Les Coding Anak yang Menyenangkan di Hacktiv8

Les Coding Anak yang Menyenangkan di Hacktiv8

“Keenan sudah ikut les coding anak, Mam? Bukannya les coding itu untuk anak SMP-SMA gitu, ya?” tanya wali kelas si bungsu saat mengetahui kalau anak saya yang berusia 8 tahun ikut les coding.

“Iya, Miss. Kelas codingnya gampang kok. Pakai visual block code gitu,” jawab saya singkat sambil menunjukkan hasil belajar si bungsu selama mengikuti kursus coding untuk anak.

“Trus kakaknya enggak ikut sekalian, Mam?” tanya beliau.

“Enggak mau dia, Miss. Dia lebih suka menggambar, jadi saya kasih les gambar aja,” ujar saya.

“Padahal sekarang anak-anak remaja kaya kakaknya Keenan banyak yang belajar coding, lho, Ma. Makanya saya heran kok malah Keenan yang belajar coding untuk anak, bukan si kakak,” lanjut bu guru.

Ucapan bu guru memang benar. Sekarang anak pra remaja dan remaja banyak yang sudah belajar coding untuk anak SD-SMP. Tapi ya apa boleh buat, kalau anaknya tidak tertarik masa ya saya paksa.

Padahal, menurut Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, bahasa coding atau programming sebaiknya diterapkan dalam kurikulum nasional, lho. Beliau beranggapan saat ini dunia nyata dikendalikan oleh kode-kode virtual dan berharap SDM Indonesia menguasai bahasa pemrograman dari sekolah.

Nah, baru-baru ini saya mengetahui ada sekolah coding anak yang punya pilihan kelas Art, Animasi dan Games. Wah, saya langsung merasa ini akan sesuai dengan bakat dan minat anak saya. Saya pun menawarkan si sulung untuk ikut trial-class Membuat Game untuk Melatih Motorik Anak dari HACKTIVKIDZ, mumpung gratis.

manfaat belajar coding untuk anak

Alhamdulillah dia mau, meski materi yang diberikan adalah membuat game bukannya art. Saya anjurkan untuk mencoba dulu, kalau dia suka baru ikut kelas Art atau Animasi. Untuk meyakinkannya, kami berdiskusi tentang manfaat belajar coding untuk anak.

Yah, saat mengajak remaja untuk melakukan sesuatu kan sekarang sebaiknya dengan memberi penjelasan yang jelas, ya. Supaya mereka paham dan mau mengerjakannya dengan senang hati.

Manfaat Belajar Coding untuk Anak

Dari tulisan di blog Hacktiv8 yang berjudul Belajar Coding untuk Anak, Perlukah Sejak Dini?, CEO Apple, Tim Cook, mengatakan bahwa penting bagi anak belajar coding sejak dini untuk membekali masa depannya. Kenapa?

sekolah coding anak

Coding adalah Bahasa Pokok Masa Depan

Pertama, karena sekarang kita hidup di era digital. Dan coding merupakan salah satu skill yang paling banyak dicari saat ini dan di masa depan. Jadi enggak ada salahnya anak mempelajari bahasa pemrograman sejak dini.

Skill Jangka Panjang

Selain menyiapkan bekal untuk masa depan mereka, belajar coding untuk anak SD-SMP juga memberi kesempatan anak untuk menambah keahlian baru.

Mampu Berpikir Logika

Salah satu kemampuan yang diasah ketika belajar coding adalah kemampuan untuk berpikir logis dan sistematis. Belajar logika adalah memahami alur suatu hal secara runut. Dengan belajar logika anak akan terlatih untuk berpikir secara kritis dan dinamis.

Menumbuhkan Kreativitas Anak

Saat belajar coding, anak dapat berkreasi membuat game atau animasi sendiri. Sehingga mereka juga terlatih menjadi creator bukan hanya sekadar pengguna.

Membantu Anak Berinovasi

Manfaat belajar coding untuk anak salah satunya membantu mereka untuk membuat inovasi-inovasi baru di dunia digital.

Menjadikan Anak Problem Solver

Menurut co-founder Hacktiv8, Riza Fahmi, ketika anak belajar coding, mereka akan mengembangkan kemampuan berpikir komputasional. Kemampuan ini akan membantu mereka untuk menyelesaikan suatu persoalan secara kreatif.

