main ke Brunei lagi, atau betah di SDA mba?
    Kalo di SDA mayan banyak kan alternatif permainan.
    Ada waterpark juga, tapi kayake ga aktif selama pandemi ini kali ya?

  3. Alhamdulillah bisa nemu tempat buat main anak. Di luar ruangan gpp lah ya. Jadi anak malah seneng, karena lokasinya yang luas. Cuma kalau yang di Anduki itu perlu pengawasan ketat, ya. Takutnya tiba-tiba buaya muncul.

  4. Terima kasih mba rekomendasinya. Anak-anak walau main di playground pasti happy. Walau harus hati-hati sama buaya dan gerombolan monkey.

  5. Brunei!
    Aku sempat udah oke mau berangkat ke Brunei dan waktu itu sama anakku perempuan, udahbeli tiket PP dan .. hanguuusss hiks hiks

    Ini keknya bagus yaaa Anduki Recreational Park, one day deh aku berangkat ke Brunei, insya Allah

  6. Kalau dilihat selintas, keadaannya mirip dengan di Indonesia, ya, Mbak. Hanya memang harus diakui, di sana lebih bersih.
    Anak-anak saya juga senang bermain di outdorr playground, lebih leluasa dan segar udaranya

  7. Asik asik ya mbk playgroundnya, nyaman untuk bermain anak. Tapi yang di danau itu lumayan ngeri ngeri sedap ya, ada buayanya sialnya. Harus hati hati banget

  8. Bagus-bagusnya fasilitas playgroundnya…
    Anak-anak dijamin gak mau pulang gini yaa..

    Di dekat rumahku ada komplek yang menyediakan playground keren gini juga…tapi sayang, karena gak dirawat…jadi terlihat lusuh dan beberapa pengaman, hilang.
    Sedih pas mainnya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas