Travel Insurance, Kenapa Harus Punya?

futuready, asuransi perjalanan ke eropa

Alhamdulillah, anak-anak sudah selesai ujian sekolah. Waktunya cari tiket mudik ke Indonesia untuk bulan Desember nanti. Iya, emang kudu jauh-jauh sebelumnya kalau cari tiket mudik supaya dapat tiket yang murah. Maklum, selama bulan Desember anak sekolah libur kenaikan kelas dan baru masuk lagi tanggal 2 Januari tahun depannya. Nggak heran kan kalau di masa liburan ini harga tiket pesawat bisa melonjak atau malah justru kehabisan tiket ekonomi huhuhu.

Akhir-akhir ini setiap beli tiket pesawat lewat website maskapai penerbangan, selalu ada tawaran untuk membeli asuransi perjalanan. Biasanya sih saya tolak ya, karena merasa nggak perlu. Sampai ada kejadian bagasi suami terbawa pesawat lain saat mudik ke Indonesia beberapa waktu lalu. Dan kami harus menunggu 2 hari sampai bagasi kami terima di Surabaya. Alhamdulillah kejadiannya waktu mudik ya. Mudiknya juga ke rumah orang tua. Jadi semua kebutuhan sehari-hari seperti baju masih tersimpan di rumah mama saya.

Gimana seandainya kejadian bagasi hilang ini waktu kami travelling ke negara lain, ke Eropa misalnya? Di mana semua barang keperluan kami ada di dalam bagasi tersebut. Amit-amit jabang bayi ya, semoga sih nggak akan kejadian. Tapi kalau terjadi, kebayang nggak sih repotnya. Belum lagi kalau di saat kita traveling ke luar negeri trus kecopetan dan semua dokumen penting dan uang hilang. Haduh, bisa nangis bombay nggak sih. Liburan yang harusnya menyenangkan jadi berantakan pastinya.

Nah, ternyata setelah saya browsing, asuransi perjalanan InsyaAllah bisa melindungi kita dari kejadian-kejadian yang nggak diinginkan saat traveling ke luar negeri. Bahkan kalau kita mau apply visa Schengen untuk ke Eropa salah satu persyaratan wajibnya adalah memiliki asuransi perjalanan ke Eropa.

APA ITU ASURANSI PERJALANAN

Mengutip situsnya Futuready, asuransi perjalanan adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan pada perjalanan kita. Di mana banyak hal tak terduga yang bisa terjadi, seperti penerbangan delay, pembatalan perjalanan, kehilangan bagasi, kecelakaan sampai kecopetan. Nah, asuransi perjalanan akan menanggung kerugian yang kita alami karena kejadian-kejadian tersebut. Sehingga perjalanan kita lebih nyaman dan tenang.

Tapi sebagai emak perhitungan, sebelum memutuskan untuk membeli asuransi perjalanan, harus tahu dulu apa aja manfaatnya untuk kita. Trus repot nggak belinya? Beli di mana? Nanti klaimnya susah nggak? Dan yang paling penting, MAHAL nggak?

MANFAAT ASURANSI PERJALANAN

1. Memenuhi Syarat Pengurusan Visa

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, memiliki travel insurance ke Eropa adalah syarat wajib mengurus visa Schengen. Kalau nggak punya asuransi perjalanan, proses pengajuan visa nggak bisa disetujui.

2. Mendapatkan Ganti Rugi Kompensasi Penundaan atau Pembatalan Perjalanan

Sudah sampai bandara dan siap untuk terbang ke , tiba-tiba pesawat kita delay lebih dari 3 jam atau justru dibatalkan. Ada yang pernah mengalami? Terbayang kepanikannya, apalagi kalau dalam perjalanan itu bukan direct flight. Alias kita harus terbang lagi dengan pesawat lain untuk mencapai tempat tujuan. Hangus dong? Duh, berapa banyak lagi uang yang harus keluar untuk membeli tiket baru.

 Atau beberapa hari sebelum keberangkatan tiba-tiba kita atau anggota keluarga sakit atau meninggal sehingga nggak bisa berangkat padahal tiket sudah dibeli. Nah, dengan memiliki asuransi perjalanan, kita bisa klaim ganti rugi sebagai kompensasi penundaan atau pembatalan perjalanan. Tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku ya.

asuransi perjalanan ke eropa

3. Mendapatkan Ganti Rugi Untuk Kehilangan Bagasi Atau Barang Bawaan

Nggak ada traveler yang pengen bagasi atau barang bawaannya hilang selama bepergian kan. But sometimes shit happens. Dan asuransi perjalanan adalah bentuk ikhtiar kita untuk melindungi diri seandainya terjadi hal-hal yang nggak diinginkan saat bepergian. Karena, asuransi perjalanan bisa menanggung kerugian yang muncul saat bagasi kita hilang atau kecopetan di selama dalam perjalanan.

4. Mendapatkan Santunan Untuk Pengobatan Darurat dan Kecelakaan Saat Bepergian

Saat bepergian ke luar negeri, pasti kita sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin supaya tetap sehat dan bisa menikmati perjalanan. Tapi, kadang malang tak dapat dicegah. Mendadak sakit karena keracunan makanan atau perubahan cuaca yang drastis dari tempat kita berasal bisa bikin kita mendadak sakit.

