Cara Membuat Stik Keju Nikmat untuk Suguhan Lebaran

resep stik keju

Sudah masuk bulan kedua tahun 2020 ya dan nggak terasa Hari Raya Idul Fitri sudah tinggal beberapa bulan lagi. Selain menyiapkan fisik dan mental untuk menjalani bulan Ramadan, biasanya ibu-ibu juga mulai berpikir tentang suguhan hari raya. Mulai dari makanan berat seperti opor, lontong sayur dan kawan-kawannya, juga kue-kue kering serta camilan yang enak. Dan stik keju adalah salah satu camilan yang selalu ada di meja sebagai suguhan untuk para tamu dan keluarga. Rasanya yang gurih membuat stik keju menjadi favorit banyak orang termasuk saya.

resep stik keju

Meskipun camilan ini banyak dijual di pasaran, sebenarnya kita juga bisa membuat stik keju sendiri dengan mudah lho. Mau mencoba? Berikut resepnya.

Resep Stik Keju Nikmat untuk Suguhan Lebaran

Bahan-bahan:

250 gram tepung terigu.
½ sdm maizena.
100 gram tepung sagu.
50 gram mentega.
180 gram keju parmesan, parut.
2 butir telur ayam.
100 ml air matang.
½ sdt baking powder.
½ sdt kaldu ayam.
Garam secukupnya.

stik keju toko wahab

Cara Membuat:

  1. Masukkan tepung terigu, tepung maizena dan tepung sagu sambil diayak ke dalam wadah. Setelah itu aduk sampai semua bahan tepung tersebut tercampur secara merata.

  2. Tambahkan baking powder, garam dan juga kaldu bubuk. Aduk-aduk kembali semuanya sampai rata.

  3. Masukkan air dan juga tambahkan keju parmesan ke dalam adonan tersebut. Aduk sampai rata sambil diuleni sampai adonan berubah menjadi kalis.

  4. Tambahkan mentega ke dalam adonan tersebut, kemudian campur lagi semuanya sampai rata.

  5. Kemudian giling adonan tersebut agar lebih lembut dan mendapatkan ketebalan yang sama, yaitu sekitar 10 cm. Lalu potong-potong sesuai dengan selera.

  6. Panaskan minyak, setelah itu goreng adonan yang sudah dibentuk tersebut sampai kecoklatan atau dirasa cukup matang. Tiriskan stik keju dan siap untuk dihidangkan. Simpan stik keju dalam toples yang tertutup rapat agar tetap renyah.

Nah, mudah kan membuat stik keju sendiri. Bagian paling berat memang saat menguleni adonan lalu memotongnya. Kita juga harus sabar saat menggoreng adonan. Tapi hasilnya sih sepadan dengan perjuangannya yah. Selain jumlah yang kita dapatkan lebih banyak daripada beli sendiri, stik keju buatan rumah juga lebih terjamin kesehatannya karena kita pasti akan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan stik keju ini bisa kita dapatkan secara online di TokoWahab.com. Ada begitu banyak pilihan merek berkualitas yang mereka jual dan harganya bersaing dengan toko lainnya kok. Jadi, yuk mulai belanja dan membuat stik keju, supaya saat lebaran nanti kita sudah semakin ahli membuat stik keju nikmat untuk suguhan bagi tamu dan keluarga.

17 Replies to “Cara Membuat Stik Keju Nikmat untuk Suguhan Lebaran”

  1. Stik keju ini uenaaakkk, awet, tahan lama ya Mba
    Dan banyak tamu yg demen sik.
    Kalo bikin dewe, komposisi keju-nya bisa dibanyakin, jadi lebih gurih bin endeusss

    1. Duh🙈, sudah 5 tahun jadi seorang ibu tapi belum pernah bikin seperti ini buat anak²😅, terima kasih mbak sharingnya, untung gampang ini resep🤗

  2. Waduh mbak, sudah bikin kepingin niih. Masak mau bikin stock lebaran sekarang? Bisa-bisa habis sebelum masanya hehe…

  3. Ngegorengnya itu lhooiooo. Aku mbuh knapa selalu gosong. Emank dasar ga bakat masak. Enak bangeeeet. Makanan kesukaanku ini soalnya.

  4. Kalo liat postingan resep2 begini pasti mupeng mau nyoba juga, tapi selalu ngerasa ribet padahal bahan’y simpel yaa. Hadeuuhh..

  5. Gampang kayanya bikinnya mbak. Sebenarnya selalu pengen coba bikin stik cemilan begini sendiri. Semoga bisa. Thank you mba resepnya

  6. Stick keju ini dulu ibu sering bikin Mbak, untuk di jual. Tapi tanpa keju. Biar harganya lebih terjangkau. Kalau ini ditambahi keju, wah pasti tambah enak ya
    Jadi mupeng nih pengin bikin, buat lebaran nanti. Makasih resepnya Mbak .

  7. Yummyyy.
    Makasih banyak serepnya ya.

    Suka juga lihat foto-fotonya.
    Cantik & kreatif

  8. Stik keju ini salah satu favorit saya. Seringnya sih beli, jarang bikin. Ada resep dari Mbak saya izin save dulu, ya. Bener banget ternyata enggak kerasa bentar lagi mau ramadan, moga disampaikan ke ke bulan nan suci.

  9. Kesukaanku nih Mba. Gurih kriuk kriuk, ga cukup 1 toples kayanya kalau buat lebaran ya.Resepnya izin bookmark ya Mba. Kapan kapan pengen bikin juga.

    1. Silakan, Mbak. Iyaaa nggak mungkin cukup 1 toples. Bisa-bisa sehari aja sudah habis hahaha.

  10. Yah…ini siiii…belum sampai Lebaran juga udah abis deh. Soalnya sekeluarga suka banget ngemil. Makasih resepnya nih…
    Yang gurih-gurih gini pasti pada suka…

    1. hahaha bener, Mbak. Makanya sekarang belajar bikin dulu, jaga-jaga gagal. Nanti menjelang lebaran sudah pro deh bikinnya 😀

  11. Bakat dapurku minim mba. Tapi baca ini jadi pengen coba. Semoga finalnya bukanlah kalimat, ‘ah mending beli jadi’. Hehe

    Terimakasih resepnya mba alfa

    1. Aku pun, Mbak. Tapi kadang-kadang pengen nyoba bikin biar lebih puas makannya hahaha.

  12. Waah, resepnya boleh juga nih dicoba

    1. yuk coba, Mbak.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.