Cloth Diaper Week, Day 1: GG Original Clodi

Posted in Review by

Dalam rangka Cloth Diaper Weeknya milis popokkain, saya ikutan nyoba memakaikan 1 popok kain modern atau yang bahasa kerennya clodi (cloth diaper) selama seminggu. Sebenarnya sebelum ini pun sudah pernah dipakai tapi emak pemalas sibuk ini nggak punya waktu untuk mendokumentasikannya. Lagipula masih lebih sering pakai pospak alias popok sekali pakai daripada si clodi karena lebih praktis hehehe.

Minggu-minggu pertama usia Keenan, saya sempat rajin memakaikan clodi ini tapi lama-lama nggak kuat juga bolak-balik ganti dan nyuci popok karena pipis dan pupnya masih sering sekali. Sehingga Keenan tidurnya kurang akibat risih dengan popok basahnya. Yang lucu, seringkali popoknya kering tapi baju dan alas tidurnya basah kena air kencing. Nha lho, keluar lewat mana coba airnya. Akhirnya kembali deh pakai pospak.

Berhubung sekarang umurnya sudah 2 bulan, pipis dan pupnya pun sudah nggak terlalu sering meski termasuk heavy weter, saya kepingin mulai rutin pake clodi secara harga pospak lama-lama terasa juga menggerogoti uang belanja. Eh, kebetulan milis popokkain bikin acara CDW, ya udah biar semangat ikutan sekalian deh diposting di blog pengalaman sekaligus review pakai clodi selama 1 minggu ini. Mommies yang punya cerita tentang merek yang sama, boleh lho berbagi di kolom komentar.

CDW Day 1

Nah, untuk hari pertama saya memakaikan Keenan GG Clodi Original. Clodi ini merek lokal dan hampir semua clodi yang saya punya buatan dalam negeri. Sengaja milih itu karena bugdet nggak cukup untuk beli clodi import untuk menghargai hasil karya anak bangsa sekaligus memperpendek jejak karbon, sesuai tujuan memakai popok kain yaitu Go Green.

Kembali ke GG, clodi berbentuk pocket diaper ini termasuk favorit saya karena daya serapnya bagus dan nggak bulky. Keenan juga nyaman pakainya karena lapisan dalam yang bersifat stay dry bisa tetap kering selama 3 jam meski dia sering pipis dan terasa lembab di bagian luar clodi. Awalnya saya kira pasti sudah basah semua nih tapi ternyata enggak, cuma di bagian belakang insert yang terbuat dari microfiber. Menurut produsennya sih GG tipe ini bisa menampung sampai 220 ml cairan. Dan lapisan dalamnya lembut serta mudah dibersihkan. Pengalaman pakai ini waktu Keenan pup sih tinggal semprot kotorannya ke dalam kloset trus dikucek sedikit sudah hilang tak berbekas.

Ukuran GG yang nggak terlalu besar karena diperuntukkan bayi dengan berat kurang dari 15kg; memiliki lingkar perut maksimal 55cm serta lingkar paha lebih kecil dari 32cm, pas banget untuk si Keenan yang termasuk mungil. Dan selama beberapa kali pakai ini belum pernah mengalami bocor samping seperti yang saya singgung sebelumnya.

Agak nyesel juga sih cuma beli satu karena pengalaman pakai diaper cover Lil G dari produsen yang sama agak kurang memuaskan. Tapi GG pocket diaper ini lumayan banget deh buat bayi kecil mulai usia newborn. Apalagi harganya nggak bikin kantong bolong hehehe. Kalau sudah memutuskan untuk pakai popok kain modern sepenuhnya, mungkin akan memperbanyak koleksi si GG original clodi.

Hmmm… Besok pakai clodi yang mana ya?

Mei 27, 2013
Previous Post Next Post

Yuk baca ini juga