Daftar GoPay Agar Usaha Kuliner Semakin Berkembang

Daftar Gopay bisa menjadi salah satu ikhtiar yang dilakukan pengusaha kuliner, khususnya usaha kuliner rumahan, agar semakin berkembang. Terutama di tengah pandemi seperti sekarang.

Nggak dipungkiri lagi, sejak virus Covid-19 menjangkiti hampir seluruh bagian bumi ini, bukan cuma kesehatan masyarakat yang terdampak. Ekonomi dunia pun ikut terguncang.

Akibat kebijakan lockdown beberapa negara serta physical distancing yang diikuti oleh Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di banyak kota di Indonesia, perekonomian kita makin anjlok. Banyak yang kena PHK karena perusahaan nggak mampu lagi membayar karyawannya. Nggak sedikit juga usaha hiburan dan kuliner yang terpaksa tutup karena nggak ada pengunjung yang bisa datang ke tempat mereka.

Tapi, bukan orang Indonesia namanya kalau nggak kreatif ya. Ketika pembeli nggak bisa datang ke toko, kedai atau restoran, maka pengusaha lah yang mengantarkan produknya ke pelanggan. Lantas bermunculan lah layanan pesan antar yang sangat berguna untuk kelangsungan usaha sekaligus kenyamanan pembeli. Apalagi jika sekaligus daftar gopay sehingga transaksi dapat dilakukan secara online.

Melihat peluang menarik ini, akhirnya banyak yang ikut berjualan online, khususnya makanan rumahan, untuk menambah pemasukan. Termasuk adik ipar saya yang akhirnya berjualan masakan andalannya, ayam goreng laos, telur balado dan teri kacang balado.

Peluang Usaha Kuliner Rumahan

usaha kuliner rumahan

Usaha kuliner rumahan memang jadi pilihan untuk memperbaiki perekonomian keluarga, karena:

  1. Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia.
    Jadi akan selalu ada permintaan untuk produk makanan, mulai dari ibu-ibu yang nggak sempat masak untuk keluarganya, anak kos, karyawan yang nggak bisa keluar kantor untuk makan siang, dll.
  2. Modal kecil.
    Pengusaha kuliner bisa mulai dari menjual satu atau dua menu masakan andalannya dengan sistem purchase order atau menjadi reseller produk yang sudah punya nama. Dengan sistem ini nggak banyak modal yang harus dikeluarkan, apalagi jika memberlakukan pembayaran di muka seperti yang dilakukan jika kita daftar merchant gopay.
  3. Bahan bakunya tidak sulit didapatkan.
    Sebagai reseller tentu nggak perlu dipusingkan dengan pencarian bahan baku, cukup temukan suplier produk yang bisa diandalkan agar produk yang kita jual bisa kontinyu.

    Kalaupun ingin menjual masakan sendiri pun bahan baku masakan rumahan biasanya mudah dicari di pasar.

Tips Mengembangkan Usaha Kuliner Rumahan

Tapi, karena bisnis ini sedang booming, persaingan pun semakin sengit. Untuk itu pengusaha kuliner rumahan dapat melakukan beberapa hal ini agar usahanya dapat berkembang.

Mempertahankan Rasa Masakan

Salah satu tantangan bisnis kuliner rumahan adalah mempertahankan cita rasa masakannya. Untuk itu sebelum mulai jualan, cobalah berbagai macam resep sampai menemukan takaran yang menghasilkan rasa terbaik untuk menu andalan tersebut. Dan sebisa mungkin jangan mengubah takaran tersebut kalau sudah punya pelanggan. Karena kalau sampai berubah lama-lama pelanggan akan enggan untuk beli lagi.

Kalau kita jadi reseller masakan rumahan, pastikan kepada suplier untuk nggak mengubah resepnya. Dan perhatikan standar masakannya. Jangan sampai ada yang berubah atau berkurang. Agar kepercayaan pelanggan ke kita nggak hilang.

