Serunya Berwisata Sejarah di Kotagede Jogja

Posted in Traveling by

Sebenarnya sudah lama sekali saya nggak main ke Jogja. Terakhir ke sana bareng keluarga kira-kira 6 atau 7 tahun yang lalu waktu Cinta masih berusia 3-4 tahun. Padahal sebelum saya menikah, cukup sering ke Jogja baik bersama keluarga atau teman-teman kuliah. Maklum, sejak kami pindah ke Brunei, setiap kali mudik selalu kami gunakan untuk berkumpul bersama keluarga di Sidoarjo atau Tuban. Kalaupun pergi berwisata ya nggak jauh-jauh dari kota-kota tersebut.

Baca Juga: Pantai Camplong Madura

Lebaran tahun lalu, Mama saya tiba-tiba mengutarakan keinginannya untuk berlibur bareng keluarga besar ke Jogja. “Naik mobil aja,” kata beliau sambil mengenang masa-masa kami sering melakukan perjalanan darat dari Sidoarjo ke Jogja. Kenapa Jogja? Selain karena ada saudara mama yang tinggal di sana, Jogja seakan tidak pernah berhenti menyuguhkan pesonanya. Mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, kuliner, sampai wisata-wisata dengan wahana atraktif dan modern, semua bisa kita nikmati di Jogja.

Tapi biasanya kalau berlibur ke Jogja, saya dan keluarga lebih sering mengunjungi lokasi-lokasi wisata populer di pusat kota. Padahal, nggak jauh dari lokasi tersebut, ada salah satu destinasi wisata sejarah yang cukup menarik untuk dikunjungi, yaitu Kotagede.

Kotagede merupakan salah satu kecamatan yang terletak sekitar 5 km di sebelah timur Keraton Yogyakarta. Kawasan ini memiliki sejumlah peninggalan kerajaan Mataram yang sebenarnya sayang jika kita lewatkan saat berlibur di Kota Jogja.

Nah, berhubung ada rencana untuk berlibur ke Jogja, saya coba mencari info tempat-tempat wisata menarik untuk dikunjungi di Kotagede dan ini adalah beberapa di antaranya:

1. Masjid Gedhe, Mataram

 Jogja, Kotagede, Traveloka, wisata Kotagede, liburan ke Jogja

Masjid Gedhe – Wikipedia.org

Masjid dengan desain arsitektur unik yang berdiri di Kotagede ini merupakan masjid tertua di Jogja. Masjid ini didirikan sejak zaman Kerajaan Mataram oleh Sultan Agung pada tahun 1640.

Pada saat itu, mayoritas penduduknya menganut agama Hindu dan Buddha. Itulah mengapa, saat berada di dalam masjid tersebut, kita bisa menemukan beberapa ornamen berciri khas Hindu dan Buddha, seperti yang terdapat pada tiang kayu dan gapura masjid.

Meskipun sudah berusia ratusan tahun, Masjid Agung ini masih tetap berdiri kokoh dan digunakan sebagai tempat beribadah oleh masyarakat sekitar.

2. Pemukiman Tradisional

Jogja, Kotagede, Traveloka, wisata Kotagede, liburan ke Jogja

Pemukiman Tradisional – Gogonesiatravelblog.com

Di kota tempat saya tinggal sekarang, pusat kotanya masih memiliki bangunan kuno yang terawat dan dijadikan sebagai pusat perekonomian. Senang banget ngeliat tiap pagi para kakek duduk menikmati udara pagi di bangku-bangku di pinggir jalan atau sarapan di kopitiam yang sudah dikelola selama beberapa generasi.

Baca juga: Seria, Kota Minyak dalam Hitam dan Putih

Nah, katanya kalau ingin merasakan suasana Jogja tempo dulu, pemukiman tradisional di Kotagede adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Di sana, kita bisa menemukan berbagai rumah kuno yang berdiri sejak zaman Kerajaan Mataram dan zaman kolonial.

Tidak mengherankan, beragam jenis bangunan rumah di sana memiliki ciri khas yang bervariasi. Ada yang bergaya Eropa, namun tidak sedikit pula yang berdesain arsitektur asli Jawa dengan bentuk bangunan menyerupai pendopo.

3. Reruntuhan Benteng

Jogja, Kotagede, Traveloka, wisata Kotagede, liburan ke Jogja

Reruntuhan Benteng – Indoturs.com

Pada zaman dahulu, reruntuhan benteng ini merupakan benteng pertahanan Keraton Mataram yang bernama Benteng Baluwerti. Benteng ini sebenarnya mempunyai luas mencapai 400×400 m. Namun seiring waktu berlalu, benteng yang telah runtuh tersebut, kini hanya tersisa sebagian kecilnya saja. Saat ini, sisa benteng tersebut masih tampak kokoh, dengan panjang sekitar 50 m dan ketebalan dinding 1,2 m.

4. Kompleks Pemakaman Raja

Jogja, Kotagede, Traveloka, wisata Kotagede, liburan ke Jogja

Komplek Pemakaman Raja – Initempatwisata.com

Lokasi wisata bersejarah yang bisa kita kunjungi di Kotagede berikutnya adalah kompleks pemakaman Raja-raja Mataram. Ketika memasuki kawasan kompleks pemakaman ini, kita akan disambut 3 rangkap gapura yang memiliki arsitektur khas Hindu.

