5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Jam Tangan Wanita

Jam tangan wanita adalah salah satu aksesoris yang pasti menjadi bagian dari outfit kita sehari-hari. Ya nggak, Ibu-ibu? Selain fungsi utamanya sebagai penunjuk waktu, jam tangan yang serasi dengan busana juga menunjang penampilan kita.

Tapi, jujur saja saya bukan termasuk penggemar jam tangan walaupun selalu memakainya setiap hari. Nggak seperti suami yang hobi mengkoleksi jam tangan, saya justru setia dengan sedikit jam tangan wanita. Bahkan seingat saya, saya nggak pernah membeli sendiri jam tangan saya. Kalau nggak dibelikan orang tua, ngembat jam tangan mama atau dibelikan suami.

Saya ingat banget oleh-oleh pertama yang dibawakan oleh suami saat dia tugas ke luar negeri adalah jam tangan wanita merk Swatch dengan bentuk rantai seperti kerang berwarna pink muda dengan batu-batuan kecil sebagai pemanis. Itulah jam tangan wanita pertama yang saya punya hahaha. He was so thoughtful.  Dia memilih model yang cocok dengan pribadi saya yang simple, lebih suka memakai aksesoris yang manis tapi nggak mencolok dan nggak bikin kulit sensitif saya gatal. Jam tangan itu akhirnya saya pakai ke mana-mana. Ke kantor, jalan-jalan atau pesta selama bertahun-tahun sampai akhirnya dibelikan lagi yang baru yang senada dengan jam tangan dia.

Jadi selama ini saya memang menyerahkan urusan perjam tanganan ini kepada suami saya. Sampai terakhir kemarin saya ulang tahun pun kadonya jam tangan. Kecuekan saya soal jam tangan ini ternyata diikuti oleh anak sulung saya. Satu-satunya jam tangan yang dia punya adalah jam tangan digital merek Casio dengan sport band kado ulang tahun ke-8 dari temannya. Memang bagus sih, diameter jam yang kecil dan warna muka jam yang merupakan perpaduan pink dan silver terlihat manis tapi nggak norak. Nggak heran kalau jam ini dia pakai untuk segala aktivitas sampai setelah 3 tahun warna bandnya mulai kotor. Tapi tiap kali ditawarin beli jam nggak pernah mau karena merasa jamnya masih bisa dipakai. Alhamdulillah punya anak irit itu bikin mamak hepi ya hahaha.

Meski nggak pernah beli jam sendiri, saya tetap menyimpan beberapa tips memilih jam tangan wanita yang saya kumpulkan dari beberapa sumber yang bisa teman-teman praktikkan saat ingin membeli jam tangan.

Sebelum Membeli Jam Tangan Wanita, Perhatikan Beberapa Hal Ini:|

jam tangan wanita, matahari mall, tips memilih jam tangan wanita

  1. Personal Style
    Sebelum memilih jam tangan, perhatikan style berpakaian kita sehari-hari. Sporty kah, elegan kah, feminin atau girly kah? Dengan begitu akan lebih mudah memilih model jam tangan yang cocok untuk kita. Apakah classic roundmasculine squarechic rectangular atau curvy ordinary. Kalau masih bingung, kita bisa menjadikan perhiasan atau aksesoris yang sering kita pakai sebagai acuan. Karena kalau kita memilih hanya karena jam itu sedang tren atau karena modelnya lucu tapi ternyata nggak sesuai dengan style kita, kan sayang ya karena bakal jarang terpakai.
  2. Material
    Sekarang ini banyak sekali pilihan jam tangan wanita dengan material yang berbeda-beda. Ada emas kuning klasik, rose gold dan pink gold yang memberikan kesan mewah dan elegan. Ada stainless steel yang timeless dan cocok untuk segala aktivitas. Dan keramik yang modern, praktis dan tidak mudah tergores. 

    jam tangan wanita, memilih jam tangan wanita, matahari mall

    Material jam tangan wanita, ki – ka: emas, stainless steel, keramik. Sumber foto: matahari mall

     

     

  3. Diameter dan Tipe Casing
    Biasanya diameter jam tangan wanita antara 28 – 33mm. Diameter ini cocok untuk jam tangan yang kita gunakan sehari-hari atau acara khusus. Tapi banyak juga yang lebih suka jam tangan dengan diameter lebih besar. Biasanya sih ada di jam tangan sporty, smart watch dan boyfriend watch. Tinggal pilih aja mana yang kita suka.Dulu saya selalu pakai jam tangan wanita dengan diameter kecil tapi akhir-akhir ini saya lebih suka pakai yang di atas 35mm. Ternyata meski pergelangan tangan saya kecil keliatan oke kok pakai jam dengan diameter yang lebih besar asal case dan bandnya ramping sehingga nggak berkesan bulky.
  4. Straps
    Untuk strap jam tangan saya menghindari yang terbuat dari kulit meski memberikan kesan modern dan stylish karena saya alergi dengan strap kulit. Favorit saya adalah bracelet strap untuk kesan klasik dan formal dan rubber karena mudah dibersihkan, awet dan nggak mudah rusak karena parfum.
     

    jam tangan wanita, tips memilih jam tangan wanita, matahari mall

    Jenis straps, ki – ka: leather, bracelet, rubber. Sumber foto: matahari mall

     

     

  5. Brand
    Ini khusus untuk teman-teman yang sedang bingung memilih jam tangan untuk istri, teman wanita atau ibunya. Coba perhatikan merek yang paling sering mereka pakai, baik itu jam tangan, tas atau aksesoris lain. Perempuan pecinta merek Guess atau Fossil tentunya nggak bakal nolak kalau dikasih hadiah jam tangan wanita dari brand yang sama.

 

 

Agu 18, 2018
Previous Post

Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk baca ini juga