Pilih Bahan Baku dengan Kualitas yang Baik

Bahan baku akan mempengaruhi hasil produksi. Supaya masakan yang kita jual berkualitas baik, kita juga harus memilih bahan baku yang terbaik. Jangan sekadar cari yang paling murah. Pilihlah daging, sayur, telur dan lain-lain dari distributor yang juga menjaga kualitas produknya, supaya masakan kita tetap fresh dan enak.

Lakukan Inovasi

Kalau awalnya bisa dimulai dengan 2 atau 3 menu andalan, setelah ada pelanggan, kita bisa menambah menu baru pada usaha kuliner rumahan kita. Nggak perlu yang terlalu berbeda, bisa saja menggunakanan bahan baku yang sama dengan menu sebelumnya tapi dimodifikasi menjadi menu baru. Misalnya kalau menu awalnya ayam goreng laos, bisa kita tambah dengan ayam goreng saus telur asin.

Beri promo dengan bundling paket masakan atau diskon untuk pesanan dalam jumlah besar juga dapat menarik pelanggan baru. Tentu saja dengan tetap memperhatikan kualitas dan cita rasa masakan. Oya, kalau daftar gopay, kita nggak perlu pusing soal promo, karena GoPay akan membantu mempromosikan usaha kuliner rumahan kita

Menyediakan Fasilitas Transaksi Online

Transaksi online sekarang menjadi pilihan banyak orang, baik di toko online maupun offline. Dengan daftar GoPay dan menyediakan transaksi online atau non-tunai pada bisnis kuliner rumahan kita, pelanggan bisa bertransaksi dengan mudah dan nyaman. Apalagi cara daftar Gopay sangat mudah sehingga kita bisa masuk dalam daftar merchant GoPay dan mendapat berbagai manfaatnya.

Daftar GoPay Agar Usaha Kuliner Rumahan Makin Berkembang

daftar gopay

GoPay adalah layanan uang elektronik atau e-money yang terdapat dalam aplikasi Gojek Indonesia. Selain dapat digunakan untuk membayar semua layanan Gojek (GoRide, GoCar, GoSend), GoPay juga bisa untuk membayar transaksi non-tunai di rekan usaha yang sudah masuk dalam daftar merchant GoPay baik offline dan online.

Kenapa harus daftar merchant GoPay? Karena dengan cara daftar GoPay yang mudah, kita bisa memperoleh berbagai manfaat berikut:

Jangkauan Pelanggan Lebih Luas

Dengan masuk dalam daftar merchant GoPay, usaha kuliner rumahan kita bisa menjangkau lebih dari 100 juta pengguna GoPay dan uang elektronik lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga kemungkinan usaha kita dikenal dan kesempatan untuk mendapatkan transaksi lebih besar.

Kalau kita daftar Gopay, usaha kuliner rumahan kita juga dapat kesempatan untuk masuk ke daftar Go-Nearby khusus untuk rekan usaha In Store atau offline, lo. Jadi pengguna Gojek yang berada dekat lokasi kita bisa tahu tentang kedai atau masakan kita tanpa kita harus pasang spanduk di mana-mana.

Proses Pembayaran yang Efisien

Kemarin saya bikin polling sederhana di Instastory tentang proses pembayaran mana yang dipilih pelanggan GoFood, menggunakan GoPay atau tunai dan apa alasan mereka memilih cara pembayaran tersebut.

daftar merchant gopay, usaha kuliner rumahan

Dari 109 orang yang melihat instastory saya, 39 memilih membayar pesanan GoFood dengan GoPay dan hanya 9 orang yang lebih suka membayar secara tunai. Sedangkan alasan mereka sebagian besar karena transaksi menggunakan GoPay lebih praktis dan banyak promo atau diskon yang bisa mereka dapatkan kalau menggunakan GoPay.

Selain itu, transaksi non-tunai sekarang sudah jadi gaya hidup sebagian masyarakat Indonesia. Dengan daftar GoPay, berarti kita sudah memberikan kemudahan bertransaksi yang praktis dan efisien kepada pelanggan. Kita sendiri juga nggak repot menyiapkan uang kembalian.

