Kado Dari Bunda, Aktivitas Anak yang Seru dan Berhadiah Menarik

Tahukah ibu-ibu kalau setiap tanggal 23 Juli dirayakan sebagai Hari Anak Nasional di Indonesia? Iya, betul kok, saya nggak bohong. Saya sih ingat karena Hari Anak Nasional ini jatuh sehari sebelum ulang tahun saya hahaha.

Hari Anak Nasional Indonesia

Sebenarnya ide perayaan Hari Kanak-Kanak Indonesia ini sudah tercetus sejak zaman Presiden Soekarno, namun baru ditetapkan oleh Presiden RI ke-2 Presiden Soeharto pada tahun 1984 melalui Keputusan Presiden (Keppres) No. 44/1984. Dikutip dari tirto.id, pemilihan tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional disesuaikan dengan pengesahan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak pada 23 Juli 1979.

hari anak nasional

Perayaan Hari Anak Nasional di Indonesia

Biasanya, setiap tahun Hari Anak Nasional ini diperingati dengan berbagai aktivitas anak yang puncaknya dilakukan secara bergantian di kota-kota di Indonesia. Tahun 2020 ini rencananya perayaan puncak HAN akan dilakukan di Padang yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional.

Biasanya di sekolah-sekolah pun ada aktivitas seru untuk memperingati Hari Anak Nasional ini. Jujur aja anak-anak saya belum pernah merayakan Hari Anak Nasional di Indonesia, dan seharusnya tahun ini pertama kalinya mereka akan memperingatinya bersama teman-teman sekolahnya.

aktivitas anak

Sayangnya sejak Maret 2020, kegiatan belajar mengajar di Indonesia dipindahkan dari sekolah ke rumah karena pandemi COVID-19. Anak-anak saya yang baru 2,5 bulan masuk sekolah di Indonesia dan lagi seru-serunya beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru terpaksa harus diam #dirumahaja.

Rencana peringatan Hari Anak Nasional pun belum tentu bisa dilaksanakan. Secara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan belum mengeluarkan rekomendasi masuk sekolah untuk daerah zona merah seperti Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo dan Gresik). Jadi, sepertinya tahun ini anak-anak saya akan merayakan Hari Anak Nasional 2020 di rumah saja.

Ya, nggak masalah sih, banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan anak-anak untuk merayakan Hari Anak Nasional di rumah. Termasuk bermain game online Kado Dari Bunda yang ada di situs panduanbunda.com.

Kado Dari Bunda, Aktivitas Anak yang Seru untuk Bunda dan Si Kecil

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Panduan Bunda mengadakan kompetisi #KadoDariBunda. Ada yang sudah ikutan? Kalau belum simak yuk cara mainnya.

Cara Ikut Challenge Kado Dari Bunda

Aktivitas seru ini bisa dimainkan bareng bunda dan anak di situs http://panduanbunda.com/kadodaribunda.

Tapi sebelumnya, follow dulu social media Panduan Bunda di:
Facebook Panduan Bunda : https://www.facebook.com/panduanbunda/ dan Instagram Panduan Bunda : https://www.instagram.com/panduanbunda/

Lalu buka situs panduanbunda di browser laptop atau handphone. Pertama yang harus kita lakukan adalah mendaftarkan diri atau login di situs tersebut dengan menggunakan email. Setelah berhasil jangan lupa buka email kita untuk aktivasi akun kita di panduanbunda.com.

Setelah itu klik tab “Kado Dari Bunda” untuk memulai permainan. Di aktivitas anak ini, si kecil diminta untuk menemukan gambar yang sama dalam kartu yang tertutup sebanyak 3 sesi. Setiap sesinya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda.

Jumlah kartu pada permainan akan bertambah setiap satu sesi. Pada permainan pertama akan ada 4 kartu, sesi kedua 8 kartu, dan sesi ketiga 12 kartu. Setiap selesai 1 sesi peserta akan mendapatkan 2 koin untuk sesi 1, 4 koin untuk sesi 2, dan 6 koin untuk sesi 3.

Koin yang sudah dikumpulkan dapat ditukar dengan kotak. 10 koin yang didapatkan bisa ditukar dengan satu kotak yang berisi huruf-huruf acak dari huruf dalam kata BUNDA “B, U, N, D, A” yang harus dikumpulkan. Setiap huruf memiliki nilai point: B = 5 poin, U = 10 poin, N = 15 poin, D = 20 poin, A = 2000 poin.

aktivitas seru

Bunda dan si kecil diberi 3 kesempatan bermain setiap harinya untuk mendapatkan poin. Jumlah batas permainan per hari dapat dilihat oleh peserta di halaman utama page activity. Kalau setelah main 3 kali masih mau main lagi boleh kok, namun tidak akan ada penambahan koin ya.

Manfaat Bermain Game Kado Dari Bunda

Nggak susah kan ya mainnya? Selain menyenangkan, aktivitas anak online ini juga bermanfaat untuk, lo. Apa aja?