Setelah mengetahui alasan saya mengajaknya ikut kursus coding untuk anak, si kakak pun semangat mengikuti kelas trial gratis Membuat Game untuk Melatih Motorik Anak dari HACKTIVKIDZ by Hacktiv8 pada tanggal 3 Desember 2021 lalu.

Belajar coding untuk anak SD-SMP

HACKTIVKIDZ adalah tempat untuk mengenalkan keterampilan coding pada anak dengan konsep PictoBlox. Konsep ini memungkinkan mereka membuat program sendiri dengan menggunakan karakter dan animasi.

Salah satu hal yang saya suka dari HACTIVKIDZ ini adalah dapat diikuti oleh anak SD dan SMP usia 10-14 tahun. Pas banget dengan usia si Kakak yang tahun ini 14 tahun.

Program HACKTIVKIDZ ini dibuat oleh Hacktiv8, coding bootcamp pertama di Asia yang terdaftar dalam Council on Integrity in Results Reporting (CIRR). CIRR merupakan standar global yang dikembangkan oleh sekelompok besar sekolah coding yang percaya bahwa transparansi dalam memberikan hasil belajar kepada siswa adalah hal yang sangat penting.

Review HACKTIVKIDZ: Belajar Coding untuk Anak yang Menyenangkan

Saat mendampingi kakak mengikuti kelas trial gratis ini, saya mencatat beberapa kelebihan sekolah coding anak HACKTIVKIDZ by Hacktiv8, yaitu:

  • Instrukturnya Seru.
    Kelas trial gratis ini dipandu oleh kak Gita yang bersemangat sekali memandu para peserta. Di awal kelas, anak-anak diajak ngobrol dulu untuk mencairkan suasana sehingga kelas menjadi lebih hidup. Cara kak Gita memberi instruksi pun cukup jelas dan mudah diikuti oleh anak usia 10 – 14 tahun.
  • Pelajarannya Menarik.
    Materi yang diberikan dalam kelas ini adalah membuat game sederhana dengan aplikasi Scratch. Menggunakan metode langsung praktik, anak-anak jadi bersemangat mengikuti instruksi dari Kak Gita.
  • Kelas Imajinatif.
    Anak-anak dibebaskan untuk berkreasi sesuai dengan imajinasinya. Si kakak yang tidak menemukan sprite yang dicontohkan oleh kak Gita akhirnya memilih sprite sendiri. Dan alih-alih mengikuti instruksi, si kakak belajar memahami konsep yang dicontohkan, lalu menggunakan visual block code yang sesuai dengan keinginannya.
  • Belajar Sambil Bermain.
    Saat kelas anak anak juga belajar sambil bermain. Jadi kak Gita enggak ngasih materi yang harus dibaca tapi langsung mengenalkan konsep dan langsung dipraktikkan.

Setelah mengikuti kelas Membuat Game untuk Melatih Motorik Anak, si kakak yang tadinya enggan belajar coding malah merasa kelasnya kurang lama. Berdua adiknya yang sudah lebih dulu ikut kursus coding untuk anak, mereka berhasil membuat game dengan konsep yang diajarkan oleh Kak Gita tapi dikreasikan sesuai imajinasinya sendiri.

Review HACKTIVKIDZ

Saya pun merasa bangga melihat anak-anak membuat kreasi game mereka sendiri. Saya sih berharap mereka tetap belajar dengan bimbingan guru-guru yang terbaik seperti di Hacktiv8. Karena memang keahlian coding ini akan bermanfaat bagi mereka di masa depan. Terutama untuk menemukan atau membuka lapangan pekerjaan di industri teknologi digital.

Si sulung pun tertarik untuk mencoba lagi Kelas Trial Gratis selanjutnya dengan tema Bermain dengan Coding Untuk Membuat Game Kreasimu. Kelas ini akan diadakan pada tanggal 18 Desember 2021. Teman-teman yang pengen ikutan bisa langsung daftar di loket.com, ya.

Kenapa Memilih Sekolah Coding Anak di Hacktiv8

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, salah satu alasan memilih les coding anak di HACKTIVKIDZ adalah karena mereka memiliki pilihan kelas yang menarik, yaitu Art, Animation dan Games. Jadi anak bisa memilih mana yang sesuai dengan minatnya.

1. Animation Class

Di kelas ini anak akan belajar selama 12 kali pertemuan secara online. Materi yang akan diperoleh adalah:

  • Belajar block coding dengan animasi
  • Pengenalan coding dasar
  • Membuat animasi dengan aplikasi Pictoblox
  • Memberikan efek suara pada animasi
  • Membuat program animasi dengan storytelling

Pada akhir program diharapkan anak dapat membuat animasi storytelling dan membuat mini games 1 player. Asik, kan?

