6 Manfaat Minum Jus Seledri Tiap Hari

Manfaat Minum Jus Seledri

Daun seledri umumnya dikenal ibu-ibu sebagai penyedap rasa masakan, sup biasanya ya. Tapi, sejak tinggal di Brunei, saya melihat cara lain mengonsumsi seledri. Biasanya nih, anak-anak bule suka bawa bekal sekolah batang seledri yang dicocol dengan salad dressing atau keju dan dimakan sebagai camilan. Dan setelah saya coba ya cukup enak juga. Ternyata seledri ini bisa dimakan dengan berbagai cara dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Termasuk diolah menjadi jus. Ada yang pernah mencoba?

Nah, saya baru tahu kalau jus daun seledri ini sekarang sedang menjadi tren sebagai makanan diet karena memiliki kandungan serat serta kalori rendah yang bisa mengembalikan bentuk ideal tubuh. Tidak cuma itu, ternyata ada beragam manfaat minum jus seledri setiap hari lainnya yang bisa kita rasakan.

cekaja.com, manfaat minum jus seledri

Bukan hanya kaya serat dan rendah kalori, seledri juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Mau tahu apa saja manfaat lainnya yang bisa kita rasakan jika minum jus seledri setiap hari? Yuk intip ulasannya:

6 Manfaat Minum Jus Seledri Tiap Hari

1. Menurunkan Berat Badan

Karena mengandung kalori yang rendah, daun seledri bisa kita konsumsi setiap hari tanpa harus menghitung jumlah kalori hariannya. Seledri juga bisa membuat perut terasa lebih cepat kenyang dan tenang. Sehingga, sayuran ini sangat cocok untuk kita yang sedang diet atau setidaknya berusaha untuk diet, seperti saya.

2. Melancarkan Pencernaan

Tidak hanya untuk menurunkan berat badan, seledri juga sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan kita, lho. Kandungan serat yang bagus dalam seledri, bisa melancarkan pencernaan. Tahu kan kalau tubuh kurang mendapatkan asupan serat, maka pencernaan kita bisa melambat, akibatnya kita bisa mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit atau sindrom iritasi usus.

Kandungan serat dalam seledri terdiri dari dua jenis yakni serat larut dan tidak larut. Kedua serat tersebut tidak dicerna langsung oleh tubuh. Serat larut akan membentuk zat berupa gel penambah kotoran ke feses dan bisa membantu feses lebih mudah dikeluarkan.

Sedangkan serat yang tidak larut akan memberi makan bakteri baik sehingga usus dapat mencerna makanan dengan baik. Kandungan phytochemical dalam seledri juga berfungsi membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh.

3. Turunkan kolestrol

Seperti yang kita tahu, tubuh yang memiliki kolesterol tinggi bisa berisiko terserang berbagai penyakit mematikan. Nah, kolesterol jahat yang bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia ini, juga bisa diturunkan dengan mengonsumsi jus seledri secara rutin setiap hari. Bahkan menurut para ilmuwan, jika kita makan empat tangkai seledri per hari dapat mengurangi kolesterol buruk.

Manfaat Jus Seledri

4. Mengurangi Peradangan

Manfaat selanjutnya dari sayur hijau ini adalah untuk mengurangi peradangan atau pembengkakan. Memiliki setidaknya 12 jenis antioksidan, seledri dipercaya ampuh kurangi peradangan dan rasa sakit. Jadi kalau kita punya riwayat nyeri sendi, seledri bisa menjadi salah satu solusi nih.

Tidak hanya radang sendi, seledri juga bagus untuk meningkatkan fungsi organ tubuh dan menjaga kesehatan kulit agar terlihat muda.

5. Mencegah atau Mengobati Batu Ginjal

Karena mengandung banyak air, seledri juga ternyata bisa mencegah dan mengobati penyakit batu ginjal. Kita bisa konsumsi seledri atau minum jus seledri setiap hari untuk mencegah dehidrasi dan membuat tubuh menjadi lebih mudah mengeluarkan kelebihan kalsium yang menjadi sebab utama batu ginjal. Tapi, tetap minum air putih yang banyak juga ya untuk mengeluarkan sisa-sisa hasil pencernaan melalui keringat, urin dan kotoran.

6. Obat jerawat paling manjur

Tidak hanya untuk kesehatan, celery juice juga bermanfaat menjaga kecantikan kulit dengan mengurangi tumbuhnya jerawat. Seledri biasanya diandalkan dalam menjaga fluktuasi hormon yang kerap memicu timbulnya jerawat.

Seledri juga mengandung anti-inflamasi yang berfungsi mengurangi masalah kram perut, lho. Jadi teman-teman Pojok Mungil yang sering mengalami kram perut saat menstruasi bisa nih coba mengonsumsi jus seledri selama beberapa hari menjelang haid.

Itulah beberapa beragam manfaat yang dapat kita peroleh dengan minum jus seledri setiap hari. Bahkan, minum jus seledri saat ini dijadikan ajang “challenge” yang cukup viral di media sosial. Saya sih belum bisa konsisten ya minum jus seledri setiap hari.

Tapi jika teman-teman mau ikut coba tantangan unik dan menyehatkan yang satu ini atau penasaran ingin mencoba rasa jus seledri, langsung aja cek resep jus seledri yang nggak kalah segarnya dengan jus sayur lainnya di: https://www.cekaja.com/info/tantangan-minum-jus-seledri-berani-coba/

Rutin Minum Air Hangat? Ini Manfaat yang Akan Kita Dapatkan

Minum Air Hangat

Apakah teman-teman pembaca Pojok Mungil rutin meminum air hangat? Jika iya, maka teman-teman telah berhasil menerapkan pola hidup sehat ala penduduk China dan India kuno. Pasalnya, para tabib zaman dahulu percaya bahwa ada begitu banyak manfaat minum air hangat setiap kali bangun tidur. Bahkan mereka menganjurkan seluruh pasiennya untuk meminum segelas air putih hangat tiap kali bangun tidur.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, setidaknya ada 5 manfaat minum air hangat bagi tubuh. Berikut ulasan lengkapnya:

Manfaat Minum Air Hangat

1.      Mengurangi Rasa Sakit Saat Menstruasi 

Sebagian wanita di seluruh dunia sering merasakan sakit saat menstruasi datang. Sakit yang dirasa ini juga beragam. Ada yang merasakan kram perut, ngilu di kedua kakinya, pinggul pegal-pegal hingga nyeri seluruh badan terutama bagian payudara. Maka dari itu para ahli menganjurkan untuk minum air putih hangat saat mengalami nyeri menstruasi.