  1. Melatih konsentrasi anak.
    Dengan bermain Kado Dari Bunda, anak harus mencermati gambar apa saja yang sudah dia lihat dari kartu yang sudah terbuka.
  2. Melatih daya ingat anak.
    Dalam aktivitas anak ini, si kecil harus mengingat gambar yang sudah dia lihat ketika kartu terbuka dan di mana posisinya, agar mudah memasangkan gambar yang sama.
  3. Mengenal dan menyebutkan gambar apa saja yang ada di balik kartu.
  4. Mempererat bonding antara anak dan bunda.
    Melakukan aktivitas seru bersama-sama bisa menguatkan ikatan anak dan bunda serta menambah memori yang menyenangkan bagi anak.

Baca Juga: 5 Ide Prakarya Untuk Anak dan Orang Tua

kado dari bunda, aktivitas anak, aktivitas seru

Anak saya yang berusia 7 tahun senang banget main game Kado Dari Bunda ini. Meski awalnya berkali-kali salah menebak pasangan gambar dari kartu yang tertutup. Dia senang banget saat berhasil menemukan pasangan yang tepat.

Selain itu, dengan mengikuti challenge Kado Dari Bunda, kita berkesempatan untuk mendapatkan hadiah menarik dari Panduan Bunda berupa: sepeda anak, koper anak dan balance bike. Asik kan. Kalau berhasil menang kita bisa mempersembahkan hadiah itu sebagai kado Hari Nasional Anak pada si kecil.

Jadi tunggu apalagi? Yuk main game Kado Dari Bunda dan kumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Periode kompetisi berlangsung mulai dari 15 Juni hingga 15 Juli 2020 saja! Siapa tahu kita yang beruntung dapat hadiahnya.

Panduan Bunda, Informasi Kesehatan Anak dan Keluarga

Selain mengikuti challenge Kado dari Bunda, di situs panduanbunda.com kita juga bisa mendapatkan berbagai informasi kesehatan anak dan keluarga. Kita juga bisa mencari tahu kemungkinan penyakit dari gejala awal yang dialami anak di fitur Gejala Punya Cerita.

Kalau ada pertanyaan seputar kesehatan anak, kita bisa konsultasi dengan ahlinya di fitur Tanya Dokter. Selain itu kita juga dapat memperoleh informasi berbagai produk kesehatan untuk anak dan keluarga yang diproduksi oleh Konimex.

Untuk obat penurun demam ada Termorex yang terkenal dengan iklan, “Bu Joko punya termos es?”. Termorex baby untuk demam bayi, Termorex Patch plester kompres demam.

Ada juga Inzana rasa jeruk turunkan panas demam, Inzana oh Inzana. *yousingyoulose* Aduh, memorable banget ya jingle iklan Inzana. Kalau anak 90an pasti tahu lah ya Inzana ini sering jadi andalan ibu-ibu kita untuk membantu atasi demam pada anak.

Konimex juga punya obat cacing keluarga Konvermex dan obat batuk anak Anakonidin obat batuk sirup anak yang menawarkan berbagai pilihan varian berdasarkan jenis batuk yang dialami si kecil. Lengkap banget kan, Bun? Bunda juga bisa cek produk-produk andalannya dan tips parenting di website Panduan Bunda.

Oya, jangan lupa follow akun sosial medianya Panduan Bunda. Banyak banget informasi parenting serta kesehatan anak dan keluarga yang bisa kita dapatkan di sana. Di mana akunnya? Langsung aja klik tautan di bawah ini:

Panduan Bunda
Instagram | Facebook | Twitter

alfakurnia
Posts created 345

28 tanggapan pada “Kado Dari Bunda, Aktivitas Anak yang Seru dan Berhadiah Menarik

  1. Oh kado bunda ini permainan ya mba. Bisa nih dicoba di rumah biar anak nggak bosen ya. Ini permainannya disesuaikan dengan usia anak kan ya? Ngomong-ngomong web panduanbunda ini lengkap berarti ya mba sampai seputar kesehatan juga ada

  2. Mbak, aku langsung ikutan nyanyi jingle iklannya inzana. Hits banget dulu ya.

    Game kado dari bunda seru banget ya. Kebayang anak-anak akan betah main ini. Gampang tapi nggak bosenin. Ada koin dan hadiahnya pula. Bisa makin semangat nih Bundanya eh anaknya hehe. Penasaran pengen cobain rangkain game kado dari bunda.

  3. seru juga ya. selain asyik main ternyata jg bs kumpulin poin buat ditukar hadiah kesukaan anak. hmmm saya jd pengen buru2 buka. bangunin anak dulu deh. wkwk

  4. Menarik bangeet sepertinyaa mbak main game kado dari bunda, ada challengenya pula 😁 bisa nih aku kenalin ke ponakan hehehe biar gak bosen jugaa ya uda lama banget gak main di luar. Makasih ulasannyaa mbak, komplit sekali 😁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas