Mudahnya Menyiapkan MPASI Rumahan

Posted in Review by

Sebelum punya anak saya selalu berpikir bahwa urusan memberi makan anak itu mudah. Gimana enggak, di supermarket banyak sekali bertebaran susu formula dan makanan bayi instan yang bisa dikonsumsi sesuai dengan umurnya. Bahan pembicaraan rekan sekantor yang sudah lebih dulu berkeluarga pun nggak jauh dari harga susu murah, susu formula yang bagus dan bubur bayi merek apa yang lebih disukai anak-anak mereka.

Sampai ketika hamil Cinta, 7 tahun lalu saya berkenalan dengan milis AIMI kemudian bergabung dengan milis Sehat. Dari sana saya mulai belajar banyak tentang ASI dan cara membuat makanan bayi rumahan. Menjelang Cinta berusia 6 bulan, mulailah saya rajin mencatat dan menyimpan segala sesuatu yang berhubungan dengan makanan pendamping ASI untuk kemudian dipraktikkan… oleh si mbak hahaha. Iyalah, dulu masih ada babysitter yang mengurus semua keperluan Cinta termasuk makan. Saya cuma bertugas mengajari dan memberi contoh lalu dengan sigap si mbak yang mengerjakan.

Tak lama berselang, saya menemukan milis mpasirumahan. Didirikan oleh Dian Prima Zahrial dan didukung para moderator kecenya, milis ini jadi acuan saya membuat makanan rumahan yang bergizi untuk anak. Bahkan sampai traveling pun saya bela-belain bawa panci elektrik, kompor kecil yang biasa buat berkemah sampai telenan, pisau dan bahan makanan supaya tetap bisa menyajikan makanan segar buatan tangan untuk Cinta.

Begitu Keenan lahir, saya pun berusaha untuk melakukan hal yang sama. Tapi sayang semua catatan tentang makanan bayi tak terdokumentasi dengan baik. Sedangkan untuk mulai mengumpulkan dari awal rasanya malas nggak ada lagi waktu dan tenaga tersisa. Untungnya mak Depe dan komunitas mpasirumahannya bekerja sama dengan Asha Book menerbitkan buku MPASI Perdana Cihuy.

Buku ini berisi tentang segala hal yang perlu diketahui tentang makanan pendamping ASI. Mulai dari apa yang paling cocok diberikan pertama kali pada bayi; serealia, buah atau sayur? Bagaimana tekstur yang sesuai? Berapa banyak porsi yang diperlukan? Kenapa harus menunggu sampai 4 hari sebelum mengenalkan menu baru pada bayi? Sampai cara membekukan makanan untuk para mama kece (sebutan untuk member milis mpasirumahan) yang bekerja tapi tetap ingin memberikan sentuhan cinta di makanan buatan sendiri.

Di buku yang ditulis oleh Dian Prima dan Yudith Mangiri ini juga bisa ditemui peralatan apa saja yang perlu disiapkan saat akan memulai pemberian MPASI, resep-resep sedap meski tanpa gula garam apalagi msg dan contoh skema & menu mpasi awal. Pokoknya mah, dengan buku ini para mama yang bayinya mulai memasuki masa perkenalan dengan makanan padat nggak akan kebingungan lagi. Semua yang ingin kita ketahui ada di sini.

Masih belum puas dengan isi bukunya? Ingin sesuatu yang lebih advance? Gabung aja dengan komunitas Mama Koki Handal di milis mpasirumahan, follow twitter dan channel youtubenya. Percaya deh kata MamaKece, masak makanan bayi itu lebih gampang dari bikin rendang Padang.

Okt 8, 2013
Previous Post Next Post

Yuk baca ini juga