Kemudahan Transfer Dana

Selain memberi kemudahan dalam cara daftar GoPay, sebagai mitra dalam daftar merchant GoPay kita juga mendapat kemudahan saat menerima pembayaran dengan GoPay.

Uang dari transaksi dengan GoPay akan ditransfer langsung ke rekening bank yang telah kita daftarkan saat daftar Gopay pada H+1 setelah transaksi. Kita juga akan mendapat detil laporan harian transaksi yang akan dikirim lewat email setiap hari. Ini bikin pembukuan usaha kita jadi lebih mudah ya.

Promosi GoPay

Seperti hasil polling di atas, pembeli suka bertransaksi menggunakan GoPay karena banyak promo menarik. Nah, dengan daftar GoPay kita mendapat kesempatan mengikuti promo-promo GoPay tersebut seperti cashback di GoFood Festival. Dengan begitu pembeli akan senang belanja di tempat kita, kita pun jadi untung.

Slot Publikasi

Mitra GoPay berhak mendapatkan slot publikasi baik melalui media sosial dan newsletter GoPay. Kita juga bisa kerjasama dengan GoPay untuk memberikan promo-promo menarik untuk pelanggan yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Dengan cara daftar GoPay yang mudah dan berbagai manfaat yang kita dapat kalau daftar GoPay diharapkan usaha kuliner rumahan kita bisa makin berkembang. Tapi tetap harus melakukan evaluasi secara berkala, supaya kita tahu apalagi yang harus kita perbaiki dalam usaha kita agar makin sukses lagi.

alfakurnia
Posts created 324

40 tanggapan pada “Daftar GoPay Agar Usaha Kuliner Semakin Berkembang

    1. Iya, Mbak. Membantu pembeli dan pedagang. Nggak bingung lagi siapkan kembalian dan meminimalkan adanya selisih saat penerimaan pembayaran tunai.

  1. Saya pun lebih senang metode pembayaran cashless. Gak perlu sibuk cari uang pas dan takut gak ada kembalian kalau gak ada uang pas yg tersedia. Inti’y memudahkan hidup bertransaksi. Hehe

  2. Sekarang ini segalanya serba online dan delivery. Saat ini saya beli buah2an aja delivery ke rumah. 🤗. Buat pembisnis gopay jadi salah satu pilihannya.

    1. Hehehe sama, Mbak. Pasar dekat rumah saya juga sudah menyediakan layanan belanja online dengan pembelian pakai GoPay. Jadi lebih praktis dan aman.

    2. Nah, iya, suamiku pun daftar Gofood buat promosiin usahanya. Lumayan juga kadang dapat orderan. Memang jadi parner gojek ini memudahkan bisnis semakin berkembang, ya.

    1. Iya. Apalagi sekarang banyak banget yang sudah pakai GoPay di daerah-daerah juga. Jadi pembeli juga lebih praktis kalau bisa bayar belanjaan pakai GoPay.

    1. Iya, Mbak. Di supermarket dan minimarket juga sekarang digalakkan pembayaran non-tunai. Bahkan toko kelontong dekat rumah saya sudah terima pembayaran pakai debit card. Kalau bisa bayar belanja di toko kelontong pakai Go-Pay pasti lebih praktis lagi.

  3. Bener sekali dimasa darurat begini pemasaran online dan delivery service ngebantu banget UMKM untuk bertahan .

  4. Bener baget mbak kalau bisnis makanan itu kualitas rasa harus tetap dijaga. Karena kalau rasanya berubah-ubah pelanggan bisa menjauh.
    Diera yang semuanya serba online ini, gopay sangat membantu sekali bagi pengusaha yang ingin memperluas jangkauan usahanya. Jadi yang punya usaha harus punya aplikasi ini supaya bisnisnya semakin berkembang

  5. Jadi ingat tetangga. Sebelumnya punya warung kuliner, lalu tutup dan akhirnya jualan dari rumah melayani delivery. Dan Gopay bisa jadi pintu bagi para pelaku usaha untuk tetap beroperasional selama pandemi.
    Seperti saya yang diuntungkan dengan tetap bisa pesan makanan langganan yang saat PSBB tutup enggak boleh dine-in di restoran

