frisian flag coconut delight
Lifestyle

Mindful Consumption dengan Pilihan Lebih Sehat

Sebagian dari kita mungkin sudah familiar dengan istilah mindful eating, ya. Proses makan dengan penuh kesadaran dan memberikan perhatian penuh terhadap makanan yang disantap, tentunya dengan pilihan yang lebih sehat, dipercaya memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Tapi bagaimana dengan mindful consumption? Saya jujur aja baru dengar istilah ini dalam webinar “Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan yang Lebih Baik, Investasi untuk Masa Depan” yang diadakan oleh Frisian Flag.

webinar konsumsi berkesadaran

Mindful Consumption

Dalam webinar memperingati Hari Kesehatan Sedunia yang jatuh setiap 7 April ini, Seala Septiani, M. Gizi, mengutarakan bahwa mindful consumption lebih besar dari mindful eating.

Konsumsi berkesadaran adalah sebuah konsep dalam pikiran yang mendasari perilaku seseorang dalam mengonsumsi atau membeli suatu produk. Penerapan konsumsi berkesadaran membuat seseorang mempertimbangkan dengan matang keputusannya, dengan memikirkan hal-hal penting – seperti manfaat mengonsumsi suatu jenis asupan bagi kesehatan tubuh, bagaimana produk tersebut diproduksi, serta lebih lanjut dampak dari pengonsumsian produk asupan, baik untuk diri pribadi maupun lingkungan.

Seala Septiani, M.Gizi – Nutritionist

Dalam konsumsi berkesadaran, saat memilih asupan pangan kita akan memikirkan apa dampak konsumsi kita terhadap orang lain, keluarga, komunitas, lingkungan sekitar bahkan generasi yang akan datang. Jadi ketika kita mengkonsumsi sesuatu itu nggak sekadar enak atau mengenyangkan tapi juga lebih sehat dan lebih ramah lingkungan. Bagaimana caranya:

  1. Pahami kebutuhan tubuh dan konsep gizi seimbang. Pastikan konsumsi yang beraneka ragam serta porsinya tepat, cukup, tidak berlebih. Variasi dan moderasi adalah kunci.
  2. Tetapkan kriteria produk yang akan dikonsumsi. Pastikan memilih makanan yang tidak berlebih gula, garam dan lemak. Bukan tidak boleh ya, tapi konsumsi secukupnya saja, jangan sampai berlebihan.
  3. Kenali dan temukan brand yang terpercaya. Dengan memilih produk dari brand yang memiliki nilai dan rekam jejak berarti kita peduli dengan diri sendiri, lingkungan dan masyarakat yang lebih luas.
  4. Cermat membaca petunjuk-petunjuk dari kemasan produk. Luangkan waktu untuk membaca informasi nilai gizi. Perhatikan juga label-label yang tertera pada kemasan pangan olahan, apakah aman, sehat dan adakah nilai tambahnya.

Pangan olahan merupakan makanan atau minuman hasil proses dengan cara atau metode tertentu dengan atau bahan tambahan. Pangan olahan ini terdiri dalam pangan olahan terkemas, pangan industri rumah tangga dan pangan siap saji.

Yah, nggak bisa dipungkiri sih, pangan olahan sekarang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari keluarga, termasuk susu. Untuk itu BPOM membuat kebijakan untuk mempromosikan Pola Makan Sehat. Salah satunya dengan cara mengembangkan pelabelan gizi untuk pangan olahan.

Logo Pilihan Lebih Sehat BPOM

Tujuannya supaya konsumen tahu apa saja kandungan suatu pangan dalam kemasan. Berapa kadar kalori per sajian sampai jenis serta kandungan zat gizi dan non gizi. Sehingga kita dapat memilih pangan olahan sesuai kebutuhan gizi.

Tapi kadang kita malas ya membaca satu per satu informasi nilai gizi. Padahal itu penting sekali, lo. Dan merupakan salah satu bentuk dari konsumsi berkesadaran.

Baca Juga: Frittata Muffin. Sarapan Mudah Bergizi.

Supaya masyarakat lebih mudah memilih pangan olahan yang lebih sehat, BPOM meluncurkan logo “Pilihan Lebih Sehat“. Menurut Dra. Rita Endang, Apt., M.Kes, Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM, dengan pengaturan logo Pilihan Lebih Sehat tersebut diharapkan dapat:

  1. Membuat produsen menyediakan pilihan “pangan yang lebih sehat” untuk konsumen disesuaikan dengan kebutuhan gizinya.
  2. Menurunkan tingkat asupan GGL di masyarakat.
  3. Mengedukasi konsumen untuk menjadikan kandungan gizi sebagai salah satu penentu “keputusan membeli” pangan olahan.
  4. Menciptakan persaingan sehat di kalangan industri dengan mendorong reformulasi dalam menyediakan pangan olahan yang lebih sehat.

