ruangbelajar by ruangguru
Parenting

Review Ruangbelajar Solusi PJJ untuk Anak dan Orang Tua

Annyeonghaseyo yeorobun.

Nggak terasa ya sudah masuk tahun ajaran baru sekolah lagi. Gimana, persiapan mendampingi anak-anak sekolah di kelas atau jenjang pendidikan yang lebih tinggi? Siap nggak siap harus dijalani dengan semangat ya, Bun. Namanya juga demi anak.

Qadarullah awal tahun ajaran 2021 – 2022 ini harus dilakukan secara daring lagi, ya. Secara kasus Covid-19 semakin naik tiap harinya dan belum ada tanda-tanda membaik, solusi terbaik memang belajar dari rumah.

mendampingi anak belajar daring
MPLS kelas 9

Namun, nggak dipungkiri banyak anak dan orangtua yang mengalami kesulitan dalam menjalani pembelajaran jarak jauh. Meski memang setelah dijalani selama 1,5 tahun rasanya ya sedikit lebih mudah daripada saat pertama pandemi awal tahun 2020 kemarin.

Maklum, nggak semua anak bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh. Seperti anak-anak saya contohnya. Baik si sulung maupun si bungsu mengalami kesulitan konsentrasi saat harus belajar daring. Nggak jarang saya memergoki si sulung diam-diam menonton YouTube saat mengikuti kelas online. Sedangkan si bungsu malah asik bermain ketika gurunya menerangkan.

Baca Juga: Keenan, Speech Delay dan Sekolah di Usia Dini

Akibatnya saya pun harus membantu mereka mengulangi pelajaran yang sudah diberikan dan memastikan mereka mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Tentu ini bukan hal yang mudah terutama saat harus mendampingi si sulung. Pelajaran kelas 8 yang diterima anak saya sedikit berbeda dengan yang saya pelajari saat duduk di bangku kelas 2 SMP.

Awalnya saya sempat mendatangkan guru dari sekolah si sulung ke rumah untuk mendampingi dia mengulang mata pelajaran sulit seperti Matematika dan IPA. Tapi di kelas 9 ini saya ingin mencoba untuk mendaftarkan si kakak ke bimbel online. Dan tentunya pilihan saya jatuh ke ruangbelajar by ruangguru.

RuangBelajar Solusi PJJ

Saya mengenal ruangguru sejak si sulung kelas 5 SD. Saat itu saya membutuhkan bimbel dengan kurikulum nasional untuk mempersiapkan dia pindah ke Indonesia. Secara waktu itu kami memang berencana memasukkan anak-anak ke swasta nasional. Fitur-fitur dari ruangguru, antara lain latihan soal dan video-video pembelajaran, bermanfaat sekali dalam memperkenalkan dia dengan materi-materi yang diajarkan di sekolah Indonesia.

Baca Juga: Pindah Sekolah dari Luar Negeri, Ini Prosedurnya

Ketika awal diterapkan belajar di rumah, ruangguru lagi-lagi menjadi solusi membantu anak PJJ. Bahkan mungkin menjadi bimbel online pertama yang hadir menjawab kebutuhan orangtua. Inget banget di awal pandemi ruangguru membuka banyak akses pelajaran yang bisa dinikmati secara gratis oleh anak. Sehingga orangtua yang bingung dan kesulitan mendampingi putra-putrinya belajar bisa memanfaatkan materi-materi dari ruangguru.

Nah, saat si sulung naik ke kelas 9, saya memutuskan untuk kembali lagi ikut bimbel di ruangbelajar by ruangguru. Karena jujur aja saya sudah nggak paham dengan materi yang diberikan, padahal dia harus mempersiapkan diri untuk Ujian Nasional kan.

ruangbelajar by ruangguru

Saya pilih ruangbelajar sebagai solusi PJJ karena berbagai kelebihannya, yaitu:

Fitur Unggulan Ruangbelajar by Ruangguru

Ruangguru PET

Punya teman untuk belajar online pasti menyenangkan ya, apalagi kalau karakter teman ini lucu dan menggemaskan. Hehehe ‘teman’ yang saya maksud ini dalam bentuk fitur gamification berupa karakter imut giant dragon, bird of paradise dan diamond tiger. Anak bisa memilih salah satu dari karakter ini lantas menetaskan dan membesarkannya dengan melakukan misi-misi tertentu. Misalnya dengan belajar 15 menit selama 4 hari berturut-turut di aplikasi ruangbelajar.

ruangbelajar sebagai solusi PJJ

Kalau anak berhasil menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan. Mirip dengan main game online. Dengan adanya misi ini anak jadi termotivasi untuk belajar. Dan belajar pun jadi terasa lebih menyenangkan.

Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Pengguna ruangbelajar bisa membuat jadwal belajarnya sendiri. Orangtua dan anak bisa memilih belajar apa aja dalam satu minggu atau diaturkan oleh sistem. Buat saya ini membantu banget supaya anak nggak bingung mau belajar apa.

Sejak bulan Juli, fitur jadwal belajar diupdate menjadi playlist belajar. Fitur ini memberikan rencana pembelajaran atau rekomendasi playlist video atau konten kepada anak sesuai dengan kebutuhan mereka atau agenda di sekolah. Fitur ini juga berguna untuk membuat anak lebih disiplin dalam belajar, lho.

Subtitle Video atau Transkrip

Fitur ini juga baru diluncurkan nih. Cocok banget buat si tipe pembelajar visual yang sulit berkonsentrasi hanya dengan mendengarkan suara atau melihat video. Dengan adanya transkrip ini, anak bisa dapat melihat konten secara mendetail selama menonton video. Sehingga dipastikan mereka bisa memahami dan tidak melewatkan poin penting.

Buat saya fitur ini yang meyakinkan memilih ruangbelajar sebagai solusi PJJ. Karena dengan adanya subtitle video atau transkrip anak-anak saya yang susah memahami hanya dari menonton guru menjelaskan jadi lebih paham apa yang diajarkan dengan membaca subtitlenya.

Baca Juga: 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mendaftarkan Anak ke Sekolah di Usia Dini

Adapto

Ini adalah fitur baru untuk siswa SMP dan SMA. ADAPTO merupakan fitur video belajar adaptif, di mana jalan atau alur video disesuaikan dengan pemahaman anak. Jadi misalnya ketika guru selesai menjelaskan sesuatu, akan ada pilihan apakah anak sudah paham dengan penjelasan tersebut. Kalau sudah, guru akan melanjutkan ke bahasan selanjutnya. Kalau belum guru akan mengulang penjelasannya.

Dengan fitur ini, anak jadi punya pengalaman belajar interaktif dan seperti punya guru privat sendiri. Selain itu anak juga bisa memilih cara penjelasan materi yang dibawakan guru, apakah dijelaskan secara cepat atau mendetil.

Tes Minat Bakat

Anak kelas 9 kan sudah mulai bersiap untuk penjurusan di SMA kan, ya. Jadi ada baiknya sebagai orangtua kita mengetahui minat dan bakat mereka supaya nanti ditempatkan di jurusan yang tepat. Sehingga nggak ada lagi tuh ceritanya anak yang berbakat dan lebih suka belajar ilmu sosial dipaksa belajar ilmu eksakta kaya zaman saya dulu.

Nah, ruangbelajar by ruangguru menyediakan fitur tes minat bakat ini yang berupa tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC. Tes ini bertujuan membantu memperkirakan karir yang sesuai dengan diri anak. Tes minat bakat mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial dan induktif serta reasoning. Sehingga hasilnya dapat merekomendasikan siswa pada jurusan-jurusan sesuai bakat anak yang ditunjang oleh bakat yang mereka miliki.