Air putih hangat ini dinilai efektif menenangkan otot-otot perut yang kejang lho, sehingga dapat mengurangi kram saat menstruasi. Kita bisa meminum air putih hangat tersebut ataupun mengoleskan botol berisi air hangat di bagian perut. Rasa hangat dari botol itu berfungi untuk menenangkan bagian perut hingga tubuh bagian bawah agar tak terasa ngilu dan sakit.

2.      Melancarkan Pencernaan 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa manfaat minum air putih hangat ialah untuk melancarkan saluran pencernaan. Minum air hangat sebelum dan sesudah makan diyakini mampu mengeliminasi sampah yang ada di perut dan usus. Organ pencernaan yang terhidrasi dan terlumasi dengan mengalirnya air hangat itu dapat melegakan dan memperlancar masuknya makanan ke dalam tubuh.

minum air hangat

3.      Meredakan Stres 

Tahukah teman-teman, salah satu manfaat minum air putih hangat adalah meredakan stress secara perlahan? Hormon kortisol penyebab stres akan perlahan menurun saat kita mengonsumsi segelas air putih hangat. Jadi tidak ada salahnya untuk minum segelas air putih hangat saat kita merasa pekerjaan rumah tangga sehari-hari terlalu melelahkan dan menyita pikiran.  Karena biasanya selain urusan anak dan suami, pekerjaan rumahlah yang bisa membuat ibu rumah tangga stres. Ya, setidaknya itulah yang saya alami. Kalau teman-teman biasanya stres karena apa?

4.      Menurunkan Berat Badan 

Salah satu manfaat meminum air putih hangat yang paling ampuh efeknya adalah untuk menurunkan berat badan. Metode diet dengan air putih hangat merupakan solusi yang paling sederhana dan cukup efektif. Menurut beberapa ahli, dengan mengonsumsi air hangat di pagi hari dan sebelum ataupun sesudah makan dapat mempercepat penurunan berat badan. Karena air hangat ini efektif bekerja untuk melancarkan pencernaan dan mengeliminasi sampah yang mengalir di perut dan usus.

Tapi perlu diingat ya, bahwa air putih hangat yang boleh dikonsumsi itu tidak lebih dari 50 derajat Celcius. Kita juga tetap harus makan makanan yang bergizi dan berolahraga secara teratur, agar diet berhasil serta tubuh kita bugar dan sehat.

5.      Meringankan Gejala Akalasia

Dikutip dari alodokter.com, air putih hangat disebut mampu mengatasi akalasia. Akalasia merupakan kondisi dimana kerongkongan mengalami kesulitan untuk mendorong makanan masuk kedalam lambung. Jenis penyakit ini terbilang langka dan kebanyakan yang mengalaminya berusia paruh baya. Gejala umum yang tampak dari penyakit akalasia adalah kesulitan menelan makanan, sehingga merasa bahwa makanan itu terjebak didalam kerongkongan.

Gejala lainnya yaitu seperti dada terasa sangat nyeri terutama setelah makan, muntah, hingga penurunan berat badan tanpa alasan jelas. Nah salah satu solusi untuk meringankan gejala akalasia adalah dengan mengonsumsi air putih hangat. Karena air putih hangat sangat diyakini mampu membantu orang-orang yang mengidap penyakit tersebut untuk mencerna makanan dengan lebih mudah dan nyaman.

Itu tadi beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan saat rutin mengonsumsi air putih hangat. Jadi kalau ingin hidup sehat, tidak ada salahnya untuk minum air putih hangat saat bangun tidur ataupun saat sebelum dan sesudah makan. InsyaAllah, khasiat baiknya akan segera kita rasakan.

Untuk tips kesehatan lainnya, langsung aja ya, ke laman situs https://www.cekaja.com/info/rutin-minum-air-hangat-manjur-buat-diet-sampai-mengusir-stres/.

Selamat menerapkan hidup sehat!

 

Mendapatkan SIM Brunei Nggak Susah, Kok.

Angkutan Umum di Brunei

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan teman-teman tentang Brunei adalah moda transportasi publiknya. Angkutan umum di Brunei nggak seperti sebagian besar kota di Indonesia yang memiliki aneka jenis dan rute. Bahkan baru-baru ini pemerintah Indonesia meresmikan MRT sebagai moda transportasi umum termutakhir yang diharapkan mampu mengurangi kemacetan di ibukota Jakarta.

Angkutan umum di Brunei terbatas jenisnya, hanya berupa bus besar dan kecil dengan rute yang nggak banyak. Misalnya ya bus laluan wilayah Belait yang pernah kami naiki beberapa waktu lalu. Atau bus antar distrik seperti rute Seria – Bandar Seri Begawan.

bus laluan belait, pojokmungil, brunei darussalam
angkutan umum di stasiun bus Seria

Sehingga kendaraan pribadi menjadi sangat penting dimiliki untuk bepergian di Brunei. Apalagi untuk keluarga yang memiliki anak usia sekolah. Kalau nggak ada mobil (= kereta dalam bahasa Melayu) ya susah mau anter jemput anak sekolah. Ikut mobil jemputan sekolah pun kurang praktis karena biasanya setelah sekolah pagi, anak-anak muslim di sini harus pergi ke Sekolah Ugama untuk mendalami agama Islam. Tapi bukan berarti nggak ada mobil jemputan sekolah, ada kok cuma nggak banyak. Beberapa teman sesama orang Indonesia juga ada yang memanfaatkan jasa mobil jemputan sekolah ini. Biasanya sih yang belum punya lesen memandu/driving license/SIM Brunei.

Mendapatkan Lesen Memandu di Brunei

Saya sendiri dulu baru punya SIM Brunei setelah 2 tahun tinggal di Brunei dan selama itu nyetir kemana-mana di Brunei hanya berbekal SIM Indonesia hahaha. Jangan ditiru ya. Alhamdulillah belum pernah kena tilang meski sering sekali melewati road block atau razia kendaraan bermotor. Tapi sekarang sudah mulai ketat ya razianya jadi sebaiknya kalau pindah ke Brunei sesegera mungkin mengurus lesen memandu Brunei, karena SIM Indonesia hanya berlaku di Brunei 3 bulan saja.

Setelah kita punya smart IC atau kartu identitas penduduk Brunei maka wajib hukumnya punya SIM setempat kalau ingin memandu kendaraan bermotor di Brunei Darussalam. Bahkan kalau kita memiliki SIM Internasional yang dibuat di Indonesia pun tetap harus punya driving license Brunei.

Menurut saya sih, nggak susah kok mengurus SIM Brunei ini, apalagi kalau sudah punya SIM Indonesia. Tapi kalau belum punya harus ikut sekolah mengemudi dulu di sini baru setelah itu bisa mengurus lesen memandu. Konon biaya sekolah mengemudi di Brunei ini cukup mahal, kabar yang saya dengar mencapai B$200 atau setara dengan Rp 2.000.000.

Nah, kalau sudah punya SIM Indonesia cukup sederhana kok mengurus SIM Brunei, yang nggak mudah itu kalau pakai tes hehehe. Tapi nggak semua melalui tes mengemudi sih, seperti saya misalnya. Mungkin karena saat itu saya ke Jabatan Pengangkutan Darat sambil bawa Keenan yang masih bayi. Atau karena mereka merasa bersalah karena sempat menghilangkan berkas pendaftaran SIM saya sehingga saya nggak disuruh menjalani tes mengemudi.

Cara Mengurus Lesen Memandu Brunei bagi pemilik SIM Indonesia:

  1. Ke KBRI untuk minta endorsement SIM Indonesia dengan biaya B$25. Biasanya selesai dalam 1-2 hari kerja.

    SIM Brunei, JPD Kuala Belait
    Jabatan Pengangkutan Darat Kuala Belait
  2. Datang ke Jabatan Pengangkutan Darat atau Land Transport Department terdekat untuk mengambil borang atau formulir pendaftaran lesen memandu atau SIM Brunei.
  3. Isi borang dan lengkapi dokumen yang diminta yaitu:
    1. Surat Keterangan atau endorsement dari KBRI.
    2. Fotokopi SIM Indonesia tampak depan dan belakang.
    3. Fotokopi paspor halaman data diri dan halaman visa atau dependant pass.
    4. Fotokopi IC.
    5. Untuk pekerja asing seperti suami saya biasanya diminta surat keterangan dari kantor.
    6. Untuk pemegang dependant pass seperti saya biasanya diminta menyertakan surat keterangan dari kantor suami.
  4. Menyerahkan borang dan dokumen ke JPD untuk diperiksa dan jika lengkap akan diminta menemui pegawai JPD untuk diwawancarai.
  5. Pegawai JPD akan menentukan apakah perlu tes mengemudi atau tidak.
  6. Kalau perlu tes mengemudi akan dibuat jadwal tes dan mengikuti instruksi selanjutnya. Kalau tidak lulus tes akan diminta untuk tes ulang beberapa waktu kemudian.
  7. Kalau nggak pakai tes mengemudi, berkas dikembalikan ke kita untuk diserahkan ke kaunter.
  8. Bayar $10 untuk pertukaran (endors) lesen luar negeri.
  9. Foto dan rekam data diri.
  10. SIM Brunei bisa diambil sesuai dengan instruksi pegawai JPD. Sementara itu kita akan diberi slip yang berfungsi sebagai SIM sementara.

Lesen memandu atau driving license atau SIM Brunei ini memiliki beberapa masa berlaku. Ada yang 1 tahun dengan bayaran $10, 3 tahun = $30, 5 tahun = $50 dan 10 tahun = $100. Namun bagi yang pertama kali mengurus SIM Brunei cuma bisa memilih masa berlaku 1 atau 3 tahun. Setelah habis masa berlaku bisa deh membuat SIM baru dengan masa berlaku 1, 3, 5 atau 10 tahun.

Memperbarui SIM Brunei

SIM Brunei, JPD
counter layanan lesen memandu di JPD

Membuat SIM baru setelah masa berlaku hampir habis juga simpel banget. Yang perlu kita lakukan hanyalah:

  1. Datang ke JPD dengan membawa IC yang masih berlaku dan SIM lama.
    Bagi foreigner seperti saya ada tenggang waktu sampai 2 bulan setelah masa berlaku habis untuk membuat SIM baru. Lebih dari 2 bulan harus mengulang proses pembuatan SIM dari awal lagi (dengan endorse, isi borang, foto, dll). Jadi jangan sampai tunggu masa berlaku SIM habis ya, lebih baik ganti lebih awal. Biasanya menjelang masa berlaku SIM Brunei habis, kita akan dapat SMS dari JPD yang mengingatkan kita untuk mengganti SIM.
  2. Isi borang jika diperlukan (misalnya pindah alamat atau ganti foto baru)
  3. Ambil nomor antrian
  4. Saat nomor antrian dipanggil, serahkan IC dan SIM lama ke counter renewal driving license dan membayar biaya SIM baru sesuai dengan masa perpanjangan yang diinginkan.
  5. Tunggu 5-10 menit dan kita bisa pulang dengan SIM baru.

Catatan: untuk warga senior (di atas 60 tahun) harus menyertakan surat keterangan sehat dari dokter. Di mana pemeriksaan kesehatan ini dilakukan secara serius lho. Nggak kaya di klinik tempat saya memperbarui SIM Indonesia kemarin yang cuma diperiksa tensi trus dikasih surat keterangan sehat.

Sederhana kan.

Biasanya, renewal SIM ini bisa juga dilakukan di kantor pos. Tapi bulan ini saat saya mau memperbarui SIM, sistem di kantor pos sedang mengalami gangguan teknis jadi semua diarahkan ke JPD. Sehingga yang tadinya nggak pernah antri tiap memperbarui SIM kali ini harus antri lama, bahkan sebelum kantor JPD buka. Tapi nggak papa sih wong setelah kantor dibuka proses dari ambil nomer antrian sampai SIM baru saya dapat 15 menit saja. Coba ya di Indonesia bisa begitu.

Aturan Pakaian

Ada dress code yang harus dipatuhi saat kita berurusan dengan kantor pemerintahan seperti JPD dan imigrasi. 2 kantor yang akan sering kita kunjungi selama tinggal di Brunei.

Secara umumnya ya harus berpakaian rapi dan sopan dengan memakai pakaian berlengan dengan panjang baju minimal di bawah lutut. Nggak boleh pakai sandal jepit ya.
Celana jeans boleh? Boleh asal panjangnya di bawah lutut.
Boleh pakai kaos? Boleh asal berlengan.
Yang perempuan harus berjilbab? Enggak.

Manner is The Key Thing

Yang penting bersikaplah baik dan sopan saat berurusan dengan pegawai pemerintah. Nggak jarang kita ini dipandang dengan sebelah mata oleh orang lokal karena Indonesia terkenal sebagai pengekspor tenaga kerja asing sektor domestik terbesar selain Filipina, jadi ya banyak yang menganggap kita semua ini amah (PRT) atau pekerja non profesional. Tapi jangan trus jadi jutek. Nanti bisa-bisa dipersulit.

