Komunitas Emak-Emak

Di era digital, sumber informasi kita sebagai mamah mamah muda nan kece dan menawan bisa dibilang tak terbatas. Apa coba yang nggak bisa dicari di internet? Mulai dari info kehamilan, kesehatan, ASI, MPASI, parenting sampai sharing-sharing pengalaman para mama dalam mengasuh anak-anaknya semua ada di genggaman kita.

Bingung dengan banyaknya mitos-mitos tentang pemberian ASI? Googling aja dan sekian banyak rekomendasi situs mulai dari yang resmi sampai yang abal-abal akan tersedia. Mau mulai MPASI tapi nggak tahu apa aja yang harus disiapin? Ubek-ubek deh arsip milis mpasirumahan yang super lengkap. Pengen cari rekomendasi dokter kandungan, dokter anak sampai merek cloth diaper dan sekolah yang oke bisa masuk ke forum-forum parenting. Atau kalau malas, tinggal update status aja di twitter sambil mention para ahli yang berbaik hati memberikan informasi secara cuma-cuma. See, hidup kita itu mudah sekali ya.

6 tahun lalu, waktu masih hamil Cinta selain orang tua dan teman, sumber informasi andalan saya adalah majalah-majalah dan buku-buku parenting yang jumlahnya belum terlalu banyak. Milis yang saya ikuti pun cuma Mother & Baby, Ayahbunda dan asiforbaby. Itupun belum bisa mengakomodasi semua kebutuhan saya. Setelah Cinta lahir, baru deh mulai kenal sama forum-forum parenting di internet seperti The Urban Mama dan Mommiesdaily dan keberadaan mereka sangat membantu mama baru seperti saya yang awam dengan cara-cara merawat dan mengasuh bayi. Apalagi kemudian kedua forum ini melengkapi situsnya dengan tulisan-tulisan berisi pengalaman para mama dalam merawat anak-anaknya.

Sekarang, sudah banyak sekali situs-situs dan komunitas parenting yang bermunculan dengan keunikannya masing-masing. Tinggal kita pilih sesuai dengan minat dan kebutuhan kita. Kalau favorit saya sih MomsGuideIndonesia, karena artikel-artikel yang ada di sana ditulis sesingkat mungkin sehingga nggak capek bacanya. Tip-tipnya juga praktis, baik yang diambil dari diskusi para mama via twitter atau facebook maupun hasil wawancara dengan para ahli kesehatan, keuangan, psikolog dan lain-lain.

Nah, baru-baru ini saya menemukan situs dan komunitas emak-emak baru yang mengkhususkan diri menyiapkan anak-anak untuk life ready: FabMoms Network. Suka aja baca sharing para fabmoms -sebutan untuk para membernya- tentang pengalaman mereka mengajarkan anak-anak mulai dari table manner, puasa tv sampai mempersiapkan liburan yang menyenangkan. Nggak cuma itu sih, karena ada artikel-artikel yang ditulis oleh para ahli dan wawancara dengan selebriti moms. Kita juga bisa ikut berbagi dengan komen di artikel yang disuka dengan para member lain. Seru sih bales-balesan komen di artikel hihihi. Dapat ilmu, tempat curhat sekaligus teman baru di dunia maya deh.

Kalo mommies, apa komunitas online favoritnya? Sharing yuuuk 🙂

5 Replies to “Komunitas Emak-Emak”

  1. @DinaRiky says:

    Sejauh ini milisnya milis sehat, mbak.
    Apalagi fungsi push-up email jadi terasa membantu bangeett 🙂

    1. alfakurnia says:

      oh ya, milis sehat itu bermanfaat banget emang. sekarang sih udah jarang baca emailnya, nggak sanggup ngejar puluhan email per hari hihihi

    2. @DinaRiky says:

      Walah sampe typo aku :))

  2. Novri Yanti says:

    sementara ini favoritku http://www.ayahbunda.co.id dan http://www.theurbanmama.com ^^ tp bakalan nambah berkat info2 dari mama Cinta, nih.. 😉

Komentar ditutup.