Review P2P Lending Akseleran, Mengembangkan Dana dari Pinjaman ke UMKM

Review P2P Lending Akseleran, Mengembangkan Dana dari Pinjaman ke UMKM

Beberapa tahun belakangan ini sepertinya literasi keuangan masyarakat Indonesia semakin tinggi. Dengan banyaknya financial planner yang membagikan ilmu di media sosial, orang-orang jadi tertarik untuk mengatur pendapatan mereka dalam pos-pos keuangan yang dapat menguntungkan di masa depan. Salah satunya adalah dengan P2P Lending.

Mungkin istilah P2P Lending belum sefamiliar reksadana, saham atau bitcoin, ya. Tapi ternyata banyak juga yang sudah mencobanya termasuk saya. Dan saya ingin berbagi pengalaman mengembangkan dana menggunakan Akseleran, sebuah platform peer-to-peer lending.

Kalau teman-teman juga mau memberikan pinjaman UMKM lewat Akseleran, bisa pakai kode referral AKSLALFA372827. Dengan pakai kode ini teman-teman bisa mendapatkan saldo gratis Rp 100,000 untuk mulai mendanai UMKM, lho.

P2P Lending Akseleran

Nah, apa itu peer-to-peer lending? P2P Lending adalah metode memberikan pinjaman uang kepada individu atau bisnis yang memerlukan dan mengajukan pinjaman untuk kepentingan individu atau bisnisnya. Akseleran adalah peer-to-peer lending platform yang mempertemukan para pemilik usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang membutuhkan pinjaman dengan kumpulan pemberi dana.

akseleran p2p lending

Platform fintech ini berdiri dengan nama perusahaan PT. Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia pada 2 Oktober 2017. Dan sejak 13 Desember 2019 resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor keputusan KEP -122/D.05/2019.

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, Akseleran menjadi wadah pertemuan antara pemberi pinjaman (lender) dan pemilik UMKM yang membutuhkan pinjaman. Jadi, bukan untuk pinjaman pribadi, ya.

Kenapa UMKM? Karena UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia.

Berdasarkan situs Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta. UMKM berkontribusi cukup besar terhadap perekonomian kita, lho. Di antaranya adalah menyumbang PDB (produk domestik bruto yang merupakan ukuran pendapatan dan pengeluaran sebuah ekonomi) sebesar 61,07%. UMKM juga menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta menghimpun sampai 60,4% total investasi di Indonesia.

Tapi, mengembangkan UMKM tentu ada tantangannya, salah satunya adalah modal usaha. Untuk itu tidak jarang pengusaha mikro, kecil dan menengah membutuhkan pinjaman UMKM. Apalagi saat pandemi seperti sekarang. Pasti sudah sering dengar, kan, kalau banyak UMKM yang terdampak. Nah, di sinilah kita bisa mengambil peran untuk membantu UMKM dengan cara memberi pendanaan melalui Akseleran.

Baca Juga: Financial Planning untuk Keluarga

Kenapa Akseleran?

Platform fintech lending memang bukan hanya satu di Indonesia ini. Tapi, saya memilih P2P Lending Akseleran karena kelebihannya sebagai berikut:

1. Mudah dan Praktis

Sebagai ibu rumah tangga yang kurang paham soal teknologi keuangan tapi pengen mengembangkan dana keluarga, fintech yang user friendly dan mudah dipahami seperti Akseleran pasti jadi pilihan. Mulai dari proses pendaftaran sampai proses pemberian pinjaman UMKM dan pencairan dana setelah pinjaman tersebut dibayar oleh peminjam bisa dilakukan dengan mudah.

2. Pendanaan Bisa Mulai dari Rp 100.000,00

Nggak harus punya modal banyak untuk mulai jadi lender. Cukup dengan menyediakan saldo awal Rp 100.0000, kita bisa memberi pinjaman UMKM melalui Akseleran. Bahkan jika mendaftar dengan memasukkan kode referral AKSLALFA372827, teman-teman dapat memperoleh saldo gratis sebesar Rp 100.000.

3. Bunga Kompetitif

Akseleran memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dari bunga tabungan dan deposito, yaitu sampai 16% per tahun. Tiap peluang pendanaan memiliki suku bunga yang berbeda, ya. Tergantung pada profil risiko pinjaman dan hasil analisis kelayakan yang dilakukan oleh Tim Akseleran.

Baca Juga: Review Aplikasi blu by BCA Digital yang Inovatif untuk Milenial

4. Pilihan Pendanaan yang Beragam

pinjaman umkm

Di Akseleran kita bisa memilih kategori UMKM yang ingin kita danai. Pilihannya pun beragam, mulai dari real estate sampai usaha konstruksi pun ada. Kita pun dapat memilah berdasarkan jangka waktu (tenor) pinjaman.

5. Nilai TKB90 Akseleran

Nilai TKB90 adalah tingkat keberhasilan penyelenggara P2P Lending seperti Akseleran dalam memfasilitasi penyelesaian kewajiban pinjam meminjam dalam jangka waktu sampai 90 hari terhitung sejak jatuh tempo. Kalau TKB90 tinggi, berarti tingkat kredit bermasalah (non performing loan, NPL) rendah. Saat review ini saya tulis, TKB90 Akseleran berada di angka 99,42%. Ini membuktikan keseriusan Akseleran dalam memproteksi lendernya.

