K Gallery Hotel Pandaan, Tempat Staycation Ramah Anak

Staycation sekarang sudah menjadi alternatif liburan singkat bersama keluarga, ya. Menginap satu atau dua hari di hotel dan menikmati suasana baru selain rumah, sekolah dan kantor cukup menyenangkan.

Sejak kenal istilah staycation, saya pun beberapa kali mengajak anak-anak menginap di hotel ya hanya untuk menikmati suasana di sana. Kalau keluar hotel pun ya sekadar cari makan di mall atau tempat makan terdekat. Sampai saya tahu K Gallery Hotel Pandaan yang menawarkan berbagai fasilitas dan aktivitas ramah anak yang bisa dilakukan di lingkungan hotel.

Berada di daerah Durensewu Kecamatan Pandaan Jawa Timur, hotel bintang 5 ini mendapat rating 4.6/5 di Google dari 1000-an pengulas. Para tamu pun dengan senang hati memberikan rate 8.7/10 di Traveloka, 4,5/5 di Tripadvisor dan 8.6/10 di booking.com. Menurut saya penilaian tersebut sesuai karena memang semenyenangkan itu staycation di K Gallery Hotel.

K Gallery Hotel Pandaan
credit foto: situs K Gallery Hotel

Apa aja sih yang bikin K Gallery Hotel jadi tempat staycation ramah anak? Sebelum saya lanjutkan, K Gallery Hotel ini menawarkan beberapa jenis akomodasi berupa hotel, vila dan glamping yang berada di satu lokasi. Nah, yang akan saya ulas adalah hotel yang pernah kami inapi. Lanjut baca, yaaa…

Staycation dengan Fasilitas Lengkap Ramah Anak di K Gallery Hotel

Lokasi

Hotel ini terletak di sebidang tanah yang luas banget enggak jauh dari exit 55 tol Gempol – Pandaan. Kalau masuk dari tol Sidoarjo sih waktu tempuhnya sekitar 1 jam.

Selain cocok untuk short staycation, K Gallery Hotel juga bisa jadi alternatif penginapan untuk keluarga yang ingin berwisata di daerah Pasuruan. Karena lokasinya masih satu kabupaten dengan Cimory Dairyland & Resto serta Taman Safari Indonesia II yang bisa ditempuh dalam 20-30 menit dengan mobil.

Oya, selain bisa order makanan dari restoran hotel, bisa pesan lewat GoFood atau Grab. Mau makan di luar pun mudah mencari tempat makan yang enak. Saya rekomendasikan berkendara ke Taman Dayu yang menyediakan berbagai pilihan tempat makan termasuk D’Duren dan Waroeng Sumringah.

Interior Hotel

Bangunan K Gallery Hotel hanya terdiri dari 3 lantai dengan lantai dasar difungsikan sebagai lobby. Di setiap lantai ada delapan atau sepuluh (?) kamar dengan dua di bagian depan dilengkapi balkon.

Kamar yang terbatas membuat hotel ini selalu penuh saat long weekend atau libur sekolah. Jadi kalau mau booking harus jauh-jauh hari supaya kebagian tempat.

Kalau ke sini saat akhir pekan, bersiaplah menunggu kamar siap seperti yang kami alami. Yah, kebetulan juga saat itu kami datang 30 menit lebih awal dari waktu check-in dan hotel okupansi hotel sedang penuh sehingga kamar kami belum selesai dibersihkan.

K Gallery Hotel

Lobby tempat kami menunggu cukup nyaman. Tersedia sebuah meja dan sepasang kursi panjang dari kayu sebagai area publik. Dilengkapi dengan vending machine yang berisi minuman kaleng dan beberapa jenis camilan dengan harga mulai sepuluh ribu rupiah. Kolam ikan kecil memberikan kesan sejuk dan nyaman di lobby.

Kamar

Sejak awal adik saya sudah ngasih tahu kalau kamarnya tuh besar karena saya berencana mengajak mama saya dan pesan dua kamar. Dalam bayangan saya ya standar besar kamar hotel tipe Deluxe lah, ya.

Begitu sampai hotel dan masuk kamar saya terkejut sendiri karena ternyata sangat luas. Menurut websitenya sih tipe kamar Suite seperti yang kami tempati luasnya 48m2. Asiknya lagi, kamarnya dibagi menjadi 3 area yaitu ruang tamu, ruang tidur dan kamar mandi yang dipisahkan oleh pintu geser. Jadi kesannya lega gitu.

Mau duduk-duduk untuk kerja atau minum kopi atau makan tuh nggak nyampur dekat kamar. Sehingga kamar benar-benar bisa dipakai untuk rebahan.

Fasilitas K Gallery Hotel

Yang bikin saya amazed sih kamar mandinya besar sekali. Rasanya baru kali ini nginep di hotel dengan kamar mandi sebesar ini hahaha. Penerangannya pun bagus terutama di siang hari karena satu-satunya jendela di kamar saya ya ada di kamar mandi ini. Jendela besar ini menghadap pemandangan gunung Arjuno (katanya) jadi bagus banget kalau pagi sampai sore hari.

Kamar K Gallery Hotel

Sedangkan area tidur ya standar ada tempat tidur dengan nakas di kanan & kiri, lemari dan TV. Tempat tidur di kamar yang kami tempati adalah King Size tapi seperti dua tempat tidur dijadikan satu karena terasa ada celah di bagian tengah kasur. Yah, nggak komplain sih toh kasurnya jadi terasa luas sekali.