Ramah ajalah, kalau ditanya ya jawab yang baik. Kalau kita yang perlu bertanya ya bertanyalah dengan sopan, “Maaf tuan/puan, kalau saya mau begini harus bagaimana ya?” Dan jangan lupa ucapkan terima kasih. Jangan gampang baper. Kalaupun baper ditahan aja, ntar boleh dicurahkan begitu sampai rumah. Anggap aja resiko numpang kerja dan tinggal di negara orang.

quote about manners

Tapi, pengalaman saya (dan teman-teman) sih selama kami berpakaian sopan dan rapi dan bicara dengan baik, rata-rata pegawai pemerintahan di sini juga bersikap ramah dan segan kepada saya. Bahkan lebih baik daripada layanan publik di kantor pemerintahan di Indonesia. Hmmmm boleh ya tolong revolusi mental itu Disdukcapil, kelurahan dan Polres di kabupaten saya.

Oya, satu cerita lagi nih. Waktu saya mengurus dokumen untuk endorsement SIM tahun 2014, pegawai toko tempat saya fotokopi dokumen cerita kalau saat itu orang Indonesia agak susah endorse SIM. Katanya, gara-gara ulah sebagian pekerja migran yang ‘nembak’ SIM Indonesia di Pontianak, padahal sebenarnya mereka belum bisa nyetir mobil. Memang sih dari Brunei ke Pontianak bisa ditempuh dengan jalan darat, kalau nggak salah memakan waktu 24 jam perjalanan. Akhirnya setelah beberapa orang ketahuan kalau mereka nggak bisa nyetir, endorsement SIM Indonesia ke SIM Brunei diperketat. Banyak orang Indonesia terpaksa harus menjalani tes mengemudi saat mengurus SIM Brunei.

Jadi pesan saya, nggak usahlah pakai nembak SIM segala. Belajarlah mengemudi dulu yang benar baru bikin SIM Indonesia lalu endorsement SIM Brunei. Lebih aman dan nggak menyusahkan sesama orang Indonesia.

Nah teman-teman ada yang punya pengalaman mengesankan atau mengesalkan saat membuat SIM di Indonesia maupun di luar negeri? Yuk, berbagi di kolom komentar.

Pindah Rumah Bebas Stres, Mungkinkah?

Pindah rumah bebas stres, mungkinkah? Nggak mungkin! Setidaknya berdasarkan pengalaman saya 6 kali pindah rumah, rasanya nggak pernah nggak stres. Begitu juga ketika saya mengamati teman-teman saya yang harus pindah dari Brunei ke Indonesia maupun negara lain tujuan mereka selanjutnya. Beuh, yang namanya stres pasti ada.

pindah rumah

Begitu juga saat kami pindah rumah awal bulan Maret ini. Meskipun jarak rumah lama dan rumah baru cuma 2km tapi tetap aja stres. Apalagi barang yang harus dikemas kali ini jauh lebih banyak dari pindahan sebelumnya. Kalau dipikir-pikir ya, saya dan Cinta datang ke Brunei ini hanya dengan 2 koper ukuran besar. Lha setelah 7 tahun tinggal di sini jadi beranak pinak menjadi 4 koper besar, 4 koper kecil, beberapa traveling bag, dan berkotak-kotak kardus yang bisa memenuhi bak truk sepanjang 6 meter *tepok jidat*.

Kenapa Harus Pindah Rumah?

Sebenarnya niat pindah ini sudah ada sejak 3 tahun yang lalu. Meskipun rumah yang kami sewa itu cukup nyaman, tapi ada beberapa hal yang menyebabkan kami, khususnya saya, ingin pindah.  Sayangnya, karena berbagai hal niat tersebut belum juga terealisasikan. Padahal hampir setiap tahun kami berburu rumah atau apartemen baru.

Nah, tahun ini niat itu akhirnya terealisasikan. Peristiwa pencurian sampai 4 kali yang kami alami di rumah lama dalam jangka waktu 1 bulan, membuat kami mantap untuk pindah rumah. Alhamdulillah, kami pun mendapatkan rumah baru yang lebih nyaman di lokasi yang lebih baik. Meskipun jarak ke sekolah anak-anak jadi lebih jauh.

Rumah yang baru kami tempati ini biasa disebut apartemen meski secara bentuk lebih tepat disebut sharing house. Apartemen kami ini berupa satu rumah besar bertingkat 2. Masing-masing lantai memiliki 3 kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, 2 kamar mandi, 1 toilet dan dapur sendiri. Jadi ya seperti apartemen pada umumnya, meski dalam 1 bangunan tetap terpisah.

Model apartemen atau rumah sharing seperti ini umum dijumpai di Kuala Belait, walaupun apartemen beneran yang berupa gedung bertingkat juga ada. Hunian berupa apartemen ini banyak jadi pilihan para pekerja asing karena biasanya sudah dilengkapi perabotan dan ada fasilitas maintenance. Sehingga penghuni nggak perlu repot-repot cari tukang lagi untuk benerin AC misalnya atau ledeng bocor. Tinggal bilang aja ke pemilik apartemen atau pengurus gedung untuk benerin yang rusak. Saya juga nggak perlu bayar listrik, air dan gas serta iuran sampah karena sudah termasuk dalam biaya sewa rumah. Praktis kan. Lumayan mengurangi beban pikiran emak rempong ini.

Pindah Rumah Minim Stres, Bisa!

Sempat sedih juga sih waktu mau pindah dari rumah lama. Maklum, kami tinggal di situ tepat 5 tahun. Pemilik rumah lama juga baik sekali, sepasang pensiunan yang sudah menganggap kami sebagai anaknya sendiri. Namun, kesedihan itu baru terasa waktu benar-benar mau pamitan dengan pemilik rumah sewa. Sejak kami menandatangani kontrak dengan pemilik rumah baru yang ada adalah perasaan bingung dan stres. Karena pindahan kali ini kami nggak cuma bawa badan dan baju. Justru banyak sekali yang harus dilakukan. Mulai dari jual perabotan rumah karena rumah baru sudah fully furnished, relokasi sambungan internet dari rumah lama ke rumah baru, relokasi tv berlangganan, packing, cari truk untuk angkut barang dan lain-lain.

pindah rumah

Kesannya sih gampang ya, tapi percayalah dalam waktu sebulan itu waktu, pikiran dan energi saya benar-benar habis untuk urusan pindah rumah ini. Apalagi saya benar-benar mengurus pindahan ini sendirian, karena anak-anak ya masih kecil dan suami kerja sehingga nggak bisa bantu saya packing, sementara si mbak asisten part time ya tugas utamanya bantu-bantu bebersih rumah aja.

Tapi alhamdulillah, berdasarkan pengalaman beberapa kali pindahan dari Sidoarjo ke Jakarta, Jakarta ke Sidoarjo lagi, Sidoarjo ke Parung, Parung ke Sidoarjo lagi, Sidoarjo ke Brunei dan Sg. Liang ke Seria saya mempelajari beberapa hal yang bisa membantu saya untuk pindahan dengan lebih smooth. Meski nggak membuat saya bebas stres tapi dengan melakukan beberapa cara ini setidaknya proses pindahan jadi lebih bearable.

