SMS Penipuan

Posted in Babbles by

Menjelang Lebaran seperti ini tampaknya makin marak penipuan melalui SMS. Hampir setiap hari status teman-teman di Facebook dan Twitter mengabarkan bahwa mereka mendapatkan SMS dari nomor tak dikenal minta ditransfer jumlah pulsa tertentu.

Beberapa waktu yang lalu saya mendapat SMS seperti ini di tengah malam untuk kedua kalinya
sms

Yang pertama kali saya sempat bimbang antara kasihan dan khawatir jika si pengirim benar-benar kecelakaan dan membutuhkan pertolongan. Sedangkan di sisi lain ada juga perasaan tidak percaya mengingat banyaknya penipuan melalui SMS. Akhirnya saya sms balik dan meminta maaf kalau tidak bisa transfer pulsa karena pakai nomor pasca bayar. Eh, dia balas lagi memohon mohon supaya saya membantu dan pulsa saya akan dikembalikan setelah masalahnya selesai. Setelah 3x saling balas sms saya semakin yakin bahwa ini adalah modus penipuan karena logikanya kalau bisa sms 3x pasti bisa telpon atau minimal sms keluarganya.

Belakangan ini sedang marak SMS “Mama minta pulsa” mulai dari bilang mama butuh pulsa untuk nomor barunya, sedang bermasalah di kantor polisi dan butuh pulsa untuk menelpon sampai sedang di berurusan dengan pihak berwajib di Malaysia ROTFL. Saya juga pernah dapat SMS seperti ini yang langsung saya kategorikan penipuan tanpa pikir panjang. Pertama karena Mama saya selama bertahun tahun menggunakan nomor telpon pasca bayar yang sudah dikenal seantero keluarga dan lingkup pergaulannya jadi nggak mungkin ganti nomor begitu saja. Kedua seandainya pun ganti nomor dan butuh pulsa, beliau adalah orang yang mobile sehingga bisa dengan mudah mengisi pulsa di mana saja. Dan yang ketiga, mama saya juga pengguna Blackberry yang kalaupun terpaksa minta pulsa pasti akan menggunakan BBM untuk berkomunikasi dengan kami anak-anaknya.

Sayangnya ada beberapa teman yang nyaris tertipu, mungkin karena bawa-bawa nama “mama” membuat mereka panik. Untungnya sempat konfirmasi terlebih dahulu ke rumah masing-masing. Kalau tidak mungkin sudah melayang pulsa sekian puluh ribu rupiah. Memang jumlahnya nggak seberapa, paling banyak Rp 100,000.00 tapi tetap aja buat saya itu besar kecuali memang niat untuk amal.

Jadi berhati-hatilah kalau mendapatkan sms dari nomor tak dikenal meminta sesuatu. Lakukan cek dan ricek, kenali betul kebiasaan dan bahasa tulisan orang-orang terdekat kita. Jangan sampai kepanikan kita dimanfaatkan oleh orang-orang yang berniat tidak baik.

Sep 1, 2010
Previous Post Next Post

You may also like