heat pump ariston
Teknologi

Jangan Samakan Heat Pump Dengan Heat Stroke!

Untuk alasan apapun, matahari tetap diperlukan, utamanya untuk kelangsungan hidup semesta beserta segala sesuatu yang bersemayam di dalamnya. Dari sekian periode matahari bersinar, sunrise dan sunset tetap dianggap sebagai dua waktu paling dinanti. Tentunya, lebih syahdu lagi jika disandingkan secangkir kopi. Itulah matahari, di satu waktu bisa mendatangkan kehangatan, tapi di lain waktu memberi siksaan.

Saat sunrise dan sunset sering diburu, tidak begitu saat mid-day, di mana matahari sedang bersinar gagah-gagahnya. Begitu banyak yang membenci waktu ini, bahkan para hewan yang tak punya akal pikiran juga kompak menghindarinya.

Bahwa secara naluriah makhluk hidup menghindari cuaca panas memang bisa dibenarkan, tapi ada satu realita menarik di belakangnya. Heat stroke, begitu para cendekiawan medis menyebutnya.

Sungguh Merugikan Heat Stroke Itu!

Jika dimaknai secara sederhana, heat stroke berarti tubuh dalam kondisi terlalu panas karena terekspos sinar matahari berlebihan. Suhu tubuh bakal meningkat sampai 40 C, bahkan bisa lebih tinggi lagi. Paling sering, kondisi ini terjadi di rentang waktu musim panas saat matahari lagi terik-teriknya.

Diperlukan penanganan khusus guna mencegah situasi makin buruk. Bila tubuh tidak sedang dalam keadaan baik-baik saja, heat stroke bisa merusak otak, hati, ginjal, dan tentu saja otot. Kerusakan bahkan bisa memburuk jika penanganan lambat diberikan, karena risiko komplikasi dan kematian bisa mengintai.

Di sisi lain, sama-sama memanfaatkan heat sebagai kata depan, tapi heat pump, yang sederhananya merupakan alat pemanas air, justru berada di sisi sebaliknya. Sama-sama menggunakan panas, tapi heat stroke justru tidak menyehatkan.

Heat Pump bukan Heat Stroke

Singkatnya, apa yang diberikan semua bernada positif. Bagaimana tidak, pemanas air bisa dimanfaatkan sebagai alat terapi di satu waktu, dan di waktu lain bahkan bisa digunakan untuk pengobatan. Misalnya saja, mandi atau berendam air hangat sampai kisaran suhu tertentu dipercaya mampu menarik efek positif ke tubuh.

Sejujurnya, begitu beragam cara menikmati mandi air hangat, dan hampir semua mampu memberi nilai positif. Tubuh sehat masih jadi dambaan siapapun, dan mengawali rutinitas harian dengan mandi air hangat bisa memberi perbedaan besar terhadap cara memulai hari dengan sikap positif. Awal yang positif bisa menentukan jalannya hari menjadi lebih positif.

Betapa Menguntungkan Heat Pump Itu!

Siapapun dibolehkan menikmati manfaat yang ditawarkan oleh heat pump. Di saat heat stroke meningkatkan kadar panas pada tubuh, pemanas air berperilaku sebaliknya, tentunya dalam artian positif. Kadar tekanan darah akan diturunkan sehingga otot jadi lebih relaks. Tak ada lagi otot pegal, pun begitu pikiran pegal.

heat pump ariston

Memperlancar Peredaran Darah

Lebih lanjut, darah kemudian bersirkulasi lebih lancar yang pada akhirnya membuat metabolisme stabil. Jika mau berpikir rasional, barangkali inilah kondisi tubuh yang idealkan siapapun untuk memulai hari. Bisa dibayangkan, betapa nikmatnya punya alat treatment di rumah yang menyediakan banyak sisi positif.

Membuat Tubuh Lebih Rileks dan Pikiran Lebih Tenang

Semisal dibuat pengkategorian, berarti ada keuntungan besar yang bisa didapat dari air hangat, entah secara biologis atau psikis. Menilik aspek psikis, mandi air hangat sudah dibuktikan mampu mereduksi kadar stress yang selama ini dianggap sebagai biangnya segala penyakit berat layaknya jantung. Pengaruhnya tak cuma sebatas merilis stress yang menggelayut di pikiran, tapi juga sembari meningkatkan mood.

Rasa hangat yang dipancarkan air hangat mampu menyapu perasaan depresi dan sikap pesimis, dan tentunya memunculkan kenyamanan tingkat tinggi. Sudah pasti, inilah kebutuhan utama otak agar tetap bisa memberi kinerja dalam kondisi paling optimal.

Baca Juga: Cara Merawat Diri untuk Para Ibu

Tak di siang hari, tak di malam hari, segala manfaat luar biasa yang ditawarkan pemanas air beserta air hangatnya tetap bisa diandalkan. Malam hari, di mana hampir semua makhluk hidup sedang menunaikan istirahat, tambahan air hangat menjadikan rutinitas ini jadi lebih maksimal.

Tambahan informasi, ambil tidur pada ruangan yang dipenuhi suhu dingin semisal ingin cepat terlelap dan mendapat tidur berkualitas. Begitu setidaknya kata para saintis. Tapi jika ternyata tak punya cukup modal untuk mendinginkan ruangan, solusi lain, cobalah hangatkan badan lewat mandi air hangat.

Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Tapi para ilmuwan juga percaya kalau mandi air hangat sebelum tidur juga memberi efek serupa. Temperatur tubuh akan menurun secara alami di malam ini, dan ini sinyal penting bagi tubuh untuk memulai proses produksi hormon melatonin. Kata lainnya, hormon pemicu tidur.

Pada prosesnya, air hangat memicu suhu tubuh naik lebih tinggi, tentunya dengan kadar berbeda dari heat stroke. Selesai mandi, temperatur tubuh lalu menurun drastis. Penurunan suhu tubuh yang terbilang cepat punya kontribusi positif ke produksi melatonin. Satu persiapan bagus menjelang tidur bukan!

Tentu saja, di tengah rutinitas harian yang cukup memakan waktu, agak kurang ideal jika masih harus memanaskan air hanya untuk sekedar menikmati mandi air hangat malam hari. Untuk kasus ini, pemanas air bisa menjadi solusi. Tinggal nyalakan, lalu nikmati tiap aliran air hangatnya.

Teman-teman yang tertarik untuk mengetahui selengkapnya apa yang bisa diberikan heat pump bersama semua manfaat positifnya, tidak perlu sungkan untuk mampir ke sini!

Author

alfa.kurnia@ymail.com
Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.