3 KDrama Populer Untuk Pemula

K-Drama, Drama Korea, Drakor, arisan link, ranirtyas.com, blogger

Judulnya gitu banget ya hihihi. Maklumin aja deh, abis yang nulis ini bukan pecinta drama Korea tapi penasaran pengen nonton serial tv yang akhir-akhir ini sering diobrolin mamak-mamak di linimasa media sosial saya. Sebenarnya sudah 4 tahun ini saya jarang sekali nonton serial tv yang saya suka karena channel tv selalu dikuasai oleh anak-anak dan suami. Jadi tontonannya ya seputar Disney Channel, Disney Jr, NatGeo, dan sejenisnya. Kadang aja kalau pagi lagi agak santai saya suka nonton Criminal Minds, NCIS dan Castle atau seri tentang baju-baju pengantin gitu di TLC. Kalau malam dan nggak bisa tidur, baru deh nonton serial Sherlock berulang-ulang atau marathon Gilmore’s Girls yang diputar ulang di Netflix.

Padahal ya, dulu waktu masih tinggal di Jakarta Bogor, jam 7-9 malam itu jatahnya saya menguasai tv. Mulai dari Glee, Desperate Housewives, Grey’s Anatomy, Private Practice, Bones, CSI, sampai segala Next Top Model itu saya ikutin semua. Buat saya, setelah berkutat dengan kesibukan sehari-hari, nonton tv itu salah satu me time yang mudah dan murah. Lagian dulu juga kan LDRan ya sama suami, jadi daripada bengong mending nonton aja.

Nah, berhubung sekarang udah nggak punya banyak waktu untuk nonton dari tv dan terlalu malas untuk download, akhirnya ketinggalan serial-serial kesayangan. Tapi kok ya lama-lama penasaran sama drama Korea ini, karena kayanya penggemarnya banyak banget, mulai dari remaja tanggung sampai emak-emak macam teman-teman saya. Sementara sekalinya saya nonton drakor sudah sepuluh tahun yang lalu kayanya, dan sempat ikut berderaiairmata ngeliat akting Song Hye-kyo dan Rain di serial Full House.

Daripada bingung memilih serial drama Korea yang layak tonton, saya pun ngulik blognya Rani R Tyas, seorang lifestyle blogger yang saya kenal lewat grup Arisan Link Blogger Perempuan. Awalnya, saya justru main ke blog Coretan Ran ini untuk mencari cara menyimpan video dari Facebook tanpa harus menggunakan aplikasi tertentu. Tapi malah jadi ngubek-ngubek baca yang lain juga.

ranirtyas, lifestyle blogger, arisan link, blogger perempuan, blogger, coretan ran

Memang sih, blog ibu 1 putra ini bikin betah pembacanya. Selain tampilannya yang rapi, tulisan-tulisan di blognya juga sudah dipilah-pilah dalam berbagai kategori. Sehingga nggak susah nyarinya. Tinggal klik aja label yang menarik menurut kita di bagian atas blog dan munculah artikel-artikel yang sesuai. Kalau malas mencari satu per satu, kita juga bisa memasukkan kata kunci dari tulisan yang ingin kita baca di kolom “Looking for Something”. Dengan berbagai kemudahan bagi pembaca, bahasan menarik serta tulisan yang enak dibaca, nggak heran kan kalau akhirnya blog dengan tagline berbahasa Jawa Genggem Donya Langkung Seratan ini memiliki Alexa Traffic Rank 520,962.

Selain aneka kisah keseharian yang menurutnya absurd, di blog Coretan Ran juga terdapat beberapa postingan sponsor. Tapi jangan khawatir, sesuai dengan disclosurenya, semua resensi produk baik yang berbayar maupun tidak tetap berpijak pada opini jujur dari Rani sebagai pengguna produk dan penulis blog. Sehingga Insya Allah nggak akan misleading ya info-info di blognya Rani.

Balik lagi ke drama Korea, isi tulisan dalam kategori ini di blog mamanya Han memang belum terlalu banyak tapi bagi saya sudah cukup untuk menyebut beliau sebagai penggemar K Drama. Sehingga saya pun meminta Rani memberikan rekomendasi beberapa drama Korea yang kira-kira cocok ditonton pemula seperti saya.

Menurut Rani, banyak hal yang menyebabkan serial dari negara Korea Selatan ini menjadi sangat populer akhir-akhir ini, khususnya di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Mudah diakses. Selain bisa ditonton di RCTI, drama Korea ini juga dengan mudah dapat kita tonton secara streaming atau download. Malas menghabiskan kuota internet? DVDnya pasti banyak kita temukan di luar sana.
  2. Pemerannya ganteng-ganteng dan cantik-cantik. Yeah, terlepas dari isu operasi plastik yang dilakukan para aktor dan aktris di negara yang beribukotakan Seoul ini, nggak bisa dipungkiri kalau tampang mereka menarik untuk dilihat. Yang cowok ganteng, imut dan putih, sementara yang cewek cantik dan kulitnya bagus-bagus. Coba aja itu Song Hye-Kyo meski usianya cuma lebih muda 2 tahun dari saya tapi masih seperti awal 20an.
  3. Episodenya sedikit. Lelah nggak sih ngikutin sinetron Indonesia yang sampai bertahun-tahun ceritanya nggak kelar-kelar? Mendingan nonton drakor deh, episodenya paling antara 10-25 aja sehingga nggak membosankan.
  4. Muncul pada saat yang tepat. Kayanya di Indonesia drama Korea mulai booming bersamaan dengan populernya genre musik K-Pop, sehingga nggak cuma boyband dan girlband dari Korea Selatan yang ikut digemari, segala sesuatu yang berbau negara ginseng termasuk serial tv, makanan dan produk perawatan kulitnya pun ikut mendunia.
  5. Paket lengkap. Biasanya dalam satu seri cerita yang disajikan cukup lengkap, persahabatan, percintaan, komedi romantis, dipadu dengan karakter yang kuat dan plot yang berhasil bikin penonton baper.
  6. Banyak pilihannya. Mau drama, komedi, aksi, horor atau drama kolosal, tinggal pilih sesuai selera. Nah, saking banyaknya pilihan, saya pun bingung memilih mana satu yang sebaiknya saya tonton terlebih dahulu. Untuk itu, Rani menyarankan agar saya mencari drama dengan rating tertinggi di situs myasiantv.se/drama. Drama dengan rating tinggi tentu memiliki penggemar yang banyak ya, sehingga dijamin alur cerita dan akting pemerannya tidak mengecewakan. Namun, karena nggak puas hanya lihat di situs itu, saya pun mencoba browsing ke sana sini dan menemukan 3 serial ini selalu menduduki peringkat tertinggi di setiap artikel yang memberi rekomendasi drama Korea terbaik. Apa saja?

 

K-Drama, Drama Korea, Drakor, arisan link, ranirtyas.com, blogger

 

Descendants of The Sun

Meski saya belum pernah nonton serial ini, tapi drama yang dibintangi oleh Song Hye-Kyo dan Song Joong Ki ini pada suatu periode rajin sekali melintas di linimasa media sosial saya dan sukses membuat beberapa teman merelakan jam tidur malamnya berkurang demi menonton kisah cinta berlatar belakang dunia militer dan medis ini.

Bergenre aksi-komedi-romantis, drama ini berkisah tentang seorang kapten tentara kesatuan yang bertugas di UN Peacekeeper, Yo Si Jin dan seorang dokter andal, Kang Mo Yeon yang bertemu pada sebuah peristiwa lucu dan akhirnya saling jatuh cinta. Pekerjaan Yo Si Jin yang sarat akan konflik dan bahaya membuat hubungan kedua tidak berjalan mulus, bahkan sempat berpisah sampai takdir mempertemukan mereka kembali di sebuah negara yang sedang dilanda konflik.

Plot yang anti mainstream, unsur komedi romantis yang kental dan isi yang lengkap membuat drama ini jadi favorit banyak orang. Apalagi episodenya nggak panjang, jadi nggak repot-repot amat kalau mau streaming atau download kan. Tapi, supaya lebih mantap, bisa juga lho kita baca kesan Rani setelah menonton serial yang satu ini di blognya.

Uncontrollably Fond

Drama ini bercerita tentang hubungan antara Shin Joon-Young dan No Eul yang dimulai sejak mereka remaja. Sayang, pertemanan antara mereka terpaksa berakhir karena No Eul yang diperankan oleh Suzy Miss-A (Bae Suzy) mengalami kecelakaan yang hampir menyebabkan ia kehilangan nyawanya. Namun, ternyata Shin Joon-Young yang diperankan dengan apik oleh Kim Woo Bin nggak bisa melupakan cinta masa remajanya. Sampai suatu saat mereka dipertemukan lagi ketika No Eul telah menjadi produser sebuah film dokumenter yang money oriented karena terlilit hutang  dan Shin Joon-Young menjadi aktor dan penyanyi terkenal di Korea Selatan.

 

Hubungan keduanya yang diliputi rahasia Shin Joon-Young tentang kondisi kesehatannya serta drama keluarga yang sangat komplek, seakan-akan sulit untuk bersatu. Tapi menurut bocoran dari blognya Rani, drama ini happy ending kok (eh, kayanya sih hihihi) jadi bolehlah ditonton sebagai hiburan di kala senggang.

Doctors

Kayanya nggak boleh membayangkan Grey’s Anatomy atau Private Practice apalagi House, M.D ya kalau mau nonton drama yang satu ini meski keempatnya berlatar belakang dunia medis.

Bercerita tentang Yoo Hye-jung (Park Shin-hye), seorang gadis yang dibesarkan di lingkungan preman sehingga tumbuh menjadi gangster. Karena memiliki banyak luka batin dari berbagai peristiwa di masa kecilnya, Yoo Hye-jung menutup diri dan hatinya dari orang lain karena tidak mau terluka lagi. Namun, setelah bertemu dengan mentornya,  Hong Ji-hong (Kim Rae-won), gadis itu pelan-pelan bertranformasi dari anak nakal yang tidak memiliki masa depan menjadi calon dokter yang penuh kasih dan berdedikasi. Seperti dua cerita di atas, kedua pasangan ini sempat berpisah selama 13 tahun sampai akhirnya berjumpa lagi ketika Yoo Hye-jung telah menjadi dokter.

Menarik ya sepertinya. tapi karena sampai tulisan ini tayang serial Doctors masih tayang, belum bisa memperkirakan akhirnya bakal seperti apa. Apalagi serial ini diproduksi oleh SBS yang menurut Rani, berdasarkan bocoran yang ia terima dan survey kecil-kecilan yang pernah dilakukannya, sering memberikan ending yang tidak terduga. Jadi agak deg-degan mau nontonnya, takut baper hahaha. Namun, kalau penasaran, yuk ah nonton aja dan baper bersama.

Kalau kamu, apa serial drama Korea favoritmu?

12 Replies to “3 KDrama Populer Untuk Pemula”

  1. reksitawardani says:

    3 drama di atas favorit, ditambah lagi “Let’s Fight Ghost”, “W”, dan sekarang ada baru “Cinderella and the Four Knights” 😀

    1. alfakurnia says:

      Wah, makasih rekomendasinya, Mbak.

  2. Satu2nya serial drama Korea yg pernah saya tonton (sampai tuntas) ya descendant of the sun. asli keren karena alur ceritanya keren hehe

    1. alfakurnia says:

      Berarti fix harus nonton dots ini yaaa

  3. Aku gak pernah nonton drama Korea Mba..jadi kurang paham dengan artis2nya maupun serial dan ceritanya.. Btw, aku malah suka banget sama keindahan panorama negeri ginseng ini.. Berangan2 kapan ya bisa sampai ke Korea..??

    1. alfakurnia says:

      Semoga bisa secepatnya ke sana ya, mbak Rita

  4. Kalau saya nonton film Korea, yang saya perhatikan model-model baju wanitanya mbak Alfa. Bisa jadi inspirasi bikin baju sendiri 🙂

    1. alfakurnia says:

      Iya, model bajunya lucu-lucu ya.

  5. jeung Ran memang Kdrama lovers yang kalau udah bikin review passionate banget… Hehehehhe…. Duluuu banget, aku jg nge-fans banget sama Kdrama. Tp krn aktor dan artisnya makin muda aje, sementara saya tambah tuir dan gak nyambung lagi …akhirnya gak pernah ntn lagi :))))

  6. Sama mbak..aku dulu juga sering nonton tv, apalagi waktu masih langganan tv kabel. Favorit ku fox crime dan star world. Tapi skr udah ga langganan lagi.. berasa rugi, soalnya makin jarang nonton tv hihihi

  7. Waduuh.. Nggak ada yg aku tau drama koreanya, baru-baru pasti. Aku lagi suka2nya drama korea pas SMP, taunya endless love sama jewel in the palace 🙂
    Sekarang nontonnya foxcrime sama starworld, sama kayak mbak retno hehe

  8. drama korea banyak juga yg suka, sampai2 temanku ada yg rela nonton sampai jam 1 malam

Komentar ditutup.