2. Art Class

Pada kelas Art, anak-anak akan belajar selama 8 kali pertemuan secara online dengan materi sebagai berikut:

  • Belajar menggambar dengan coding
  • Memainkan efek suara pada animasi
  • Menggambar animasi dengan aplikasi Pictoblox
  • Memberikan berbagai latar dengan animasi

Saat program berakhir anak akan dapat menggambar berbagai jenis poligon dengan kode, menggambar pattern dengan kode serta merancang pemandangan dengan kode. Cocok banget untuk yang suka membuat karya seni dan ingin mengaplikasin dalam sebuah program.

3. Games Class

Kalau Animation dan Art Class lebih disarankan untuk pemula, maka kelas Games ini berada pada level medium. Jadi saat mengikuti kelas ini anak diharapkan sudaah dapat memahami konsep dasar dalam suatu program dan memahami kode blok.

Dalam 8 kali pertemuan online, di kelas ini anak akan memperoleh materi berikut:

  • Belajar logika programming
  • Mengenalkan konsep komputer untuk membuat game
  • Praktik coding dasar untuk membuat game
  • Membuat game sederhana dengan aplikasi PictoBlox
  • Membuat beragam game dengan storytelling

Dan pada akhir program diharapkan anak mampu membuat game 1 player, membuat game 2 players dan membuat game dengan kompleksitas yang tinggi (score & game over).

kursus coding untuk anak

Dengan beragam pilihan kelas, kita jadi lebih mudah mengembangkan bakat anak dan memadukannya dengan keahlian coding yang akan berguna untuk masa depan anak.

Semoga review HACKTIVKIDZ ini berguna untuk teman-teman yang sedang mencari sekolah coding anak, ya. Untuk info lebih lanjut, langsung aja hubungi:

Hacktiv8
halo@hacktiv8.ac.id
(021) 8067 5787
Jl. Sultan Iskandar Muda No.7
Kebayoran Lama
Jakarta Selatan, 12240

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

33 thoughts on “Les Coding Anak yang Menyenangkan di Hacktiv8

  1. wah sekarang makin mudah ya belajar darimana aja 🙂 anak-anak jadi lebih enjoy belajarnya nih.. udh belajar coding dari kecil keren 🙂

  2. Wah keren banget mba Alfa, bermanfaat banget ini. Anakku masuk kuliah juga belajarnya bahasa coding dan pemrograman. Kalau sedari awal sudah paham pasti lebih mudah ya untuk mempelajari coding di kemudian hari.

  3. Wih iya sih, berasa banget adik saya yang lulusan IT mudah dapat kerjaan. Abis resign dari tempat kerja lama pun nggak butuh waktu lama buat dapet kerjaan baru lagi. Fokusnya memang sebagai programmer gitu, sehari-hari selama wfh saya liat ngoprek coding terus.

    Cocok sih memang kayaknya anak-anak mulai dikenalkan juga, minimal dari yang simple-simple ya Mbak Alfa. Anak-anak di masa depan pasti lebih berurusan lagi sama digitalisasi yang makin berkembang.

  4. sekarang udah jamannya anak-anak bikin game ya mba… bukan konsumen tapi jadi produsen. untung ada hacktiv8.

  5. Kelas coding-nya diikuti mulai anak usia SD ya, pas sih emang usia 7 tahun anak sudah bisa mandiri dalam berpikir dan bertindak. Dan jaman digital seperti sekarang nampaknya emang perlu dimasukkan dalam kurikulum ya mbak seperti yabg digagas pak Menteri. Semoga ke depannya wacana ini benar-benar dikaji dan diwujudkan.

  6. Maak, duh terima kasih banget infonya ini. Aku sedang mencari kelas seperti ini untuk anakku agar bisa juga mengasah kemampuan dan strategi pola pikirnya nih. Dan sepertinya dari penjabaran Mak Alfa, ini programnya menarik. Makasih, aku akan coba tanya-tanya ke Hacktiv8

  7. wow kelihatan seru. daripada main game terus, mending bisa bikin game sendiri lebih menantang buat anak-anak. mau coba ah buat mengisi liburan nanti. makasi infonya ya makk 🙂

  8. Wah, ternyata banyak manfaatnya ya belajar coding itu. Selain melatih skill yang bisa menjadi bekal di masa depan anak, kreativitasnya juga terasah dan menstimulasi kecerdasan anak. Sip..