Mau tahu apa saja yang bisa kita lakukan untuk mempermudah pindah rumah? Ini dia caranya:

1. Mulai Lebih Awal

Saat tahu kami akan pindah rumah, seorang sahabat sudah mengingatkan saya untuk mulai mengemas barang sedini mungkin dan memindahkan barang-barang ke rumah baru secara bertahap. Oleh karena itu, sejak kami menandatangani kontrak sewa rumah baru, saya mulai berbenah. Hampir setiap ada waktu luang saya memilah-milah barang yang bisa disimpan lebih dulu di dalam kardus dan barang-barang yang harus dibuang. Sehingga dalam 2 minggu pertama, rumah kami sudah penuh kardus dan nampak berantakan sekali hahaha.

pindah rumah

Karena rumah lama dan rumah baru jaraknya dekat, setelah pemilik rumah baru memberi kunci rumah, saya pun memindahkan dan menata barang-barang sedikit demi sedikit. Mulai dari yang ringan dan paling jarang dipakai dulu, seperti mainan anak-anak dan barang dapur yang hanya dipakai sesekali. Cara ini juga bikin saya hemat kardus, karena kotak-kotak plastik dan kardus-kardus dari barang yang sudah dipindahkan ke rumah baru bisa saya gunakan lagi untuk menyimpan barang-barang lain di rumah lama.

2. Siapkan Perlengkapan Untuk Pindah Rumah

Kardus, selotip, plastik sampah, gunting, tali dan kertas pembungkus barang pecah belah harus sudah siap saat kita mau packing barang. Alhamdulillah, sahabat-sahabat yang sudah pindah dari Brunei suka ngasih kardus khusus pindahan yang besar dan bahannya tebal saat mereka packing, sehingga saya nggak perlu beli lagi, karena kalau beli harganya lumayan mahal. Sehingga saat saya mulai berkemas, kardus dan teman-temannya sudah siap untuk digunakan. Irit waktu dan mengurangi beban pikiran. Jazakunnallahu khairan, My dear sisters.

3. Pilah Barang Sesuai Peruntukannya dan Beri Label

Sebenarnya urusan memilah barang ini tergantung selera ya. Ada yang mengumpulkan barang berdasarkan jenisnya atau kebutuhannya. Kalau saya selain memilah barang berdasarkan jenisnya juga berdasarkan kepemilikannya. Misalnya, buku milik saya dan suami yang akan diletakkan di ruang kerja saya pisahkan dengan buku anak-anak yang akan diletakkan di kamar mereka masing-masing. Begitu juga dengan mainan Keenan saya simpan dalam kardus terpisah dari mainan kakak. Pakaian pun saya simpan dalam koper yang berbeda. Lantas masing-masing kardus diberi label misalnya: Mainan – Kamar Keenan, Buku – Ruang Depan, Alat Masak – Dapur, Peralatan Papa – Ruang Depan, dll.

pindah rumah

Jadi, waktu diangkut ke rumah baru, bisa langsung diletakkan di ruangan yang berbeda. Sehingga nggak semua kotak dan koper numpuk di satu ruangan di rumah baru. Cara ini juga memudahkan saya saat unpacking. Karena semua sudah tinggal menyusun di tempat yang tepat. Dengan metode ini alhamdulillah dalam waktu kurang dari 3 minggu, 90% barang kami sudah tersusun rapi di tempatnya.

4. Decluttering

Menilik pengalaman teman-teman yang sudah lebih dulu pindahan dan merasa repot dengan banyaknya barang yang tersimpan di rumah mereka meski sebenarnya sudah nggak terpakai, momen pindahan ini juga kami gunakan untuk meminimalkan barang-barang yang kami miliki. Secara kalau waktunya kembali ke Indonesia nanti kami nggak dapat container dari perusahaan, mau nggak mau nggak banyak barang yang bisa kami bawa balik. Daripada repot nanti mendingan dicicil dari sekarang kan.

Walaupun sebenarnya setiap 6 bulan saya sudah berusaha untuk decluttering barang-barang yang ada di gudang, mainan anak-anak, buku dan baju. Ternyata masih aja tetap banyak banget barang kami. Hadeeeuh.

Jadi saat memilah barang, harus benar-benar selektif. Selain karena di rumah baru nggak ada gudang, saya berusaha agar barang yang kami bawa benar-benar barang yang kami butuhkan dan atau spark joy. Perabotan rumah sebagian besar kami jual. Meski agak pedih hati ya karena harga jualnya jatuh banget. Tapi lumayan lah hasil penjualannya bisa untuk operasional pindahan seperti bayar sewa truk, beli perlengkapan bersih-bersih dan rak-rak baru serta bayar ongkos lembur mbak asisten paruh waktu.

decluttering, pindah rumah, gilmore girls, sparks joy
sepertinya Marie Kondo terinspirasi dari Emily Gilmore nih

Sedangkan barang-barang yang nggak kami butuhkan lagi namun masih bagus saya titipkan ke mbak asisten paruh waktu untuk dikasih ke siapa aja yang membutuhkan. Sementara barang yang sudah nggak layak guna tapi disimpan karena sayang meski sebenarnya sudah nggak spark joy terpaksa dibuang. Dan ternyata ya selama ini kami menyimpan banyak sekali ‘sampah’. Dengan begini saat pindah ke rumah baru, nggak ada lagi sampah yang kami bawa.

5. Minta Bantuan Orang Lain

Tinggal jauh dari keluarga bikin kami harus mandiri kan. Tapi bukan berarti nggak bisa minta bantuan dari siapa-siapa. Anak-anak saya kerahkan untuk memilah mainan dan buku-buku yang mau mereka simpan, sedangkan mbak asisten paruh waktu saya tambah jam kerjanya untuk membersihkan rumah baru sebelum kami tempati.

pindah rumah
Cinta dan Keenan mengemas barang-barangnya sendiri

Bantuan lain seperti rekomendasi truk untuk pindahan, menyebarkan info bahwa kami menjual perabotan rumah juga kami pinta dari rekan kerja suami dan teman-teman saya. Bahkan bantuan spiritual seperti doa dari orang tua dan keluarga kami juga sangat bermanfaat dalam memperlancar proses pindahan ini.

Mencari truk untuk pindahan ini punya kesan tersendiri untuk saya. Saat mulai cari info rental truk, banyak yang menyarankan agar kami mencari sesama orang Indonesia aja. Tapi ini nggak gampang ternyata. Bahkan sampai H-1 pindahan saya belum juga mendapatkan truk. Alhamdulillah, malam itu suami mendapat rekomendasi dari teman kerjanya. Setelah saya hubungi, harga yang dia minta lebih mahal dari jasa sewa truk yang lain. Selisihnya sampai $20.