Dalam setiap usaha pengembangan dana pasti ada risikonya, tak terkecuali dengan P2P Lending. Hal ini bisa diminimalisir dengan melakukan diversifikasi pinjaman UMKM. Jadi jangan taruh semua dana kita pada satu jenis usaha saja, letakkan pada beberapa peluang pendanaan yang menarik minat kita.

nilai tkb90 dan protesi asuransi
Nilai TKB90 Akseleran dan Proteksi Asuransi 99% dari dana pokok tertunggak

6. Proteksi Asuransi 

Salah satu hal yang paling dikhawatirkan Lender adalah risiko Gagal Bayar atau Non-Performing Loan (NPL). Karena itu Akseleran Per September 2021  meningkatkan cakupan Proteksi Asuransi dari semula hanya 90% dari pokok pinjaman tertunggak, menjadi melindungi 99% dari pokok pinjaman tertunggak. Artinya, misal kamu melakukan pendanaan Rp 5juta dan ternyata kreditnya macet, dengan proteksi ini kita sebagai pemberi pinjaman tetap akan mendapatkan 99% dari nilai uang yang kita pinjamkan.

Kesimpulan

Saya sudah mengenal Akseleran sejak setahun yang lalu. Dan sudah pernah melakukan pendanaan pada sebuah pinjaman. Tentu saja jumlahnya tidak besar ya secara tabungan ibu rumah tangga ya nggak banyak hehehe.

Tapi berdasarkan pengalaman saya, proses pemberian pinjaman melalui Akseleran sangat mudah. Begitu juga setelah jatuh tempo alhamdulillah dana saya kembali utuh plus bunga.

Kalau teman-teman ingin mencoba mengembangkan dana melalui P2P Lending Akseleran, bisa langsung registrasi di https://www.akseleran.co.id/ atau unduh aplikasinya lewat AppStore untuk iOS atau PlayStore untuk Android. Cara registrasinya bisa dibaca di sini. Jangan lupa pakai kode referral AKSLALFA372827 untuk mendapatkan saldo gratis Rp 100.000.

kode referral akseleran

Semoga review P2P Lending Akseleran ini bermanfaat untuk teman-teman yang ingin mengetahui dan mencoba mengembangkan dana lewat peer-to-peer lending. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau punya pengalaman menggunakan Akseleran silakan tulis di kolom komentar, ya.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

19 thoughts on “Review P2P Lending Akseleran, Mengembangkan Dana dari Pinjaman ke UMKM

  1. Beneran menarik peluang pengembangan dana di P2P Akseleran ini. Noted, jangan taruh semua dana kita pada satu jenis usaha saja, untuk meminimalisir risikonya
    Yakni dengan melakukan diversifikasi pinjaman UMKM.

    1. Aku juga sukak sama kontennya para finansial planner. Jadi kayak tertohok gitu. Aku selama ini ga bisa manage dengan rapih… Tapi bismillah pelan-pelan berbenah.. semoga Allah mudahkan

  2. Tadinya saya belum terlalu paham konsep P2P Lending ini, pas awal baca di artikel manaa gitu kesannya kok kayak nggak terpercaya gitu tapi ternyata tetap ada proteksi, asuransi dll yang menjamin lendernya ya. I see..

  3. Saya kurang mengerti mengenai P2P ini, tapi dari penjelasan Mbak Alfa di atas. Intinya kita kaya jadi investor kecil2an ya. Bagus banget nih bagi orang yang mau coba mulai investasi, bisa sekalian bantu UMKM juga.

  4. Sama Mbak Alfa, saya pun sejak tahun lalu sudah ikut jadi lender di Akseleran ini. Kalau ada dana lebih pengen meningkatkan jumlah saldonya. Apalagi bisa membantu para UMKM yang saat pandemi banyak kena dampak ya

  5. Akseleran ini bisa ngasih pinjaman buat UMKM ya Mba untuk mengembangkan bisnisnya. Semoga saja pelaku UMKM banyak yang terbantu masalah modal atau pengembangan bisnisnya

  6. Pelaku UMKM harus tahu informasi ini ni, lumayan kan untuk mengembangkan usahanya ini dengan bantuan dari Akseleran.

    Karena tidak dipungkiri dana adalah salah satu modal untuk berkembang bagi UMKM meskipun bukan modal utama, tapi tetap saja penting

  7. Wahh bagus nih ya mba untuk pertumbuhan UMKM di Indonesia ke depannya. Karena emang mau usaha biasanya orang2 terkendala di modal. Kalau banyak bantuan dengan bunga rendah pasti sangat membantu mereka

  8. Sebagai UMKM zaman digital memang kudu jeli melihat prospek dan masa depan. Dana pengembangan dipertimbangkan secara masak-masak dan P2P Lending Akseleran siap membantu.

  9. Akseleran ini keren banget ya mbak, apalagi Untuk saat Seperti ini Dibutuhkan banget buat banyak orang, pun Ketika mau invest disana nominalnya juga terjangkau banget. Keren deh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top