Logo berupa tanda centang berwarna hijau dalam lingkaran hijau ini terletadi di bagian depan kemasan, jadi mudah terlihat. Di bagian atas logo ada tulisan “Pilihan Lebih Sehat” dengan disclaimer di bawah logo, “Dibandingkan Produk Sejenis Bila Dikonsumsi Dalam Jumlah Wajar”.

pilihan lebih sehat

Pada produk Frisian Flag Purefarm Coconut Delight, logo ini berdampingan dengan informasi Angka Kelengkapan Gizi dan deskripsi produk serta logo halal MUI. Jadi konsumen bisa lebih mudah mendapatkan informasi hanya dengan melihat bagian depan kemasan, nih.

Oya, saat ini logo “Pilihan Lebih Sehat” baru ditemukan pada minuman siap konsumsi dan pasta serta mie instan. Pada minuman siap konsumsi, seperti susu, yang berhak menggunakan label ini adalah yang memiliki batas maksimum gula 6 gram/100ml. Sedangkan untuk pasta dan mie instan sehat adalah yang mengandung lemak total kurang dari 20gram/100gram serta garam (natrium) kurang dari 900mg/100gram.

Frisian Flag Purefarm Coconut Delight untuk Pilihan Lebih Sehat

Sebagai produsen pangan olahan, Frisian Flag Indonesia yang diwakili oleh Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro, menekankan komitmen perusahaan untuk turut berkontribusi dalam peningkatan status gizi masyarakat Indonesia melalui hadirnya rangkaian produk bergizi, berkualitas, dan terjangkau. Dan sejalan dengan program BPOM, FFI telah menerapkan logo ini pada rangkaian susu cair siap minum. Seperti pada varian Frisian Flag Purefarm Coconut Delight yang hanya mengandung 15 gr gula dalam 1 takaran saji 1 pak 225 ml.

frisian flag coconut delight

Selain hadir dalam varian dengan Pilihan Lebih Sehat, FFI juga menghadirkan kemasan produk yang lebih ramah lingkungan, lo. Ini ditandai dengan logo Forest Stewardship Council (FSC). Logo ini menegaskan bahwa bahan baku untuk kemasan karton yang digunakan berasal dari sumber yang dikelola dengan cara yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Dan kerennya lagi, pada varian susu siap minum rendah lemak juga sudah disediakan sedotan kertas. Jadi selain lebih sehat, produk susu siap minum Frisian Flag juga lebih ramah lingkungan nih.

Dengan mengkonsumsi produk dengan logo Pilihan Lebih Sehat dan FSC, bisa dikatakan kita sudah melakukan satu langkah mindful consumption. Dan ternyata nggak susah ya. Jadi, jangan lupa kalau nanti belanja bulanan, baca dulu informasi nilai gizi, sesuaikan dengan kebutuhan gizi dan pilih produk pangan olahan dengan logo centang hijau, ya.

Author

alfa.kurnia@ymail.com
Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

Comments

Apr 26, 2021 at 8:19 AM

Aku juga minum frisian flag tapi gak terlalu suka yang coconut delight, terlalu manis buatku lebih suka yang full cream



Apr 26, 2021 at 2:10 PM

Terimakasih informasinya mba..baru tahu arti centang2 di kemasan makanan itu. Nanti aku infoin juga lah ke anak2 , biar klo ambil jajanan di rak pas ikut belanja…nggak asal ambil, nggak asal yang enak..tapi sebisa mungkin enak + nutrisinya dibutuhkan tubuh



Apr 26, 2021 at 2:32 PM

kalo bikin kopi susu di rumah aku suka pakai fresh milk UHT dari frisian flag in juga loh mak, seger trus rasa kopi jadi makin maknyusss



Apr 26, 2021 at 10:32 PM

AKu suka bikin kolak pisang tanduk pakai Frisian Flag ini loh yang rasa Coconut Delight. ANak2 makin doyan dan lekas habis tuh sepanci kolak hahahhaa. Ga ngeh dengan centang hijau di kemasannya, ternyata susu dengan PIlihan lebih Sehat ya, oke deh. TFS.



Apr 27, 2021 at 12:42 PM

Bagus ini, jadi kalau nanti belanja cek dulu , pastikan ada logo Pilihan Lebih Sehat dan FSC, artinya melakukan satu langkah mindful consumption. Biar hidup lebih sehat ke depan



Apr 27, 2021 at 3:28 PM

Dengan konsumsi berkesadaran ini, maka tubuh akan memperoleh asupan makanan yang lebih sehat ya mbak, karena sudah dipikirkan dan dipertimbangan apa yang hendak di makan. Bisa hemat juga karena nggak lapar mata buat beli aneka jajanan



Apr 27, 2021 at 6:52 PM

coconut delight aku suka mba, kalau pak su sukanya yang ori aja dia, yg full cream. Aku jarang nih merhatiin nilai gizinya kalau susu, aku percaya udah sehat aja gitu kalau susu hihi..ternyata perlu ya susu pun. Wah bagusnyaa ini kemasannya lebih ramah lingkungan ya