Walaupun sempat ragu, akhirnya kami memutuskan untuk menyewa jasanya. Dan alhamdulillah nggak menyesal meski bayar lebih mahal karena memang kerja mereka bagus sekali. Bahasa juga nggak jadi masalah karena sama-sama orang Indonesia, malah kami berasal dari satu provinsi. Saya dari Sidoarjo, masnya itu dari Blitar. MasyaAllah, pokoknya saya dan suami seneng banget dengan cara kerja mereka.

6. Membersihkan Rumah Baru Sebelum Ditempati

2 kali pindah rumah selama di Brunei ini, selain mencicil memindahkan barang, hal yang penting bagi saya adalah membersihkan rumah baru sebelum ditempati. Rumah yang lama kosong tentu kotor ya dan membersihkan rumah kosong tentu lebih mudah daripada yang sudah penuh dengan kardus dan koper. Walaupun menurut si Mbak sih lebih melelahkan membersihkan rumah kosong.

Dengan 6 hal yang tersebut, alhamdulillah pindah rumah kami berjalan lebih lancar. Kendala dan stres tentu tetap ada, tapi masih bisa diatasilah. Meski begitu saya berharap semoga setidaknya kami bisa tinggal di rumah ini minimal sampai 1 tahun lagi. Karena kalau harus packing dan pindah lagi dalam waktu dekat rasanya saya nggak sanggup hahaha.

Alhamdulillah anak-anak yang tadinya nggak mau pindah dari rumah lama sekarang justru suka banget dengan rumah barunya. Terutama si Kakak yang mendapatkan kamar terbagus di rumah ini. Saya masih beradaptasi dengan jarak tempuh rumah dan sekolah. Juga masih bingung menyimpan perlengkapan bebersih dan beberapa kotak yang berisi peralatan milik suami karena nggak punya gudang lagi. Serta masih harus membiasakan anak-anak untuk nggak lari-larian dan bersuara keras di malam hari karena akan mengganggu tetangga di bawah kami.

But so far we’re happy. InsyaAllah rumah baru ini lebih aman dan nyaman. Dekat juga dengan masjid besar di daerah Pandan 7, sehingga suara adzan kadang masih terdengar. Karena kami tinggal di lantai atas, kalau pagi masih suka terdengar suara burung berkicau. Alhamdulillah.

 

 

 

 

Berburu Tiket Pesawat Murah Ke Yogyakarta

tiket pesawat murah, tiket pesawat ke jogja

Ada yang lagi galau menentukan tujuan liburan akhir tahun bersama keluarga? Libur akhir tahun ini pas banget barengan sama libur panjang sekolah setelah PAS ya? Kalau memang ada budget untuk berlibur ke luar kota nggak ada salahnya mengajak anak-anak jalan-jalan, hitung-hitung refreshing setelah satu semester bekerja dan belajar. Apalagi sekarang banyak promo tiket pesawat murah, sehingga budget transportasi bisa ditekah dan dialihkan ke yang lain. Tapi enaknya ke mana ya? Saya kok ingin jalan-jalan ke Jogja ya? Ada yang sehati dengan saya?

Kenapa Jogja?

Karena sudah lama sekali saya nggak ke sana. Terakhir kami ke sana sekeluarga besar (minus suami) itu sekitar tahun 2011, sudah 7 tahun yang lalu. Itu pun sekadar menghadiri pernikahan sepupu saya. Jadi nggak banyak mengeksplorasi Yogyakarta. Padahal waktu belum menikah, saya dan keluarga lumayan sering main ke Yogya. Pernah juga jalan-jalan ke Yogya bareng sahabat-sahabat saya waktu masih kuliah dulu. Biasanya sih naik mobil, bis atau kereta. Maklum sampai awal tahun 2000-an belum banyak maskapai yang menawarkan tiket pesawat murah.

Baca juga: Serunya Berwisata Sejarah di Kotagede, Yogya

Bagi saya, Jogja selalu istimewa. Setiap kali ke sana hampir nggak pernah pulang dengan perasaan nggak bahagia. Banyak pengalaman menyenangkan yang saya dapatkan setiap berkunjung ke kota yang dipimpin Sri Sultan Hamengkubuwono X ini. Mulai makan lesehan di Malioboro diiringi alunan lagu dari pemusik jalanan dan antri berjam-jam hanya untuk menikmati sepiring hangat Bakmi Kadin. Lalu belajar nawar di Pasar Beringhardjo dan Malioboro yang dilanjutkan dengan naik becak ke kampung penghasil bakpia. Kemudian berpanas-panas ria menikmati keagungan Candi Prambanan dan Borobudur.

Istimewanya Jogjakarta

Tapi bukan itu saja yang membuat Jogja punya tempat spesial di hati banyak orang. Sesuai dengan namanya, Daerah Istimewa Yogyakarta, kota yang pernah menjadi ibukota negara Indonesia pada tahun 1946 ini punya banyak sekali keistimewaan yang nggak dimiliki kota lain.

Selain kota wisata, Jogja juga dikenal sebagai kota pelajar. Nggak heran sih, banyak sekali universitas ternama yang jadi impian calon mahasiswa untuk melanjutkan studinya. Yang paling keren ya Universitas Gadjah Mada, yang pada tahun 2018 ini menduduki tempat kedua sebagai universitas terbaik di Indonesia versi Kemeristekdikti. Lalu ada Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, Universitas Islam Indonesia, UPN ‘Veteran’ Yogyakarta dan masih banyak lagi.

Jogja juga sering disebut sebagai kota budaya karena banyak tradisi budaya peninggalan nenek moyang yang masih dilestarikan hingga kini, terutama oleh keraton Yogyakarta. Seperti upacara Sekaten yang biasanya diadakan pada tanggal 5 bulan Jawa Mulud untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

tiket pesawat murah, tiket pesawat ke jogja

Aneka tarian tradisional dan musik seperti gamelan pun masih bisa kita nikmati. Begitu juga dengan batik khas Yogyakarta yang tiap motifnya mempunyai arti dan cara pemakaian yang berbeda. Keunikan motif batik Yogyakarta ini baru saya ketahui saat akan menikah. Waktu itu pranata acara atau dukun mantennya wanti-wanti agar kami tidak salah memilih batik untuk seragam. Karena motif batik untuk pengantin, orang tua pengantin, dan keluarga besar harus berbeda hahaha. Abis sok-sokan sih mau pakai adat Jogja untuk acara pernikahan kami padahal bukan orang Jogja.

