Mengembangkan Bisnis Lewat Kompetisi Wirausaha Muda Mandiri

Mengembangkan Bisnis Lewat Kompetisi Wirausaha Muda Mandiri

Akhir-akhir ini, saya terkagum-kagum dengan beberapa toko online langganan. Gimana enggak, dari yang tadinya cuma ambil barang di Tanah Abang untuk dijual lagi, sekarang mereka sudah bisa produksi sendiri dalam jumlah yang tidak sedikit. Dengan teknik pemasaran yang tepat, ribuan produk mereka biasanya terjual hanya dalam sekali waktu. Bahkan sampai ada yang bikin waiting list segala lho!

Begitu juga teman-teman saya yang tadinya berwirausaha kecil-kecilan di rumah untuk mengisi waktu luang, kini usahanya mulai membesar dan menguntungkan orang-orang di lingkungan mereka dengan membuka lapangan pekerjaan baru. Padahal mah, bisnisnya bukan sesuatu yang gimana gitu. Sederhana aja seperti bikin kue merangkap party planner, jualan bros sekaligus bikin pelatihannya, membuat mukena dan bekerja sama dengan marketplace ternama sampai produk makanan berbahan dasar tuna yang kemudian menjadi oleh-oleh khas kota tertentu.

Kalau diperhatikan, semakin banyak orang yang saya kenal yang memilih untuk berwirausaha pada 5 tahun belakangan ini. Dan itu nggak cuma ibu-ibu rumah tangga macam saya yang ingin tetap bisa berkarya dan mandiri tanpa harus meninggalkan kewajiban utama mengurus keluarga. Malah anak-anak muda (ish, berasa tua deh jadinya) yang baru lulus kuliah atau bahkan masih kuliah banyak yang mencoba peruntungan mereka sebagai entrepreneur. Menurut saya itu keren banget. Ketimbang buang-buang waktu mencari kerja kesana kemari atau keluyuran nongkrong nggak jelas.

Apalagi Indonesia sedang memerlukan banyak sekali wirausahawan baru karena salah satu syarat untuk menjadi negara maju adalah memiliki jumlah entrepreneur minimal 2% dari total populasi negara tersebut. Sedangkan menurut survei pada tahun 2013, jumlah pewirausaha di negara kita hanya 1,65% dari penduduk Indonesia.

wmm-2016

Nah, untuk mendorong penguatan kualitas dan kuantitas pengusaha muda pencipta lapangan kerja di tanah air, Bank Mandiri menggelar kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) sejak tahun 2007. Perhelatan ini telah memberikan pembinaan dan pengembangan bisnis kepada lebih dari 25.000 wirausaha muda dari seluruh Indonesia melalui kegiatan workshop, coaching, promosi dan pemasaran serta pembiayaan. Mantap ya. Pasti senang banget dong sudahlah dapat ilmu dari pelatihan, dibantu strategi promosi dan pemasarannya, masih mendapatkan bantuan modal.

Khusus untuk Wirausaha Muda Mandiri tahun ini yang mengambil tema Muda, Inovatif, Peduli, Bank Mandiri mengincar wirausaha muda di bidang pemanfaatan teknologi untuk layangan keuangan atau FinTech. Kategori ini dipilih karena banyak sekali potensi pada industri jasa finansial yang bisa digarap melalui inovasi teknologi digital seperti untuk funding, lending, payment system, penjualan pulsa, pembayaran tagihan dan sebagainya. Cocok banget untuk para wirausaha muda yang terjun ke business startup nih.

Namun, bidang usaha lain juga tetap dikompetisikan kok di WMM 2016, antara lain:

  1. Wirausaha Industri, Perdagangan dan Jasa
  2. Wirausaha Boga
  3. Wirausaha Kreatif
  4. Wirausaha Teknologi
  5. Wirausaha Sosial

Banyak lho manfaat yang bisa diperoleh kalau mengikuti program Wirausaha Muda Mandiri, beberapa di antaranya adalah:

  1. Belajar berkompetisi dalam bidang bisnis.
  2. Mendapatkan pengetahuan terkini dalam dunia bisnis dan manajemen yang sangat berguna bagi perkembangan bisnis.
  3. Pemenang program WMM 2016 khususnya pada kategori Teknologi Digital Financial Technology berkesempatan mendapatkan suntikan modal dari PT Mandiri Capital Indonesia.
  4. Memperluas jejaring bisnis karena seluruh peserta WMM 2016 berhak bergabung dalam Wirausaha Mandiri Forum (WM Forum), sebuah organisasi yang dibentuk oleh para alumni program WMM sejak tahun 2007.
  5. Hadiah puluhan juta bagi pemenang di masing-masing kategori.

img-20161125-wa0003

Nggak susah kok untuk mengikuti program ini. Proses pendaftaran Wirausaha Muda Mandiri 2016 bisa dilakukan secara online melalui website www.wirausahamandiri.co.id dengan memasukkan informasi dan data pendukung mengenai seluruh data pribadi hingga data usaha. Pendaftaran ini tidak dipungut biaya dan dimulai sejak 14 September serta akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2016. Berhubung waktunya sudah tinggal 2 minggu lagi, saya sarankan untuk mengunduh brosur dan petunjuk pengisian formulir (proposal usaha) WMM 2016 dan menyiapkan berbagai dokumen pendukungnya dari sekarang.

wmm-keik-pisang-villa-versi-4

Selamat mencoba ya. Semoga berhasil mengikuti jejak para pemenang Wirausaha Muda Mandiri seperti Elang Gumilang yang sukses sebagai developer perumahan RSS di Bogor; Denny Delyandri yang berhasil meraih omzet hingga Rp 20 milyar melalui bisnis kek pisang villa di Batam; Mery Yani dengan usaha telur asinnya di Karawang atau Nurana Indah Paramita dengan usaha pembuatan turbin pembangkit listrik tenaga arus laut yang bernama T-Files.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

24 thoughts on “Mengembangkan Bisnis Lewat Kompetisi Wirausaha Muda Mandiri

  1. Sebuah program yang bagus bagi para wirausaha muda yang ingin maju. Semoga kedepan makin banyak sektor swasta yang ambil bagian.
    Salam hangat dari Jombang

  2. Salut dengan mereka yang masih muda tapi sudah sukses. Rasanya jadi minder dengan usia sekarang tapi bisnis masih belum jalan. Semoga banyak pihak yang mengadakan lomba bisnis seperti WMM ini sehingga banyak pemuda yang mempunyai usaha dan membuka lapangan kerja. Aamiin

  3. Kalau saja saya masih muda pasti ikutan wirausaha mandiri. Sayang saya tak lagi masuk di lini itu. Tapi senang dan sangat mendukung dengan b.anyaknya wirausaha muda yang mandiri saat ini

    1. Yup. Giliran kita mendukung dari belakang dan ngajarin anak-anak untuk belajar berwirausaha sejak dini.

  4. Ini adalah wadah untuk mereka yang kreatif, inovatif dan imajinatif. Bagi yang hanya berleha-leha bakal ketinggalan, sesal dahulu pendapatan sesal kemudian tak berguna.

  5. Hal yang sederhana bisa menjadi besar melalui orang yang tepat dan cara yang tepat ya mbak… Dan keknya WMM2016 ini bisa jadi batu loncat yang tinggi nih… Ayo yang muda yang muda… Hihihi

  6. aku pengen jadi pengusaha muda juga kak, tapi sayang sekarang udah tua :p. Tapi beneran kegiatannya bagus banget jayalah anak muda indonesia. programnya keren sangat inovatif sekali hihi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top
error: Content is protected !!