Berburu Tiket Pesawat Murah Ke Yogyakarta

tiket pesawat murah, tiket pesawat ke jogja

Ada yang lagi galau menentukan tujuan liburan akhir tahun bersama keluarga? Libur akhir tahun ini pas banget barengan sama libur panjang sekolah setelah PAS ya? Kalau memang ada budget untuk berlibur ke luar kota nggak ada salahnya mengajak anak-anak jalan-jalan, hitung-hitung refreshing setelah satu semester bekerja dan belajar. Apalagi sekarang banyak promo tiket pesawat murah, sehingga budget transportasi bisa ditekah dan dialihkan ke yang lain. Tapi enaknya ke mana ya? Saya kok ingin jalan-jalan ke Jogja ya? Ada yang sehati dengan saya?

Kenapa Jogja?

Karena sudah lama sekali saya nggak ke sana. Terakhir kami ke sana sekeluarga besar (minus suami) itu sekitar tahun 2011, sudah 7 tahun yang lalu. Itu pun sekadar menghadiri pernikahan sepupu saya. Jadi nggak banyak mengeksplorasi Yogyakarta. Padahal waktu belum menikah, saya dan keluarga lumayan sering main ke Yogya. Pernah juga jalan-jalan ke Yogya bareng sahabat-sahabat saya waktu masih kuliah dulu. Biasanya sih naik mobil, bis atau kereta. Maklum sampai awal tahun 2000-an belum banyak maskapai yang menawarkan tiket pesawat murah.

Baca juga: Serunya Berwisata Sejarah di Kotagede, Yogya

Bagi saya, Jogja selalu istimewa. Setiap kali ke sana hampir nggak pernah pulang dengan perasaan nggak bahagia. Banyak pengalaman menyenangkan yang saya dapatkan setiap berkunjung ke kota yang dipimpin Sri Sultan Hamengkubuwono X ini. Mulai makan lesehan di Malioboro diiringi alunan lagu dari pemusik jalanan dan antri berjam-jam hanya untuk menikmati sepiring hangat Bakmi Kadin. Lalu belajar nawar di Pasar Beringhardjo dan Malioboro yang dilanjutkan dengan naik becak ke kampung penghasil bakpia. Kemudian berpanas-panas ria menikmati keagungan Candi Prambanan dan Borobudur.

Istimewanya Jogjakarta

Tapi bukan itu saja yang membuat Jogja punya tempat spesial di hati banyak orang. Sesuai dengan namanya, Daerah Istimewa Yogyakarta, kota yang pernah menjadi ibukota negara Indonesia pada tahun 1946 ini punya banyak sekali keistimewaan yang nggak dimiliki kota lain.

Selain kota wisata, Jogja juga dikenal sebagai kota pelajar. Nggak heran sih, banyak sekali universitas ternama yang jadi impian calon mahasiswa untuk melanjutkan studinya. Yang paling keren ya Universitas Gadjah Mada, yang pada tahun 2018 ini menduduki tempat kedua sebagai universitas terbaik di Indonesia versi Kemeristekdikti. Lalu ada Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, Universitas Islam Indonesia, UPN ‘Veteran’ Yogyakarta dan masih banyak lagi.

Jogja juga sering disebut sebagai kota budaya karena banyak tradisi budaya peninggalan nenek moyang yang masih dilestarikan hingga kini, terutama oleh keraton Yogyakarta. Seperti upacara Sekaten yang biasanya diadakan pada tanggal 5 bulan Jawa Mulud untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

tiket pesawat murah, tiket pesawat ke jogja

Aneka tarian tradisional dan musik seperti gamelan pun masih bisa kita nikmati. Begitu juga dengan batik khas Yogyakarta yang tiap motifnya mempunyai arti dan cara pemakaian yang berbeda. Keunikan motif batik Yogyakarta ini baru saya ketahui saat akan menikah. Waktu itu pranata acara atau dukun mantennya wanti-wanti agar kami tidak salah memilih batik untuk seragam. Karena motif batik untuk pengantin, orang tua pengantin, dan keluarga besar harus berbeda hahaha. Abis sok-sokan sih mau pakai adat Jogja untuk acara pernikahan kami padahal bukan orang Jogja.

Baca juga: Tips Hunting Kain Untuk Seragam Pernikahan di JMP 

Keistimewaan lain dari kota ini adalah punya dua istana. Ada Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Saat ini keraton berfungsi sebagai tempat tinggal Sultan Sri Hamengkubowono X sebagai Gubernur DIY dan rumah tangga istananya. Istana yang kedua adalah Istana Yogyakarta yang dikenal sebagai Gedung Agung. Gedung Agung adalah kantor dan kediaman resmi Presiden Republik Indonesia sejak tahun 1946, saat ibukota negara Indonesia berada di Yogyakarta sampai tahun 1949.

Tiket Pesawat Murah Ke Jogjakarta

Dengan segala keunikannya, nggak heran kan kalau saya selalu ingin kembali ke Jogjakarta? Teman-teman Pojok Mungil merasa gitu juga nggak? Apalagi sekarang banyak sekali pilihan moda transportasi untuk menuju ke kota tempat lahirnya Muhammadiyah ini. Mau naik kereta bisa turun di Stasiun Tugu atau Stasiun Lempuyangan. Kalau naik bus bisa turun dan naik dari terminal bus Giwangan. Ingin lebih cepat lagi ya naik pesawat sampai ke Bandara Internasional Adisucipto.

tiket pesawat murah, tiket pesawat ke jogja

Dulu sih saya dan keluarga selalu memilih jalan darat, baik naik mobil pribadi, bus atau kereta. Tapi kalau sekarang ini kayanya bakal milih naik pesawat ya. Apalagi dengan banyaknya tiket pesawat ke Jogja yang bisa kita pilih lewat situs atau aplikasi PegiPegi.

Kenapa PegiPegi? Karena keistimewaan yang dimiliki PegiPegi berikut ini:

  1. PegiPegi menjamin kita mendapatkan harga terbaik saat melakukan pemesanan.
  2. Banyak promo menarik dan harga spesial yang bisa dinikmati oleh member PegiPegi.
  3. Bisa melakukan pembayaran dengan mudah sesuai keinginan kita, karena PegiPegi menerima pembayaran melalui transfer bank, kartu kredit, internet banking, cicilan sampai pembayaran melalui swalayan.
  4. PepePoin yang kita peroleh dari setiap transaksi bisa dikumpulkan dan digunakan sebagai potongan harga pada transaksi berikutnya.

Mencari tiket pesawat murah di PegiPegi juga mudah. Kita tinggal buka situs PegiPegi atau instal aplikasinya di Android atau iOS lalu pilih produk ‘Flight’. Lalu masukkan kota keberangkatan dan tujuan kita beserta tanggal keberangkatan (dan pulang untuk tiket pergi pulang). Kemudian pilih jumlah penumpang dan klik kotak cari.

Setelah itu akan muncul berbagai jadwal penerbangan dari beberapa maskapai yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita. Lalu isi data pemesan dan penumpang, konfirmasi pemesanan dan lakukan pembayaran. Simple banget ya.

Selamat berlibur.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.