Bikin Masker Sendiri, Yuk!

Bikin Masker Sendiri, Yuk!

Saya ini penggemar berat masker. Sejak kenal yang namanya perawatan muka, masker adalah favorit saya. Mulai dari masker bubuk keluaran Mustika Ratu atau Sari Ayu yang penggunaannya harus dicampur dengan toner Sari Mawar, peel off masker Oriflame sampai masker lembaran dari berbagai merek perawatan muka yang cukup terkenal seperti SK-II, The Faceshop atau keluaran drugstore macam Watsons pernah saya coba, meskipun tidak rutin.

Ada perasaan rileks saat memakai masker, apalagi kalau pakainya pas kulit muka lagi buluk banget atau setelah berpanas-panasan di luar rumah. Bisa sampai ketiduran dengan masker yang masih menempel di muka tuh.

Sayangnya, kebanyakan masker yang dijual di pasaran terbuat dari bahan-bahan yang saya nggak ngerti kandungannya. Selain itu harganya yang lumayan juga bikin nggak bisa sering-sering beli.

Nah, sebagai emak irit dengan fasilitas internet dan aplikasi Pinterest serta kecanggihan om google, saya menemukan beberapa resep masker yang bisa dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur. Salah satunya adalah facial scrub yang juga bisa dipakai untuk masker dari website Homemadeforelle ini.

essential oil untuk masker wajah

Ini dia bahan-bahan masker yang sudah saya modifikasi:

1/8 cup rolled oats (diblender sampai hancur)

2 sdm madu (atau secukupnya sampai adonan masker dapat dioleskan ke muka)

1/4 sdt pala bubuk

5 tetes Lavender YL Essential Oil

Caranya gampang sekali. Cukup aduk semua bahan sampai tercampur dengan baik. Setelah itu bisa langsung diaplikasikan ke wajah yang sudah bersih atau seperti yang saya lakukan, dinginkan beberapa saat dalam lemari es.

Masker ini cocok untuk kulit yang berjerawat atau sedang mengalami iritasi karena terdiri dari madu yang berfungsi melembabkan dan mengandung antiseptik. Kandungan ini berguna untuk menyembuhkan luka akibat iritasi.

Oatmeal sendiri termasuk hypoallergenic dan dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit serta melembabkan. Sedangkan pala dan the magic oil Lavender bersifat antibakteri, anti inflamasi sehingga cocok untuk menenangkan kulit yang iritasi maupun jerawat. Lavender juga berfungsi untuk mendinginkan kulit yang mengalami sunburn.

Berdasarkan pengalaman saya memakai ini, setelah dibersihkan dengan air sambil menggosok muka dengan lembut (hey, masker ini bisa jadi face scrub juga kan), kulit jadi terasa kenyal dan bersih sekali. Wangi lavendernya juga bikin tenang. Nyaman banget lah.

Oya, resep di atas bisa untuk 2 kali pemakaian dan tahan 1 minggu jika disimpan di kulkas. Yuk, dicoba!

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

5 thoughts on “Bikin Masker Sendiri, Yuk!

  1. Ohh jadi abis dibikin bisa simpen di lemari es yaa? Ahh noted lah. Kapan2 mau coba. Mukaku kayaknya emang butuh scrubbing/peeling buat ngeluruhin kulit matinya deh… TFS nii!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top