  9. Jangankan anak-anak, saya pun ingin belajar koding dengan cara yang simple, fun, mudah dicerna. Anak-anak zaman now enak, banyak ditunjang hal-hal baru. Bagus ya ini aktivitas belajar kodingnya, serasa enggak seperti belajar. Saya auto ingin jadi anak-anak 🤭

    1. Belajar coding jadi salah satu aktivitas yang disukai oleh anak anak masa kini ya mbak
      Belajar coding jadi salah satu aktivitas yang positif bagi anak, jadi punya banyak manfaat bagi tumbuh kembanya juga

  10. Keren ya, mbak skarang anak-anak kita sudah bisa belajar coding dengan cara menyenangkan. Pengen deh kalau anakku sudah masuk SD nanti ngenalin dia ke coding-coding ini juga

  11. Keren banget yaa.. belajar di Hacktiv8, anak-anak bisa mewujudkan imajinasinya dalam bentuk virtual. Ini bikin anak penasaran sih ya..
    Dan belajar coding yang merupakan bahasa masa depan dunia akan membuat mereka bisa berpikir kritis.

  12. Coding memang penting banget untuk masa depan anak, karena saat belajar coding tidak hanya dituntut tahu basic membuat pemograman tapi juga belajar soft skill yang lain. Sepertinya asyik juga buat anak-anak, nanti deh aku tanyain anak-anak ikutan les coding.

  13. Anak saya mulai banyak tanya tentang animasi, game, dan bagaimana cara membuatnya. Saya bingung. Sepertinya anak saya harus ikut les seperti ini biar ilmu dan wawasannya nambah ya. Mumpung anaknya minat pula

  14. Anak2 dengan otak mereka yang masih sangat fresh apalagi jika mereka juga memang tertarik dengan coding wajib banget nih belajar di sini ya. Semoga mereka bisa membuat sesuatu entah aplikasi atau program yang bermanfaat untuk masa depan.

    1. Kita eh saya maksudnya, yang udah tua saja kalah ya. Anak jaman sekarang memang kritis dan suka akan tantangan, memang. Termasuk belajar coding sejak dini

  15. Cara melatihkan anak agar bisa berpikir kritis dan aktif adalah dengan mengikuti belajar coding. Selain itu juga anak bisa lebih percaya diri karena belajar di Hacktiv8.

  16. awalnya aku juga mikir apa iya anak SD bisa belajar coding sedang aku sendiri mumet sama coding hehe
    tapi ternyata bisa menyenangkan ya asal pengajar dan pembelajarannya dirancang sesuai dengan usia anak.
    jadi pengen juga ajak anakku belajar di Hacktiv8

  17. Menyenangkan ya belajar coding anak zaman sekarang, jadi mereka juga antusias. Di sekolah anakku juga ada kelas codingnya juga pakai Scratch.
    TErnyata Hactic8 punya kursus coding buat anak juga, kirain buat dewasa aja

  18. Jadi pengen lesin anak coding juga, soalnya sekarang ini anak banyak tanya, gimana orang bikin games, gimana orang bikin web. Sepertinya bisa diarahkan les coding.

  19. Ayahnya anak anak jago coding. Sayangnya anak anak gak ada yang ngikutin jejaknya. Suruh belajar coding aja gak mau. Huhuhu…padahal bermanfaat banget ya coding buat anak anak

  20. Duh, kelas trialnya kemarin ya aku tadinya mau daftarkan anakku yang hobi ngegame dan suka mainan macam puzzle, minecraft kayaknya cocok buat belajar coding, main ke webnya dulu ahhh buat memantau trial class selanjutnya

  21. Bagus ini anak-anak les coding,biar mereka semakin kreatif saat mengenal era digital ya, anaku pernah yang TK ikutan coding anak-anak, dan bisa buat game sederhana

  22. Belajar coding sejak kecil itu sangat keren. Bisa melatih kreativitas anak sejak dini dan nantinya sangat bermanfaat di masa yang akan datang.

  23. Perkembangan teknologi memang menuntut dunia pendidikan harus mengikuti arus ya, Mba. Salah satunya belajar coding ini. Apalagi anak zaman sekarang sudah tidak asing lagi dengan barang elektronik seperti laptop. Ketika anak memiliki ketertarika pada coding bisa ikut kursus di Hacktiv8 ini karena ada kursus khusus anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top