Kamar Suite K Gallery Hotel

Fasilitas

K Gallery Hotel terletak di lahan yang sangat luas dan dimanfaatkan dengan baik untuk memberikan one stop entertainment untuk pengunjung. Inilah alasan saya merekomendasikan hotel ini sebagai tempat staycation ramah anak.

Restoran dan kolam renang adalah standar fasilitas yang biasa kita peroleh di hotel bintang lima seperti K Gallery Hotel. Istimewanya saat kami menginap di sana juga mendapatkan snack sore berupa minuman hangat serta kudapan secara gratis.

staycation ramah anak

Restorannya terletak di luar bangunan hotel dengan area makan indoor dan outdoor yang menghadap ke kolam renang. Jadi saat anak-anak kecil berenang di sore hari, kami para orang tua bisa duduk menikmati camilan dan minuman hangat. Sementara anak-anak yang lebih besar berkeliling halaman hotel yang sangat luas dan banyak spot foto dengan latar gunung Arjuno di kejauhan.

Untuk fasilitas di kamar cukup lengkap. Teko pemanas air lengkap dengan teh dan kopi instan tersedia di setiap kamar. Begitu juga dengan sandal hotel serta dua buah handuk untuk mandi.

Fasilitas Hotel

Di kamar mandi sendiri tersedia sabun, shampoo dan conditioner dalam botol-botol isi ulang. Sikat gigi, shower cap, handuk wajah serta body lotion dapat kita gunakan secara cuma-cuma. Tapi selain sikat gigi yang lain nggak boleh dibawa pulang, ya.

Makanan

Saat menginap di sana bulan November 2021 lalu, kami memperoleh sarapan dan snack sore gratis di restoran hotel. Penganan yang disajikan untuk snack sore cukup enak. Kita juga bisa memesan makanan lain dengan harga standar makanan hotel mulai dari Rp 35000.

hotel di Pandaan

Pilihan breakfast sendiri tidak terlalu banyak. Saya sebenarnya juga sudah lupa ada makanan apa aja, ya hahaha. Yang jelas ada hidangan pembuka atau ringan seperti cereal, omelet, roti. Tersedia juga makanan berat seperti nasi dan lauk pauknya serta menu makanan penutup.

Aktivitas di K Gallery Hotel Pandaan

Berbagai aktivitas bisa kita nikmati secara gratis maupun berbayar di dalam lingkungan hotel. Mulai dari berenang, foto-foto di berbagai spot dengan pemandangan gunung Arjuno, memberi makan binatang, main donut boat, berkuda, memanah, shooting target dan banyak lagi. Teman-teman bisa lihat daftar kegiatan yang ditawarkan di situs tempat staycation lengkap untuk keluarga ini.

Di hari pertama kami datang, Keenan dan keponakan saya Alya hanya sempat berenang. Itu pun sudah membuat mereka senang sekali. Sedangkan si Kakak harus dipaksa ikut ke area outdoor karena dia sudah mager di kamar.

Keesokan paginya, setelah salat Subuh, kami keluar untuk menikmati udara pagi di sekitar hotel. Sebenarnya ada aktivitas untuk tracking ke air terjun, berbayar tentunya. Hanya saja harus booking dulu sehari sebelumnya.

refreshing di Pasuruan

Namun berjalan di dalam hotel pun sudah menyenangkan. Suasana asri pepohonan dengan kolam serta pemandangan gunung bikin hati tenang dan senang. Healing kalau kata anak sekarang, ya. Atau tepatnya refreshing.

Setelah agak hangat, anak-anak berenang lagi sambil sarapan. Alhamdulillah kolam renang dibuka sejak pukul 7 pagi dan air kolam nggak terlalu dingin jadi mereka bisa puas berenang.

tempat staycation ramah anak

Selesai sarapan kami mandi dan packing sebentar untuk check out lalu kembali lagi ke area outdoor untuk beraktivitas. Pilihan Keenan dan Alya adalah berkuda dan memberi makan kelinci. Sedangkan saya dan adik serta Kakak Cinta dan Kak Lev memilih main donut boat di kolam.

Belum puas bermain, anak-anak besar lanjut memanah. Sedangkan yang kecil bermain shooting target dan ngasih makan kelinci.

aktivitas outdoor anak

Sebenarnya masih banyak yang ingin anak-anak lakukan sayang hari semakin siang dan matahari kian tinggi. Waktu check out pun sudah makin dekat. Kami mengakhiri weekend getaway di K Gallery Hotel dengan berat hati. Sambil berjanji kepada anak-anak untuk kembali lagi lain waktu.

Pengalaman Staycation di K Gallery Hotel

Secara keseluruhan seperti yang sudah beberapa kali saya tulis di atas, pengalaman menginap di K Gallery Hotel Pandaan sangat menyenangkan. Staf K Gallery Hotel terutama di bagian resto sangat ramah dan helpful.

Untuk fasilitas sangat memuaskan bagi saya. Hanya saja kalau ada kesempatan menginap di sana lagi mau minta kamar yang ada jendelanya selain di kamar mandi hahaha. Atau pengen juga nyoba glampingnya. Tahun lalu sih belum ada jadi penasaran.

Teman-teman yang berencana liburan singkat di dekat kota Surabaya saya rekomendasikan menginap di K Gallery Hotel, deh. Tanpa harus keluar hotel kita bisa mendapatkan keseruan beraktivitas outdoor bersama anak-anak.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

One thought on “K Gallery Hotel Pandaan, Tempat Staycation Ramah Anak

1. area kamarnya luas banget, kebetulan tahun depan ada rencana ke Pandaan, bisa dilist dulu nih hotel. Plusnya lagi bener bener ramah anak, bisa naik kuda juga ya, seru