Selain kelima fitur terbaru dari ruangbelajar by ruangguru ini, ada lagi beberapa hal yang membuat ruangbelajar sebagai solusi PJJ terbaik bagi orangtua dan anak, yaitu:
  1. Bank Soal
    Ruangbelajar selain dilengkapi video-video pembelajaran juga memiliki fitur-fitur latihan seperti bank soal, latihan bab, cek kemampuan dan kuis. Ini berguna banget untuk memastikan apakah anak sudah paham betul materi yang mereka pelajari.
  2. Laporan Belajar
    Buat anak besar yang sudah nggak mau didampingi saat belajar seperti anak sulung saya, saya bisa tetap memantau perkembangan belajarnya dengan mudah. Cukup dengan mengetik “Rapor Anak” ke Whatsapp Ruangguru di 081578200000, kita bisa mendapatkan laporan belajar anak secara komprehensif.
  3. Biaya Terjangkau
    Beberapa fitur di ruangbelajar memang bisa diakses secara gratis. Video-video pembelajaran pun ada yang bisa ditonton di YouTube channel Ruangguru. Tapi dengan berlangganan, anak bisa mendapatkan puluhan ribu video belajar beranimasi, latihan soal, rangkuman infografis dan materi-materi yang bisa diunduh dan diakses secara offline. Biaya berlangganan ini juga cukup terjangkau, bisa dibayar bulanan, per semester, tahunan sampai 2 tahun.
  4. Diampu oleh Master Teacher
    Bukan hanya guru terbaik, ruangbelajar by ruangguru bahkan menghadirkan master teacher untuk para siswanya. Apa sih master teacher itu? Master teacher adalah pendidik yang ingin terus unggul di bidangnya, selalu ingin memberikan pendidikan terbaik bagi siswa serta selalu bersikap positif dan fleksibel.
  5. Bisa diakses di PC atau laptop dan smartphone
    Ruangbelajar by ruangguru sekarang bisa diakses juga di PC atau laptop. Jadi anak bisa belajar di layar yang lebih lebar. Hanya saja memang fiturnya masih lebih nyaman dan lengkap kalau diakses lewat smartphone. Tapi nggak papa sih, yang penting materi seperti video dan bank soal bisa diakses dengan baik di versi PC.

Kesimpulan

Mendampingi anak menjalani PJJ memang bukan hal mudah. Tapi bukan berarti kita harus pasrah gitu aja, kan. Memberikan fasilitas bimbingan belajar online bisa membantu orangtua dan anak lebih nyaman dalam PJJ. Ruangbelajar sebagai solusi PJJ memberikan berbagai fitur yang bertujuan membuat cara belajar anak lebih menyenangkan dan mudah dipahami dengan harga terjangkau.

Semoga review ruangbelajar by ruangguru ini bermanfaat bagi semua yang sedang mencari bimbel online terbaik. Selamat menjalani tahun ajaran 2021 – 2022. Sukses untuk semua dan sehat selalu yaa.

Author

alfa.kurnia@ymail.com
Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

Comments

Era Sapamama
Jul 25, 2021 at 3:29 PM

PJJ itu sarana belajar ngga hanya untuk anak tapi juga orangtua ya mam… Untungnya ada Ruanag Belajaar by RuangGuru ya. Bisa membantu kita agar proses belajar anak bisa berjalan lebih optimal.



Jul 25, 2021 at 8:54 PM

Mba Alfa sehat sehaaatt ya mbaaa
wis, pokoke sekarang tuh :hidup dan bernyawa, sehat jiwa raga udah Alhamdulillah banget!

Btw, ruangbelajar memang TOP markotop
banyak juga teman2 aku yg rekomen ini



Jul 26, 2021 at 12:40 PM

Waktu terima rapor semester lalu, gurunya Amay bilang, kerena pembelajaran jarak jauh ini materi yang bisa disampaikan hanya 30% dari keseluruhan. Jadi banyak yang ke-skip. Untuk matematika terutama, banyak konsep yang dia belum bisa paham di kelas 4. Rasanya memang penting untuk memberikan tambahan belajar dari pengajar profesional. Tapiii, pilihan untuk mendatangkan guru les juga bukan pilihan tepat kan, karena kita ngga pernah tau bagaimana kondisi kesehatan guru les dari luar ini. Dan kalau lihat aplikasi ruangguru, belajar via ruangbelajar tampaknya cukup seru. Terutama karena ada PET Mission yang bisa bikin waktu belajar jadi seperti main game.



Jul 27, 2021 at 3:41 PM

dulu aku aneh sekali melihat ada bimbel online. kayanya bimbel itu identik denga kehadiran langsung. Siapa sangka kini malah semua bimbel diadakan online, nah ruangguru ini menjadi salahsatu pionir bimbel online. insyaallah bisa jadi solusi untuk belajar anak dan ortu ya



Jul 27, 2021 at 4:15 PM

Di yang lain belum tentu diberikan berbagai kelebihan seperti di Ruanguru ya. Maka pantas nih bimbingan belajar ini jadi favorit. Apalagi ad diskon besar besaran di tahun ajaran baru sekarang



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.