Cloud Dough: Permainan Sensoris Sederhana

cloud dough

Cloud dough, permainan sensoris yang sederhana. Cloud dough atau yang sering juga disebut dengan moon dough dan moon sand, atau indoor sand kata Cinta adalah salah satu alat yang sering dipakai dalam meja sensoris. Tekstur cloud dough yang lembut dan dapat dibentuk serta baunya yang harum membuat mainan ini jadi favorit anak-anak. Bahannya pun mudah didapat sehingga kita bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep ini:

Cloud Dough Recipe

1/2 cup baby oil

4 cup tepung terigu

Aduk rata dengan tangan atau sendok kayu sampai semua tercampur.

Dalam resep asli yang saya peroleh dari sini, jumlah baby oil dan tepung terigu yang digunakan adalah 1:4. Tapi setelah dicoba, hasilnya menurut saya terlalu lengket sehingga susah dikeluarkan dari cetakan. Akhirnya saya tambahkan tepung lagi sampai teksturnya sesuai dengan yang saya inginkan. Lembut dan mudah dibentuk. Mirip pasir pantai.

 photo 61A47FDA-6DA3-4BED-A8FC-E781F225E379_zps2zurzqrv.jpg

Dalam membuat cloud dough, akan lebih seru kalau anak-anak dilibatkan dalam pembuatannya sehingga mereka belajar mengenal perubahan tekstur. Proses menguleni adonan tepung dengan baby oil ini juga memberikan efek relaxing lho. Apalagi kalau dikasih sedikit aromaterapi seperti lavender. Ya kalau nggak adapun bau harum baby oil saja juga sudah cukup kok.

Keenan dan kakak Cinta suka sekali main dengan cloud dough ini. Mulai dari dicetak sampai jadi arena main mobil-mobilan. Pura-puranya si hotwheels lagi jalan di gurun pasir terus terjebak dalam badai. Pada  kegiatan penuh imajinasi ini biasanya saya ajak Keenan ngobrol tentang petualangan si mobil. Sekaligus untuk merangsang perkembangan bahasanya. Biasanya sih adalah satu atau dua kosakata baru yang berhasil ditirukan Keenan.

Saking serunya main seringkali cloud dough sampai berhamburan di lantai yang bikin lantai jadi licin. Jadi untuk anak yang lebih kecil sebaiknya lantai diberi alas plastik atau koran  supaya nggak terpeleset remahan cloud dough. Bisa juga main di halaman aja supaya nggak repot bersih-bersih.

Setelah anak-anak bosan main, cloud dough saya simpan dalam plastic wrap dan dimasukkan ke dalam kotak plasik tertutup. Dengan cara ini cloud dough bisa tahan selama beberapa minggu sebelum habis terpakai.

Hmmm kira-kira bisa dipakai untuk main apalagi ya? Ada ide? Share di komen ya, Mamas.

One Reply to “Cloud Dough: Permainan Sensoris Sederhana”

  1. […] yang beredar di internet, mulai dari yang cuma dicampur pakai air panas sampai yang dimasak. Buat cloud dough pun pernah juga. Jadi begitu lihat resep snow playdough ini, saya tertarik untuk mencoba. Apalagi […]

Komentar ditutup.