Sementara di area pemakaman, ada beberapa bangunan pendopo kecil, yang masing-masing memiliki nama yang berbeda, seperti: Bangsal Duda, Bangsal Witana, Bangsal Pengapit Ler, dan Bangsal Pengapit Kidul. Selain itu, ada juga Sendang Seliran, yang pada zaman dahulu merupakan tempat pemandian Panembahan Senopati atau pendiri Kerajaan Mataram.

5. Pasar Legi

Jogja, Kotagede, Traveloka, wisata Kotagede, liburan ke Jogja

Pasar Legi – Wisatayogyakarta.com

Pasar tradisional yang berlokasi di Jalan Mondorakan Kotagede ini sekilas memang tampak seperti pasar pada umumnya. Namun ternyata, pasar ini memiliki sejarah panjang, dan bahkan sudah ada sebelum Kerajaan Mataram berdiri. Beberapa bangunan peninggalan masa lalu juga masih terlihat di sekitar pasar, misalnya tugu penanda jalan dan rumah-rumah kuno di sekitar pasar.

6. Wisata Kerajinan Perak

Jogja, Kotagede, Traveloka, wisata Kotagede, liburan ke Jogja

Kerajinan Perak – Tourandtravelwisataindonesia.com

Sekalinya ke Kotagede, tujuan utama saya dan keluarga selalu ke tempat kerajinan perak. Aduh, nggak bisa dipungkiri, aneka kerajinan perak yang ada di Kotagede ini menggugah hati dan merongrong dompet. Bagus-bagus banget dan banyak pilihan.

Kerajinan perak di Kotagede konon sudah ada sejak abad ke-9. Namun kerajinan ini baru mulai dikenal ketika Kerajaan Mataram mulai berkuasa, yakni di sekitar abad ke-16. Sejak saat itu, perdagangan perak di Kotagede terus mengalami kemajuan.

Kini, di Kotagede sudah ada lebih dari 100 toko yang menyediakan kerajian perak. Masih dengan cara yang sama, perak-perak tersebut dibuat dengan tangan, sebagaimana pembuatan perak di masa Kerajaan Mataram.

TIPS BERWISATA DI KOTAGEDE

Jogja, Kotagede, Traveloka, wisata Kotagede, liburan ke Jogja

Kotagede – Pusakatours.com

Wisata sejarah di Kota Gede tidak hanya berguna untuk menambah koleksi foto-foto cantik kita di media sosial. Lebih dari itu, liburan semacam ini juga bisa memperkaya pengetahuan, serta menjadikan kita semakin memahami budaya asli dalam negeri.

Baca juga: Mempersiapkan Anak Untuk Liburan di Pantai

Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan saat akan berwisata ke Kotagede? Berikut beberapa tips untuk kita.

1. Persiapkan Akomodasi Jauh-jauh Hari

Meskipun tidak berada tepat di pusat kota, namun Kotagede cukup ramai dikunjungi wisatawan, terutama di saat musim liburan. Apabila ingin mendapatkan suasana yang tenang, sebaiknya kita mempersiapkan akomodasi perjalanan dan penginapan jauh-jauh hari.

Supaya lebih praktis, kita bisa memesan tiket kereta api secara online di: https://www.traveloka.com/kereta-api. Tidak hanya itu, melalui Traveloka.com, kita juga bisa mendapatkan penginapan di Jogja dengan pilihan harga yang kompetitif. Dengan demikian, kita tidak akan kesulitan menemukan akomodasi yang tepat dan nyaman.

2. Catat Jalur Bus TransJogja

Akses ke Kotagede dari pusat Kota Jogja tergolong cukup mudah. Dari stasiun kereta api, kita hanya perlu mencari halte bus TransJogja terdekat, kemudian melanjutkan perjalanan dan turun di halte Tegal Gendu, Kotagede.

Lokasi-lokasi wisata di Kotagede berada tidak jauh dari halte, sehingga bisa kita capai hanya dengan berjalan kaki.

3. Kenakan Pakaian Sopan

Sebagai wilayah bekas Kerajaan Mataram, kawasan wisata Kotagede sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan, terutama dalam hal berpakaian. Untuk itu, sebelum berwisata ke Kotagede, pastikan kita sudah mengenakan pakaian yang sopan.

Apabila sudah mempersiapkan semua rencana dengan matang, kini saatnya kita bersiap-siap membawa pulang cerita sejarah dari Kerajaan Mataram.

Ada yang mau ikut liburan bareng saya ke Jogja?

Mar 12, 2017
Previous Post Next Post

4 Comments

  • Reply Warm

    Wah saya pikir ke Jogja lagi, iya ini kejadiannya 6 taun yg lalu. Sempet ketemuan bentarndi hotel kampus, sama Abe juga, ketemu cinta yg masih kecil hehe

    Mar 12, 2017 at 10:44 AM
  • Reply mei wulandari

    Udah lama banget aku nggak ke Jogja mb. Tempat di atas mengingatkanku pada pesona Jogja

    Mar 27, 2017 at 3:28 PM
  • Reply ranirtyas

    Setau aku memang cuma kerajinan perak aja, ternyata kalau ditelusuri cukup banyak juga ya mbak tempat wisata yang bisa kita eksplorasi

    Apr 8, 2017 at 9:40 AM
  • Reply Teddy

    Hi mba Alfa, bisa sharing pengalaman waktu ke Kotagede?
    Kalau naik mobil, sebaiknya parkir dimana ya? Lalu rute nya bagaimana supaya bisa mengunjungi tempat-tempat menarik di kotagede? Trims.

    Oct 18, 2017 at 11:57 AM
  • Terima kasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar.

    You may also like