Cheesy Meatloaf. Menu Mudah Favorit Anak

Cheesy Meatloaf. Menu Mudah Favorit Anak

Resep cheesy meatloaf, menu mudah favorit anak. Masak untuk anak-anak saya itu lumayan menantang. Pertama, karena mereka nggak suka sayur. Kedua, mereka cuma mau makan lauk dari daging ayam dan tempe (khusus Cinta). Ketiga, waktu yang ada untuk menyiapkan makanan terbatas karena tanpa bantuan asisten rumah tangga penuh waktu, selain mengurus rumah saya juga harus mondar mandir antar jemput sekolah bocah-bocah.

Biasanya sih, kalau nggak sempat masak saya bawa aja anak-anak makan di luar atau beli makanan jadi yang mereka suka menunya. Tapi susahnya, menu yang dipesan ya itu itu aja. Padahal untuk anak seusia mereka perlu banget variasi makanan kan ya. Apalagi, belakangan nafsu makan anak-anak alhamdulillah semakin besar jadi ya sebentar-sebentar minta makan. Tekor juga kalau harus jajan melulu.

resep cheesy meatloaf

Sampai beberapa bulan yang lalu, saya mencoba bikin salah satu menu berbahan daging giling yang waktu itu rajin sliweran di linimasa facebook. Itu lho, yang daging giling dibentuk bola, diisi telur rebus trus digoreng kemudian dipanggang. Cinta kinda like it.

Tapi dia protes waktu saya kasih tahu nama masakannya ada meatloaf-meatloafnya gitu. “But meatloaf supposed to be rectangle, Ma. Because it baked in a loaf pan, like bread. That’s why it called meatloaf. Can you make me a real meatloaf next time?” Dan, akhirnya menu meatloaf “beneran” ini jadi favoritnya.

Resep cheesy meatloaf ini favorit saya juga sebenarnya, karena bikinnya gampang meski bahannya agak banyak. Tinggal aduk-aduk trus panggang deh. Sambil nunggu selesai dipanggang, saya bisa kerjain macem-macem. Begitu selesai, langsung bisa disantap anget-anget.

Coba Juga: Resep Cheese Omelette yang Gurih dan Lembut

Sampai terakhir saya bikin ini, Cinta kalau disajikan menu ini pasti makannya lahap banget. Sampai nambah-nambah. Keenan juga suka sih, asal dipanggang dalam muffin tin jadi keliatan seperti camilan aja, bukan lauk. Buat saya, menu ini selain praktis juga bermanfaat sekali supaya anak-anak mau makan daging sapi karena mereka perlu asupan zat besi. Dan paling bagus kalau minumnya jus jeruk supaya kandungan vitamin C-nya membantu tubuh menyerap zat besi dengan optimal.

Mau coba juga? Ini dia resep cheesy meatloafnya:

Resep Cheesy Meatloaf

Bahan:
300 gr daging giling, blansir dengan air mendidih selama 2-3 menit, tiriskan dan sisihkan
1/2 buah bawang bombay
2 siung bawang putih
1/2 cup tepung roti
1 cup keju cheddar parut
1/2 genggam keju mozarella (optional)
1/4 cup susu cair
1 butir telur

bahan cheesy meatloaf

Bumbu:
1 sdm saus tomat
Garam
Oregano
Basil
Merica

Cara Membuat:
1. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celcius.
2. Aduk rata daging giling, telur, bawang bombay, bawang putih, tepung roti, keju cheddar, mozzarella, saus tomat, susu dan bumbu-bumbu.
3. Pindahkan ke loyang roti atau pinggan tahan panas. Panggang selama 1 jam.
4. Sajikan hangat dengan tumis sayuran.

cheesy meatloaf

Catatan:

Untuk memenuhi kebutuhan sayuran pada anak, bisa juga tambahkan brokoli rebus yang sudah dipetik kecil atau parutan wortel ke dalam adonan sebelum dipanggang.

Saya menambahkan keju mozzarela supaya ada efek lelehan keju di bagian atas. Tapi tanpa mozzarela pun sudah enak kok.

Tingkat kesulitan: Mudah
Waktu menyiapkan: 20 menit
Waktu masak: 1 jam

Waktu masaknya memang lama sih, tapi hasilnya worth it kok. Ini enak juga disajikan pakai kentang tumbuk atau mashed potato dan disiram saus gravy. Sayangnya saya belum pernah berhasil bikin gravy yang enak jadi biasanya beli yang instan aja hehehe. Selamat mencoba resep cheesy meatloaf. Kalau berhasil kasih tahu saya ya.

Coba Juga: Taco Ala Ala Nan Sedap

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

5 thoughts on “Cheesy Meatloaf. Menu Mudah Favorit Anak

  1. waiki, menggoda utk dicoba bikin. hmm tapi says ga pede ah, takut gagal hehe
    eh itu edit fotonya pake aplikasi apaan mb?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top