Belajar Science di OGDC

rp_D357E4D8-8BDE-4AD1-87A1-C8970F02C3E7_zpsznu8nbqb.jpg

Tanggal 18 Januari 2015 yang lalu, untuk pertama kalinya selama 3 tahun tinggal di Brunei akhirnya kami berkunjung ke Oil and Gas Discovery Centre Seria. Padahal ya, bangunan ini dilewatin minimal sehari dua kali dan playground serta jogging tracknya sempat jadi tempat main favorit kami. Cuma ya baru tergugah untuk eksplorasi yang ada di dalamnya baru-baru ini aja. Itupun hampir batal karena waktu mau berangkat hujan, untung nggak lama kemudian berhenti. Akhirnya dipaksakanlah mendung-mendung … [Read more...]

Food Challenge, Day 5

rp_65EE0762-EAD9-411C-AC64-F4C77F6D3AB1_zpsg6pxuswm.jpg

Yaaaiiy. Sampai juga di hari terakhir #FoodChallenge. #Day5FoodChallenge Kemarin makan siangnya kesorean ((tantangan ini mulai saya upload di FB dan IG hari Minggu tanggal 5 Januari, jadi tiap postingan di blog mundur sehari)), karena sejak jam 9.30 pagi sudah mondar mandir kaya setrikaan ngelengkapin keperluan Cinta untuk hari pertamanya masuk sekolah Ugama, hiks. Padahal masakannya sudah siap dari pagi. Bahkan kaldunya telah dimasak dari semalam pakai slow cooker. Saking singkatnya waktu, … [Read more...]

Tentang Rapor

rp_C377B32C-F896-4A3F-ACF5-F5F9E224903D_zpstgknbh96.jpg

Sejak minggu lalu banyak teman yang menulis status tentang rapor anak-anaknya dalam sosial medianya. Sebagian ada yang mengeluh karena ketiadaan nilai dalam rapor, hanya deskripsi perilaku anak di kelas. Guru-guru pun sepertinya belum terbiasa dengan rapor tanpa nilai dan ranking ini. "Seperti rapor anak TK," demikian komentar yang sering saya dengar dalam pembicaraan tentang bentuk rapor baru tersebut. Iya sih, memang benar seperti rapor anak TK atau mungkin kelompok bermain. Belasan tahun … [Read more...]

Adaptasi di Sekolah Baru

Zemanta Related Posts Thumbnail

Hari Sabtu kemarin, saya dan pak suami menghadiri acara Parents' Day di sekolahnya Cinta. Yah, semacam pembagian report card tengah semester gitu lah. Aneh juga sih, bagi-bagi raportnya justru setelah liburan sekolah bukan sebelumnya seperti yang biasa di Indonesia. Tapi setelah dipikir-pikir agenda ujian dan libur sekolah kan sudah ditetapkan sama pemerintah dalam kalender nasional Brunei, di mana semua sekolah ya masa ujian dan liburnya barengan, nah padahal belum tentu sekolah itu sudah … [Read more...]

Perjuangan Ibu untuk Autisme

"Ih, sejak pake BB jadi autis deh, nggak mau ngobrol sama kita lagi." "Dasar autis lo, diajak gaul malah asik sama iPhone-nya." Familiar nggak sih dengan celaan-celaan seperti itu? Apalagi sejak gadget canggih berpadu dengan social network marak di sekitar kita. Celaan seperti itu biasanya ditujukan untuk orang-orang yang terlalu sibuk melakukan sesuatu dengan media Blackberry, iPhone atau Android phone dan tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya. Padahal kata autis sendiri sama sekali … [Read more...]

Mau Masuk TK Mana?

Zemanta Related Posts Thumbnail

Tahun ajaran 2011-2012 nanti, Cinta mau masuk TK. Pas umurnya 4 tahun. Sebagai ibu yang (ngakunya) bertanggung jawab dan peduli soal pendidikan anak, saya mulai pusing mikirin TK mana yang cocok buat Cinta. Bayangkan, ini baru masuk TK lho ya. TAMAN KANAK KANAK! Tadinya sih saya mau Cinta ngelanjutin di sekolahnya yang sekarang. Secara lokasi, fasilitas sekolah, kurikulum dan kualitas guru-gurunya sudah paling cocok deh. Playgroupnya Cinta sekarang emang deket dari rumah. Tinggal ngesot sama … [Read more...]

Menyiapkan Pendidikan Internasional dari Rumah

"Apa sih yang terpikir dalam benak kita kalau mendengar kata SBI atau Sekolah Bertaraf Internasional?"  tanya Ibu Ines Setiawan seorang guru dan aktivis pendidikan dalam Seminar "Menimbang dan Mempersiapkan Homeschooling" di Hostel Pradana (SMK 57) Jakarta, hari Sabtu, 12 Februari 2011 yang lalu. "Mahal", "kurikulum internasional", "canggih", "guru bule", "bahasa Inggris", "prestisius" adalah sebagian besar jawaban para peserta seminar yang diamini oleh Ibu Ines. Belakangan ini memang SBI … [Read more...]

Hari Pertama Sekolah

rp_DSC08479.jpg

2 minggu ini baik di Twitter, Facebook maupun Multiply banyak sekali cerita tentang pengalaman para ayah dan ibu menghadapi hari pertama sekolah anak(-anak)nya setelah libur beberapa minggu. Saya pun mengalaminya tanggal 19 Juli 2010 yang lalu. Cinta menjalani hari pertamanya bersekolah di kelas Kelompok Bermain Besar (KBB) KB-TK Al Falah, Gunung Sindur, Bogor. Setelah seminggu sebelumnya saya dan suami menghadiri Open House sekolah tersebut dan diberi daftar perlengkapan yang harus dibawa di … [Read more...]