Apr 27, 2021 at 8:17 PM

Jaman sekarang semua serba ada yaa.. termasuk makanan dan minuman.. dan tugas kita sebagai orangtua harus cermat memilih makanan dan minuman yang sehat nih, karena keluarga yang sehat itu harus banget.. apalagi konsumsi susu.. pilih yang segar dan menyehatkan ya



Apr 28, 2021 at 3:46 AM

Suka beli UHT dari Frisian Flag tapi jarang memerhatikan logo centang hijau dll 🙈 soalnya udah yakin sih kalau FF pasti sehat dan benrgizi



ranirtyas
Apr 28, 2021 at 3:50 AM

Sering beli sih ini Frisian Flag tapi jarang memerhatikan logo centang hijau dll 🙈 soalnya udah yakin kalau FF pasti bergizi dan disukai anak-anak



Apr 28, 2021 at 7:15 AM

Senang sekarang makin banyak produk yang mengurangi kadar gula dan kalorinya dan memperhatikan kesehatan konsumennya ya mbak?
Sekarang kalau bel produk makanan dan minuman juga cari logo “cemilan lebih sehat”
Mindful consuoption nih penting supaya kita kurang2in makan demi kesehatan ya



Apr 28, 2021 at 6:14 PM

Yes, Frisian Flag sudah ada logo Pilihan Lebih Sebat. Jadi, kita yang beli merasa aman ketika mengonsumsi produknya. Jadi makin cinta sama Frisian Flag.



Apr 28, 2021 at 6:59 PM

Banyak sekali manfaat minum susu Frisian Flag yang kini sudah memiliki logo Pilihan Lebih Sehat. Jadi Ibu-ibu saat belanja, semakin mudah dan hemat waktu saat memilih asupan nutrisi untuk keluarga.



Apr 28, 2021 at 8:32 PM

Ada logo khusus untuk makanan sehat jadi bikin kita nggak ragu dan khawatir lagi ya.. Tinggal cek logo…masuk deh keranjang belanja…



Apr 28, 2021 at 8:40 PM

Saya jadi terinspirasi mau mindful consumption juga nih jadinya
Soalnya kalau nggak bisa bablas beli apa aja
Susu Frisian Flag memang ga bikin eneg juga



Apr 28, 2021 at 9:49 PM

Wah, ini sih susu kesukaan anak-anak di rumah deh. Enaaak. Bergizi pula. Anak-anak suka ditambahkan ke cereal saat sarapan. Makin enaaak



Adriana Diana
Apr 28, 2021 at 9:56 PM

seneng deh susus kesayangan sekarang dah punya logo pilihan lebih sehat. Jadi lebih nyaman nih saat mengkonsumsinya. Hehe. Plus lebih tenag juga saat memberikan susu frisian flag untuk keluarga tercinta



Apr 28, 2021 at 10:05 PM

Ini susu favoritku yang selalu ku beli kalau belanja mingguan loh, tapi biasanya aku suka kreasi menu di rumah biar lebih tau yang cocok dengan menu seperti apa pakai susu ini. ALhamdulillah sejauh ini masih enak-enak belum ada yang gagal.



Apr 28, 2021 at 10:44 PM

Anakku yang bungsu udah mahasiswa masih aja minum susu. Nah Frisian Flag yang coconut ini katanya lebih gurih, makanya dia suka beli sendiri kalo stok udah abis. Aku lihat di kemasan emang ada logo Pilihan Lebih Sehat



Apr 28, 2021 at 10:51 PM

mindfull consumption ini dimulai dari saat memilih produk ya mbak
banya yang harus kita perhatikan, salah satunya dgn cara mengecek ada tidaknya logo pilihan sehat ini



Apr 28, 2021 at 11:12 PM

Logo Pilihan Lebih Sehat bikin kita lebih mudah dalam memilih produk berkualitas baik yaa mbak. Jadi gak repot ngecek ini itunya lagi, terutama kalau kita baru mau coba produknya untuk pertama kali.



Damar Aisyah
Apr 29, 2021 at 5:32 AM

Frisian Flag Coconut Delight dingin adalah susu favorit keluarga kami. Rasanya enak, gak terlalu manis dan ternyata masuk daftar pilihan lebih sehat. Makin nyaman aja konsumsi susu ini.



Apr 29, 2021 at 6:45 PM

Susu kesukaanku,,, tekturnya ga terlalu kental jadi enak gak eneg banget. Kesukaannya juga yang Coconut Deligt sama Full Cream. Tiap pagi anakku minum buat sarapa, kadang dibuat ngerendem cereal atau oats juga enak



Mei 2, 2021 at 6:38 PM

Selama puasa aku mengkonsumsi ini. Selain sehat, rasanya juga enak. Yang Coconut Delight itu nggak terlalu manis, cenderung gurih dan ada rasa segar air kelapanya 😃



Mei 9, 2021 at 10:54 AM

Asyik banget ini ya bisa makin sehat kalau cari produk yang Logo Pilihan Lebih Sehat BPOM, jadi aman ya. Aku juga suka bikin cemilan buat anak-anak pakai ini



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.