Baca juga: Tips Hunting Kain Untuk Seragam Pernikahan di JMP 

Keistimewaan lain dari kota ini adalah punya dua istana. Ada Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Saat ini keraton berfungsi sebagai tempat tinggal Sultan Sri Hamengkubowono X sebagai Gubernur DIY dan rumah tangga istananya. Istana yang kedua adalah Istana Yogyakarta yang dikenal sebagai Gedung Agung. Gedung Agung adalah kantor dan kediaman resmi Presiden Republik Indonesia sejak tahun 1946, saat ibukota negara Indonesia berada di Yogyakarta sampai tahun 1949.

Tiket Pesawat Murah Ke Jogjakarta

Dengan segala keunikannya, nggak heran kan kalau saya selalu ingin kembali ke Jogjakarta? Teman-teman Pojok Mungil merasa gitu juga nggak? Apalagi sekarang banyak sekali pilihan moda transportasi untuk menuju ke kota tempat lahirnya Muhammadiyah ini. Mau naik kereta bisa turun di Stasiun Tugu atau Stasiun Lempuyangan. Kalau naik bus bisa turun dan naik dari terminal bus Giwangan. Ingin lebih cepat lagi ya naik pesawat sampai ke Bandara Internasional Adisucipto.

tiket pesawat murah, tiket pesawat ke jogja

Dulu sih saya dan keluarga selalu memilih jalan darat, baik naik mobil pribadi, bus atau kereta. Tapi kalau sekarang ini kayanya bakal milih naik pesawat ya. Apalagi dengan banyaknya tiket pesawat ke Jogja yang bisa kita pilih lewat situs atau aplikasi PegiPegi.

Kenapa PegiPegi? Karena keistimewaan yang dimiliki PegiPegi berikut ini:

  1. PegiPegi menjamin kita mendapatkan harga terbaik saat melakukan pemesanan.
  2. Banyak promo menarik dan harga spesial yang bisa dinikmati oleh member PegiPegi.
  3. Bisa melakukan pembayaran dengan mudah sesuai keinginan kita, karena PegiPegi menerima pembayaran melalui transfer bank, kartu kredit, internet banking, cicilan sampai pembayaran melalui swalayan.
  4. PepePoin yang kita peroleh dari setiap transaksi bisa dikumpulkan dan digunakan sebagai potongan harga pada transaksi berikutnya.

Mencari tiket pesawat murah di PegiPegi juga mudah. Kita tinggal buka situs PegiPegi atau instal aplikasinya di Android atau iOS lalu pilih produk ‘Flight’. Lalu masukkan kota keberangkatan dan tujuan kita beserta tanggal keberangkatan (dan pulang untuk tiket pergi pulang). Kemudian pilih jumlah penumpang dan klik kotak cari.

Setelah itu akan muncul berbagai jadwal penerbangan dari beberapa maskapai yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita. Lalu isi data pemesan dan penumpang, konfirmasi pemesanan dan lakukan pembayaran. Simple banget ya.

Selamat berlibur.

Travel Insurance, Kenapa Harus Punya?

futuready, asuransi perjalanan ke eropa

Alhamdulillah, anak-anak sudah selesai ujian sekolah. Waktunya cari tiket mudik ke Indonesia untuk bulan Desember nanti. Iya, emang kudu jauh-jauh sebelumnya kalau cari tiket mudik supaya dapat tiket yang murah. Maklum, selama bulan Desember anak sekolah libur kenaikan kelas dan baru masuk lagi tanggal 2 Januari tahun depannya. Nggak heran kan kalau di masa liburan ini harga tiket pesawat bisa melonjak atau malah justru kehabisan tiket ekonomi huhuhu.

Akhir-akhir ini setiap beli tiket pesawat lewat website maskapai penerbangan, selalu ada tawaran untuk membeli asuransi perjalanan. Biasanya sih saya tolak ya, karena merasa nggak perlu. Sampai ada kejadian bagasi suami terbawa pesawat lain saat mudik ke Indonesia beberapa waktu lalu. Dan kami harus menunggu 2 hari sampai bagasi kami terima di Surabaya. Alhamdulillah kejadiannya waktu mudik ya. Mudiknya juga ke rumah orang tua. Jadi semua kebutuhan sehari-hari seperti baju masih tersimpan di rumah mama saya.

Gimana seandainya kejadian bagasi hilang ini waktu kami travelling ke negara lain, ke Eropa misalnya? Di mana semua barang keperluan kami ada di dalam bagasi tersebut. Amit-amit jabang bayi ya, semoga sih nggak akan kejadian. Tapi kalau terjadi, kebayang nggak sih repotnya. Belum lagi kalau di saat kita traveling ke luar negeri trus kecopetan dan semua dokumen penting dan uang hilang. Haduh, bisa nangis bombay nggak sih. Liburan yang harusnya menyenangkan jadi berantakan pastinya.

Nah, ternyata setelah saya browsing, asuransi perjalanan InsyaAllah bisa melindungi kita dari kejadian-kejadian yang nggak diinginkan saat traveling ke luar negeri. Bahkan kalau kita mau apply visa Schengen untuk ke Eropa salah satu persyaratan wajibnya adalah memiliki asuransi perjalanan ke Eropa.

APA ITU ASURANSI PERJALANAN

Mengutip situsnya Futuready, asuransi perjalanan adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan pada perjalanan kita. Di mana banyak hal tak terduga yang bisa terjadi, seperti penerbangan delay, pembatalan perjalanan, kehilangan bagasi, kecelakaan sampai kecopetan. Nah, asuransi perjalanan akan menanggung kerugian yang kita alami karena kejadian-kejadian tersebut. Sehingga perjalanan kita lebih nyaman dan tenang.

Tapi sebagai emak perhitungan, sebelum memutuskan untuk membeli asuransi perjalanan, harus tahu dulu apa aja manfaatnya untuk kita. Trus repot nggak belinya? Beli di mana? Nanti klaimnya susah nggak? Dan yang paling penting, MAHAL nggak?

MANFAAT ASURANSI PERJALANAN

1. Memenuhi Syarat Pengurusan Visa

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, memiliki travel insurance ke Eropa adalah syarat wajib mengurus visa Schengen. Kalau nggak punya asuransi perjalanan, proses pengajuan visa nggak bisa disetujui.

2. Mendapatkan Ganti Rugi Kompensasi Penundaan atau Pembatalan Perjalanan

Sudah sampai bandara dan siap untuk terbang ke , tiba-tiba pesawat kita delay lebih dari 3 jam atau justru dibatalkan. Ada yang pernah mengalami? Terbayang kepanikannya, apalagi kalau dalam perjalanan itu bukan direct flight. Alias kita harus terbang lagi dengan pesawat lain untuk mencapai tempat tujuan. Hangus dong? Duh, berapa banyak lagi uang yang harus keluar untuk membeli tiket baru.

 Atau beberapa hari sebelum keberangkatan tiba-tiba kita atau anggota keluarga sakit atau meninggal sehingga nggak bisa berangkat padahal tiket sudah dibeli. Nah, dengan memiliki asuransi perjalanan, kita bisa klaim ganti rugi sebagai kompensasi penundaan atau pembatalan perjalanan. Tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku ya.

asuransi perjalanan ke eropa

3. Mendapatkan Ganti Rugi Untuk Kehilangan Bagasi Atau Barang Bawaan

Nggak ada traveler yang pengen bagasi atau barang bawaannya hilang selama bepergian kan. But sometimes shit happens. Dan asuransi perjalanan adalah bentuk ikhtiar kita untuk melindungi diri seandainya terjadi hal-hal yang nggak diinginkan saat bepergian. Karena, asuransi perjalanan bisa menanggung kerugian yang muncul saat bagasi kita hilang atau kecopetan di selama dalam perjalanan.

4. Mendapatkan Santunan Untuk Pengobatan Darurat dan Kecelakaan Saat Bepergian

Saat bepergian ke luar negeri, pasti kita sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin supaya tetap sehat dan bisa menikmati perjalanan. Tapi, kadang malang tak dapat dicegah. Mendadak sakit karena keracunan makanan atau perubahan cuaca yang drastis dari tempat kita berasal bisa bikin kita mendadak sakit.

Saya ngebayangin aja seandainya ada rejeki jalan-jalan ke Eropa di musim dingin tentu produk ini akan sangat bermanfaat seandainya saya atau anak-anak mendadak sakit di sana karena nggak tahan dingin. Karena, asuransi perjalanan ada yang memberikan santunan biaya pengobatan di tempat tujuan. Jadi tabungan nggak akan berkurang untuk membayar pengobatan di negara orang karena akan diganti oleh asuransi perjalanan.

Oya, satu lagi yang paling penting. Asuransi perjalanan juga akan memberikan santunan jika terjadi kecelakaan yang menyebabkan kematian dan memberikan bantuan darurat saat kita butuhkan.

5. Mendapatkan Perlindungan Rumah

Saat rumah kosong karena kita tinggal bepergian, banyak hal yang bisa terjadi, termasuk kebakaran. Nah, dengan memiliki asuransi perjalanan, kita bisa mendapat ganti rugi kerusakan karena rumah kita kebakaran saat kita tinggal bepergian. Jadi, kalau punya asuransi perjalanan, kita InsyaAllah bisa bepergian dengan hati yang lebih tenang. Meskipun wajib hukumnya untuk ngecek semua kondisi rumah sebelum ditinggalkan.

Kalau sudah tahu manfaatnya, untuk perjalanan jalan-jalan ke luar negeri dari Indonesia, saya bakal beli asuransi perjalanan deh. Cuma nggak mau yang ribet gitu. Secara saya mah awam banget soal perasuransian begitu. Saya yakin teman-teman juga ada yang kaya saya. Ya kan?

BELI ASURANSI PERJALANAN ONLINE

Karena nulis tentang asuransi perjalanan ini, saya jadi kenalan dengan yang namanya Futuready, sebuah broker asuransi online. Futuready ini adalah supermarket asuransi online. Iya, transaksi pembelian asuransinya bisa dilakukan secara online. Asik kan? Nggak perlu lagi repot-repot janjian sama agen asuransi atau dateng ke kantor asuransi. Semua bisa kita urus sendiri secara online. Haaa, cocok banget untuk emak mager macam kita.

Sesuai dengan konsepnya sebagai supermarket asuransi, Futuready mengumpulkan berbagai produk asuransi terbaik dari berbagai perusahaan asuransi yang terkemuka. Tapi Futuready nggak mengeluarkan produk asuransi sendiri. Beberapa brand asuransi yang bekerja sama untuk dijual di Futuready.com adalah Adira Insurance, MNC Insurance, Jagadiri, AXA, Simasnet, AXA Mandiri, Tokio Marine, dan masih banyak lagi. Dengan konsep supermarket seperti ini, kita nggak perlu lagi membuka satu per satu situs asuransi yang menjual asuransi perjalanan.

Soal keamanannya, Futuready juga sudah memegang lisensi resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sejak tahun 2015. Jadi insyaAllah kredibel deh. Apalagi Futuready ini bagian dari AEGON, salah satu perusahaan asuransi terbaik di dunia yang berbasis di Den Haag, Belanda.

Produk asuransi yang ditawarkan oleh Futuready juga beragam. Selain asuransi perjalanan, juga ada asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan dan asuransi mobil. Jadi teman-teman yang mau ke Eropa dan perlu travel insurance, bisa banget beli di Futuready.

Caranya gampang. Kita tinggal buka webnya, klik pilihan cari asuransi dan pilih asuransi perjalanan. Lalu ketik destinasi pilihan kita, jumlah peserta, periode perjalanan (bisa ambil sekali jalan atau tahunan, lo) dan tanggal perjalanan. Setelah kita klik ‘cari asuransi’ muncul deh berbagai pilihan produk asuransi perjalanan dengan tujuan ke eropa dan negara lain yang bisa kita bandingkan. Baca baik-baik premi dan manfaatnya ya sebelum memilih. Cari yang paling cocok dengan budget dan kebutuhan kita.

Begitu proses pembayaran yang bisa dilakukan dengan kartu kredit, transfer bank atau bayar langsung di minimarket terdekat selesai dan polis disetujui, polis tersebut langsung dikirim via email dan langsung aktif. Dan seandainya something bad happens, nggak susah untuk klaim asuransi. Customer Service Futuready yang profesional siap membantu kita mengurus klaim melalui telepon atau online. Asik kan.

TRUS MAHAL NGGAK?

Mahal atau enggaknya sih tergantung dompet ya hahaha. Tapi dengan berbagai produk pilihan asuransi perjalanan dari berbagai brand asuransi yang dikumpulkan oleh Futuready, kita bisa memilih mana satu yang sesuai dengan budget kita.

Untuk benefit travel insurance ke Eropa dengan uang pertanggungan mulai 669 jutaan preminya cuma 269ribu lo waktu blogpost ini saya tulis. Kalau ingin nilai pertanggungan yang lebih besar dan risiko yang ditanggung lebih banyak juga ada, tentu dengan premi yang lebih mahal. Menurut saya sih, premi produk-produk asuransi perjalanan tersebut sesuai lah dengan faktor risiko yang kita hadapi saat perjalanan. Worth the price, kalau kata orang bule.

Jadi nggak perlu bingung bin ragu lagi nih membeli asuransi perjalanan. Kalau suatu saat kami sekeluarga jalan-jalan ke Eropa dari Indonesia, sudah tahulah bakal beli produk asuransi perjalanan di mana. Teman-teman punya pengalaman beli asuransi perjalanan? Saya tunggu sharingnya di kolom komentar yaaa.