Saya ngebayangin aja seandainya ada rejeki jalan-jalan ke Eropa di musim dingin tentu produk ini akan sangat bermanfaat seandainya saya atau anak-anak mendadak sakit di sana karena nggak tahan dingin. Karena, asuransi perjalanan ada yang memberikan santunan biaya pengobatan di tempat tujuan. Jadi tabungan nggak akan berkurang untuk membayar pengobatan di negara orang karena akan diganti oleh asuransi perjalanan.

Oya, satu lagi yang paling penting. Asuransi perjalanan juga akan memberikan santunan jika terjadi kecelakaan yang menyebabkan kematian dan memberikan bantuan darurat saat kita butuhkan.

5. Mendapatkan Perlindungan Rumah

Saat rumah kosong karena kita tinggal bepergian, banyak hal yang bisa terjadi, termasuk kebakaran. Nah, dengan memiliki asuransi perjalanan, kita bisa mendapat ganti rugi kerusakan karena rumah kita kebakaran saat kita tinggal bepergian. Jadi, kalau punya asuransi perjalanan, kita InsyaAllah bisa bepergian dengan hati yang lebih tenang. Meskipun wajib hukumnya untuk ngecek semua kondisi rumah sebelum ditinggalkan.

Kalau sudah tahu manfaatnya, untuk perjalanan jalan-jalan ke luar negeri dari Indonesia, saya bakal beli asuransi perjalanan deh. Cuma nggak mau yang ribet gitu. Secara saya mah awam banget soal perasuransian begitu. Saya yakin teman-teman juga ada yang kaya saya. Ya kan?

BELI ASURANSI PERJALANAN ONLINE

Karena nulis tentang asuransi perjalanan ini, saya jadi kenalan dengan yang namanya Futuready, sebuah broker asuransi online. Futuready ini adalah supermarket asuransi online. Iya, transaksi pembelian asuransinya bisa dilakukan secara online. Asik kan? Nggak perlu lagi repot-repot janjian sama agen asuransi atau dateng ke kantor asuransi. Semua bisa kita urus sendiri secara online. Haaa, cocok banget untuk emak mager macam kita.

Sesuai dengan konsepnya sebagai supermarket asuransi, Futuready mengumpulkan berbagai produk asuransi terbaik dari berbagai perusahaan asuransi yang terkemuka. Tapi Futuready nggak mengeluarkan produk asuransi sendiri. Beberapa brand asuransi yang bekerja sama untuk dijual di Futuready.com adalah Adira Insurance, MNC Insurance, Jagadiri, AXA, Simasnet, AXA Mandiri, Tokio Marine, dan masih banyak lagi. Dengan konsep supermarket seperti ini, kita nggak perlu lagi membuka satu per satu situs asuransi yang menjual asuransi perjalanan.

Soal keamanannya, Futuready juga sudah memegang lisensi resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sejak tahun 2015. Jadi insyaAllah kredibel deh. Apalagi Futuready ini bagian dari AEGON, salah satu perusahaan asuransi terbaik di dunia yang berbasis di Den Haag, Belanda.

Produk asuransi yang ditawarkan oleh Futuready juga beragam. Selain asuransi perjalanan, juga ada asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan dan asuransi mobil. Jadi teman-teman yang mau ke Eropa dan perlu travel insurance, bisa banget beli di Futuready.

Caranya gampang. Kita tinggal buka webnya, klik pilihan cari asuransi dan pilih asuransi perjalanan. Lalu ketik destinasi pilihan kita, jumlah peserta, periode perjalanan (bisa ambil sekali jalan atau tahunan, lo) dan tanggal perjalanan. Setelah kita klik ‘cari asuransi’ muncul deh berbagai pilihan produk asuransi perjalanan dengan tujuan ke eropa dan negara lain yang bisa kita bandingkan. Baca baik-baik premi dan manfaatnya ya sebelum memilih. Cari yang paling cocok dengan budget dan kebutuhan kita.

Begitu proses pembayaran yang bisa dilakukan dengan kartu kredit, transfer bank atau bayar langsung di minimarket terdekat selesai dan polis disetujui, polis tersebut langsung dikirim via email dan langsung aktif. Dan seandainya something bad happens, nggak susah untuk klaim asuransi. Customer Service Futuready yang profesional siap membantu kita mengurus klaim melalui telepon atau online. Asik kan.

TRUS MAHAL NGGAK?

Mahal atau enggaknya sih tergantung dompet ya hahaha. Tapi dengan berbagai produk pilihan asuransi perjalanan dari berbagai brand asuransi yang dikumpulkan oleh Futuready, kita bisa memilih mana satu yang sesuai dengan budget kita.

Untuk benefit travel insurance ke Eropa dengan uang pertanggungan mulai 669 jutaan preminya cuma 269ribu lo waktu blogpost ini saya tulis. Kalau ingin nilai pertanggungan yang lebih besar dan risiko yang ditanggung lebih banyak juga ada, tentu dengan premi yang lebih mahal. Menurut saya sih, premi produk-produk asuransi perjalanan tersebut sesuai lah dengan faktor risiko yang kita hadapi saat perjalanan. Worth the price, kalau kata orang bule.

Jadi nggak perlu bingung bin ragu lagi nih membeli asuransi perjalanan. Kalau suatu saat kami sekeluarga jalan-jalan ke Eropa dari Indonesia, sudah tahulah bakal beli produk asuransi perjalanan di mana. Teman-teman punya pengalaman beli asuransi perjalanan? Saya tunggu sharingnya di kolom komentar yaaa.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.