  6. Kadang-kadang ada usaha kuliner yang terkendala lokasi kurang strategis. Padahal rasa makanannya enak. Bagus sih ini ada gopay. Jadinya bisa tetap promosi dan mengandalkan delivery order

  7. Saya skrg jarang bawa cash, selalunya pakai walet. Gopay salah satunya. Kadang saya tanya, trima gopay ga? Lagian kadang dpt cashback n promo hehe

  8. Sejak ada Gojek – Gopay dan Go go go lainnya, sampe Go massage pun ada! Duh .. nikmat mana lagi yang kau dustakan!

    aku tuh bersyukur banget. Kirain sih dulu para tukang ojek pangkalan bakal dirugikan, bakal kekurangan lahan, eeeh malaahan sekarang lini perekonomian jadi maju pesat!

    Saluuut sama Nadiem Makarim memperkenalkan si Go Go Go ini!

  9. Betul sangat membantu pedagang nih. Membantu pembeli seperti saya juga untuk lebih mudah membelinya. Rasa dan menu andalan penting banget memang dalam usaha kuliner

  10. Bener banget, mba. Saat ini boleh dibilang hampir semua pengguna smartphone sudah punya applikasi Gopay. Dan sangat membantu banget untuk pesan-pesan makanan. Tak heran peluang usaha kuliner menjangkau pasar yg lebih luas.

  11. Saya sih kalau ada warung yang bisa bayar gopay itu seneng banget. Gak perlu ngeluarin receh. Sekarang emang cash aja jarang megang. Paling buat belanja ke pasar, hehe

  12. Memang sekarang banyak yang memilih bayar digital ya mba, nyatanya itu banyak yg ga pilih cash hehe
    Pakai GoPay lebih praktis dan banyak promo sih, makanya orang2 yg berbisnis lebih prefernya utk daftar gopay aja

  13. Fasilitas transaksi online, daku setuju banget itu. Mengingat PSBB diperpanjang dengan adanya transaksi secara online jadi memudahkan banyak pihak ya, baik konsumen, penjual, maupun penyedianya seperti Gopay 👍

  14. Di zaman digital seperti sekarang ini, cashless memang pilihan paling tepat buat usaha kuliner ya.
    Pesan via online, bayarnya juga online.
    Kusimpan tipnya nih, karena ada rencana juga pengen punya usaha kuliner 🙂

  15. Aku pikir gopay cuma buat konsumen teenyata kini penjual juga menggunakannya supaya dapat banyak benifit untuk usahanya. Manful nih artikelnya kak. Jadi informatif banget buuat yg punya usaha buat ngembangin bisnisnya

  16. Alhamdulillah, teknologi semakin berkembang. Ada gopay jadi usaha kecil terbantu. Apalagi di masa pandemi ini, gopay ada pilihan cashless ya jadi minim interaksi manusia dan dari uang yang mungkin terpapar virus.

  17. Saya sekarang bayar-bayar juga pakai gopay mbak. Gopay juga bisa dipakai untuk bayar yang lain soalnya, jadi lebih praktis. Dulu sempat beli buku di gramed dengan bayar pakai gopay. Beberapa minggu lalu juga beli aplikasi di playstore pakai gopay. Lebih aman dan nyaman juga sih menurut saya dibanding harus bayar pakai cash.

  18. Bener banget mbak alfa, saya memang lebih memilih go pay untuk keperluan transaksi ni mbak alfa. Pokoknya bersentuhan dengan uang langsung diminimalisir saat pandemi gini

  19. Kalo kemaren-kemaren mba, biasanya saya suka dapet cashback setiap make gopay ini. Hanya sayangnya, pengisian gopay ini blom ada di indomaret, jadi agak ribet jg karena di tempat tinggal saya alfamart itu jauh beud, coba kalo di indomaret juga ada. Pasti terbantu sekali saya, karena lokasinya dekat rumah 😅😁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas