Thea Stilton: The Secret of The Snow

 photo 34F31562-DD8B-42DC-9C4F-B9C8AAD39032_zpsddoxucw0.jpgJudul Buku: Thea Stilton: The Secret of The Snow
Penulis: Thea Stilton
Penerbit: Scholastic
Jumlah Halaman: 308 hal.
Harga: U$ 14.99 (B$ 19.90)
Bahasa: Inggris

Di libur musim dingin kali ini, Thea Sisters yang terdiri dari Collete, Nicky, Violet, Pamela dan Paulina mendapat kesempatan dari Institute of Incredible Stories (I.I.S)1 untuk belajar bahasa yang digunakan oleh para makhluk ajaib di negeri fantasi. Kesempatan ini tentu tidak disia-siakan oleh murid-murid kesayangan Thea Stilton, koresponden istimewa koran nomer satu di Mouse Island, The Rodent’s Gazette sekaligus dosen tamu di Mouseford Academy yang mengajar adventure journalism.

Tapi sesampainya di I.I.S, alih-alih mencoba teknologi transfer informasi terbaru milik Seven Roses Unit2 bersama agen Will Mystery3, Thea Sisters justru harus bertualang di Land of Minwa. Negeri fantasi yang terletak di Jepang ini sedang dalam bahaya. Bunga Teratai yang sangat penting bagi kehidupan makhluk-makhluk ajaib di sana perlahan-lahan menghilang.

Lotus flowers are very special, even if they grow out of mud. They remind us that it doesn’t matter what our condition is. Everyone can make something beautiful and be helpful to others. Lotus flowers remind us of this, and they give us courage. – Setsuko

Berupaya memecahkan teka-teki yang diberikan oleh Tanuki, binatang serupa rakun yang bisa berubah wujud dalam mitologi Jepang yang mereka jumpai di hutan Sakura, Will Mystery, Colette, Pam dan Paulina menuju Sungai Kristal untuk mencari Peri Salju. Sedangkan Thea Stilton, Nicky dan Violet pergi menuju lautan untuk bertemu dengan Isonade, hiu bersirip tiga yang diduga sebagai pelaku dibalik menghilangnya bunga-bunga Teratai.

Rage can make you do senseless things. In the end, your anger ends up hurting you more than others. – Isonade

 photo D6AC5A2A-446A-4246-96E9-E4F389C5BCA6_zpskms7hh64.png Petualangan menarik yang dilengkapi dengan ilustrasi alam Land of Minwa yang fantastis membuat saya menyelesaikan buku ini dalam beberapa jam saja. Sekaligus menuntaskan 3 tantangan dalam 2015 Reading Challenge, yaitu “a book you can finish in a day“, “a book with magic” dan “a book with non human character“. Aha!

Memang sih, buku ketiga dalam serial Thea Stilton edisi hardcover ini sebenarnya buku anak-anak. Tapi sah juga kok sebagai hiburan orang dewasa hahaha. Ceritanya ringan, penuh imajinasi tapi juga sarat pelajaran akan persahabatan, teamwork dan etika.

Buku ini adalah salah satu seri petualangan Thea dan kelima muridnya bersama agen-agen I.I.S, Selain itu juga ada serial petualangan Thea Stilton dan Thea Sisters yang lain di berbagai penjuru dunia. Buku-buku tersebut cocok sekali untuk anak-anak dan remaja atau bahkan orang dewasa yang ingin melancarkan bahasa Inggris mereka tapi belum pede baca buku bahasa Inggris dengan rating dewasa. Fontnya cukup besar, berwarna-warni dan kosakata serta grammarnya sederhana dan mudah dipahami. Serunya lagi di setiap petualangan Thea Sisters yang mengambil lokasi kota-kota besar di dunia selalu disertai keterangan tentang obyek-obyek penting di kota tersebut. Jadi selain menghibur juga menambah pengetahuan kitaanak-anak.

 photo 4A4BAA3B-3962-437D-8036-CE9248FF67D0_zpstih0kzlu.jpg

Cuma ada satu hal yang saya kurang suka. Di setiap petualangannya selalu ada kisah salah satu anggota Thea Sisters ini menjalin persahabatan khusus dengan lawan jenisnya. Didukung dengan ilustrasi yang menunjukkan keakraban seperti orang pacaran gitu.

Tapi saya ingat salah seorang psikolog berkata kalau ingin menghindarkan anak dari konten-konten negatif saat membaca buku atau menonton televisi, fokuskan saja pada hal-hal positifnya. Jadi instead of membahas soal pacaran ini, saya lebih suka ajak Cinta diskusi soal serunya petualangan mereka. Biasanya sih, serial ini saya bacakan untuk Cinta sebagai pengantar tidurnya. Setiap hari 3 bab. Kadang kalau ceritanya lagi seru ya nambah apalagi kalau akhir pekan. Dan tiap satu buku habis, Cinta pasti nggak sabar untuk membeli judul yang baru. Ada yang ikutan 2015 reading challenge juga? Sudah buku apa saja? Lumayan ya buat memotivasi diri sendiri untuk tetap membaca buku di sela-sela kesibukan sehari-hari. Hmmm… Abis ini baca buku apalagi ya? Ada rekomendasi?

  1. The I.I.S, the Institute of Incredible Stories adalah tempat penelitian berbagai macam misteri yang tidak terpecahkan. Markasnya tersembunyi di bawah gunung es Antartika []
  2. The Seven Roses Unit adalah departemen paling rahasia di I.I.S. Mereka mempelajari dunia fantasi yang terdiri dari makhluk-makhluk dari mitologi atau legenda dunia []
  3. Kepala The Seven Roses Unit []