5 Drama Korea Hits Diadaptasi Dari Novel Populer

5 Drama Korea Hits Diadaptasi Dari Novel Populer

Guest Post oleh Rani R. Tyas

Halo teman-teman. Apa kabar bacaan bulan ini? Apakah sudah sesuai dengan target bulanan kita? Bicara tentang bacaan, ada banyak bacaan dalam hal ini novel yang diangkat ke layar lebar. Tidak hanya layar lebar. Melainkan juga termasuk drama Korea.

Drama Korea cukup banyak yang mengangkat cerita dari novel. Hal ini membawa keuntungan ganda, sebab dari pembaca novelnya sendiri sudah pasti akan antusias saat cerita favorit mereka diangkat ke layar kaca. Saya sendiri masih menantikan novel kesukaan saya mendapatkan giliran diangkat juga.

Tentu saja, dengan diangkatnya cerita dari novel akan meningkatkan jumlah penonton termasuk dari pembaca novel tersebut.

Berikut 5 Drama Korea Hits yang Diadaptasi dari Novel Populer.

1| What’s Wrong with Secretary Kim

drama korea dari novel

Dikisahkan Young Joon yang merupakan Wakil Presiden Yumyung Group tidak pernah lepas dari titel yang namanya kesempurnaan. Hal tersebut didukung oleh Kim Mi So, sekretarisnya.

Hingga suatu hari, Kim Mi So meminta untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Segala hal dilakukan Young Joon untuk meminta Kim Mi So untuk tetap tinggal, tanpa disadari bahwa sebenarnya dia telah jatuh cinta pada sekretarisnya sendiri.

Drama ini juga merupakan adaptasi dari novel karya Jeong Gyeong Yun yang diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia dan diterbitkan pada tahun 2018. Buku novelnya sendiri terbagi dalam 2 buku. Tentu saja, tetap akan ada perbedaan antara novel dan dramanya. Sebab rasa, detail waktu dan alur akan sangat berbeda dari dramanya. Tetapi memang, ceritanya sama-sama menghibur.

Baca Juga: 3 Drama Korea Populer untuk Pemula

2| The Moon Embracing the Sun

Drama The Moon Embrace the Sun cukup sukses pada jamannya. Diangkat dari novel berjudul sama dari penulis Jung Eun Gwol yang terkenal dengan karyanya yang banyak mengangkat cerita saeguk.

Drama yang cukup menarik karena banyak menyajikan cerita mistis. Mistis dalam drama The Moon Embracing the Sun ini agak mirip dengan Arang and the Magistrate yang mengusung genre horor-misterius dan thriller.

Drama ini berkisah tentang Raja Lee Hwon (Kim So Hyun) yang jatuh cinta pada peramal wanita bernama Wol (Han Ga In). Dari drama inilah terlahir Yeo Jin Go, Kim So Hyun dan Kim Yoo Jung yang menjadi aktris dan aktor terkenal di Korea.

3| So I Married the Anti Fan

i married the anti fan drama korea
sumber foto: kepoper.com/drama-so-i-married-an-anti-fan/

So I Married an Anti-fan merupakan novel Korea Selatan karya Kim Eun-jung. Novel ini pertama kali diterbitkan pada 27 September 2010 dan merupakan buku best seller.

Dramanya sendiri dibuat dengan judul sama persis yaitu So I Married the Anti Fan yang diperankan oleh Choi Tae Joon sebagai Hoo Joon, dan Choi Soo Young sebagai Lee Geun Yeong.

Berkisah tentang Geun Yeong seorang wartawan yang harus berhadapan dengan bintang halyu papan atas Hoo Joon. Disebabkan karena kesalahpahaman, keduanya saling membenci satu sama lain.

Hingga suatu hari, seorang PD-nim melihat potensi untuk acara variety show dan menawarkan Hoo Joon dan Geun Yeong untuk ikut acara variety show yang berjudul So I Married the Anti Fan.

Ceritanya cukup menarik dan rasanya cukup banyak diminati karena mengangkat kehidupan bintang halyu Kpop.

Drama So I Married the Anti Fan ini juga ada versi webtoonnya. Bila dibandingkan antara cerita novel, drama dan juga webtoon, tentu saja ada perbedaan mencolok. Terutama di bagian ending. Saya pun sering berdebat dengan teman-teman yang membaca webtoon juga yang hanya menonton dramanya tanpa membaca novel dan juga webtoonnya.

Meskipun begitu, drama So I Married the Anti Fan ini cukup sayang untuk dilewatkan. Terutama bagi penyuka genre romcom seperti saya.

Baca Juga: Rekomendasi Webtoon Bagus tentang Persahabatan Remaja

4| Moonlight Drawn by Clouds

Drama Korea ini diangkat dari novel karya penulis Yoo Yi Soo yang berjudul Moonlight Drawn by Clouds. Berlatar belakang zaman kerajaan atau sageuk pada dinasti Joseon, drama ini memenangkan Best Drama Series pada 22nd Asian Television Awards.

Drama satu ini ini berkisah tentang cerita manis putra mahkota Lee Yeoung (Park Bo Gum) yang jatuh cinta pada kasimnya sendiri (Kim Yoo Jung).

Kasim adalah sebutan bagi pelayan istana yang bertugas melayani raja dan keluarga kerajaan, uniknya para kasim ini kesemuanya laki-laki yang telah dikebiri. Lho, apakah ini cerita tentang hubungan sesama jenis?

Oh, bukan, Eonni. Meski diceritakan jatuh cinta pada kasimnya sendiri, Putra Mahkota sadar bahwa kasimnya merupakan seseorang perempuan. Nah, lika-liku perjalanan cinta mereka ini yang menjadi konflik utama drama Moonlight Drawn by Clouds. Tentu saja, dilengkapi dengan kisah second lead yang tersakiti yang sekarang sedang main di Police University.

Baca Juga: Yoo Hye-Jung, Perempuan Inspiratif di Drama Korea

5| Lovers of the Red Sky

lover of the red sky drama korea
sumber foto: viu.com

Diangkat dari novel karya Jung Eun Gwol, drama yang lagi-lagi bertema saeguk, fantasi juga mistis. Ciri khas Jung Eun Gwol memang kebanyakan adalah fantasi dan mistis. Sebetulnya ada lagi karya beliau yang belum ditulis yaitu Sungkyungkwan Scandal yang juga diangkat menjadi drama.

Berbeda dari novelnya yang berjudul The Secret of The Red Sky dan terbagi menjadi dua buku. Kedua novel itu ternyata memang harus dibaca secara berurutan. Saat itu, saya mempunyai buku yang kedua. Belakangan saya baru tahu kalau membacanya memang harus urut jika tidak mau mumet. Entah mengapa, dalam drama justru judulnya berubah menjadi Lovers of the Red Sky.

Pun, setting waktu dan tempat di Lovers of the Red Sky diubah tidak sama persis dengan novelnya. Hal ini dilakukan oleh sutradara nim untuk mencegah adanya distorsi dengan sejarah Korea Selatan.

Dari kelima novel populer yang diangkat menjadi drama di atas, manakah yang menjadi favorit kamu?

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

One thought on “5 Drama Korea Hits Diadaptasi Dari Novel Populer

  1. yang baru aku tonton secretary kim, beberapa minggu lalu. padahal dramanya tayang 2018
    dannn aku ga bisa move on soalnya bagus juga hahaha, dan pemainnya keren

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top